Mengenal Apa Itu Coupler Kamlok dan Fungsi Serta Kegunaannya Untuk Selang Industri



Selang adalah pembuluh fleksibel yang dirancang untuk membawa cairan dari satu tempat ke tempat lain. Selang juga terkadang disebut sebagai pipa, atau lebih umum tubing. Namun bentuk selang biasanya berbentuk silinder, yang mana itu memang didesain khusus pada kombinasi aplikasi dan kinerja yang dibutuhkan. Nah selang juga memiliki beberapa komponen pelengkap, seperti topik utama artikel ini yaitu Coupler Kamlok.


Coupler Kamlok adalah semacam atribut penting pada selang, yang tentunya sangat berguna dan perlu anda ketahui. Oleh karena itu, melalui artikel kami pada kesempatan kali ini, kami akan bantu anda untuk lebih mengenal coupler kamlok, ditambah juga fungsi serta kegunaannya yang perlu anda ketahui semuanya. Maka dari itu, yuk simak artikel ini selengkapnya!


Apa Itu Coupler Kamlok?


Coupler Kamlok adalah adalah konektor yang terdiri dari 2 bagian, yaitu ada konektor (betina) dan adaptor (jantan). Keduanya dapat dipasang dan dilepas dengan mudah, yaitu hanya dengan mengencangkan atau melonggarkan bagian lengan atau tuasnya yang terdapat pada benda tersebut. Kamlok sendiri tersedia dalam beragam model, yang mana itu dapat disambungkan ke berbagai selang, perangkat, peralatan, dan bahkan bisa juga untuk material sistem selang. Lalu ada juga yang tersedia tipe aluminium paduan, baja tahan karat, dan polipropilena, yang dimana itu untuk memenuhi kebutuhan berbagai pemakaian, cairan, dan kondisi penggunaan.


Fungsi Serta Kegunaan Coupler Kamlok Untuk Selang Industri


Berikut ini adalah fungsi serta kegunaan dari coupler kamlok bagi selang industri:

  • Bisa menghubungkan selang, sehingga dapat menghindari adanya kendor pada selang, yang mana itu sangat bermanfaat bagi operasional industri yang menggunakan sistem pemipaan.

  • Coupler kamlok sendiri mudah dipasangkan, sehingga untuk kebutuhan industri akan jauh lebih mudah, dimana akan sangat menghemat waktu dalam pemasangan dan pengerjaannya.

  • Coupler kamlok tersedia beberapa model yang tersedia, sehingga dengan begitu akan sangat cocok diterapkan pada beberapa selang untuk industri, karena seperti yang kita tahu bahwa industri satu sama lain itu berbeda operasionalnya.

  • Coupler kamlok menggunakan sistem pengencangan 2 langkah dengan bentuk twin cam arm yang unik, sehingga itu bisa mencegah terputusnya sambungan konektor secara tidak sengaja atau tidak.

  • Ketika cam arm menjadi longgar karena getaran dan lain sebagainya, maka twin cam arm kamlok akan berhenti pada sudut 45° dan menahan adapter dengan aman, sehingga itu dapat digunakan untuk mencegah kebocoran cairan.

  • Sambungan konektor juga dapat dilakukan dengan lancar tanpa menangkap ring cam arm di antara selang, yang mana itu sangat bermanfaat untuk selang industrial.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui tentang coupler kamlok. Tentunya sebagus apapun coupler kamlok, tetapi selang tersebut buruk, maka semua itu akan sia-sia. Oleh karena itu, maka dibutuhkan juga pemilihan selang yang tepat, dimana yang terbaik dan berkualitas bagi kami adalah Toyox. Mengenai selang Toyox, anda dapat miliki serta mengetahui keterangan lebih lanjut di IndahJaya.com


Sekian artikel dari kami, yang mana pastinya akan sangat bermanfaat bagi anda, terutama bisa menambah wawasan anda tentang coupler kamlok. Pastikan anda share artikel ini melalui media sosial atau media lainnya, hal itu agar mereka yang lain juga dapat mengetahui tentang coupler kamlok beserta juga dengan kegunaannya untuk selang industri.