top of page

Crane Bengkel Counterweight: Keamanan dan Keandalan dalam Pengangkatan Barang Berat dengan Keamanan



Tidak hanya mengerti cara menggunakan crane, alat angkat yang bisa digunakan untuk lifting barang atau benda berat. Melainkan ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan pada crane Anda atau crane yang Anda gunakan untuk bekerja. Nah beberapa hal tersebut adalah kekuatannya, tipe dan model yang bisa disesuaikan dengan medan kerja, hingga tingkat keamanannya dan keandalannya dalam lifting barang berat.


Perlu Anda semua ketahui, bahwa setiap komponen yang ada pada crane itu memiliki perannya sendiri, yang mana beberapa diantaranya memiliki peran dalam memberikan keamanan dan keandalan dalam proses lifting yang dilakukan crane yang bersangkutan. Seperti salah satunya adalah komponen Counterweight yang ada pada crane, yang mana komponen tersebut penting. Untuk mengenalnya, maka Anda bisa simak artikel kami ini selengkapnya!


Mengenal Counterweight Pada Crane yang Memberikan Keamanan dan Keandalan Lifting


Counterweight bukanlah nama dari crane, melainkan itu adalah komponen yang ada pada crane. Jelasnya, counterweight merupakan bobot atau pemberat yang dipasang untuk memberikan stabilitas pada saat mengangkat, yang mana itu sangat berguna untuk menyeimbangkan beban material dan berat crane yang ada. Jadi alat ini bisa dipergunakan untuk keseimbangan dari working arm di suatu crane, dimana bagian ujung satunya ditambahkan Counterweight yang terbuat dari beton dengan beban yang sesuai kebutuhan dari crane. Faktanya, semakin besar beban crane maka semakin besar pula beban Counterweight yang ada.


Selain Counterweight ada juga Additional Counterweight, yaitu bobot atau pemberat tambahan yang bersifat opsional untuk memberikan stabilitas ekstra pada saat mengangkat, hal itu jelas sangat berguna menyeimbangkan beban material dan berat crane yang bersangkutan. Nah komponen ini umumnya ada pada beberapa crane, seperti salah satunya adalah Crawler crane, yang mana itu adalah beban yang dipasang untuk stabilitas pengangkatan yang dapat menyeimbangkan beban dari material yang diangkat dengan berat crane itu sendiri.


Jadi dengan demikian bisa disimpulkan, bahwa tanpa adanya komponen Counterweight pada crane, maka tidak ada bobot atau pemberat di crane yang bersangkutan. Sehingga dengan begitu maka jelas sekali crane tanpa Counterweight tidak bisa memberikan stabilitas pada saat mengangkat, yang mana itu akan menghancurkan keseimbangan beban material dan juga berat dari crane itu sendiri. Oleh karena itu, maka Anda perlu memastikan Counterweight pada crane itu ada dan terbentuk dengan sesuai, karena itu sangat mempengaruhi keamanan dan keandalan dari suatu crane.


Nah jadi itulah yang perlu Anda semua ketahui dari crane bengkel Counterweight yang ternyata sangat memberikan keamanan dan keandalan untuk crane pada proses lifting. Kiranya artikel ini bermanfaat untuk Anda dan juga kepada semuanya. Tertarik untuk memiliki crane hoist terbaik? Maka kami rekomendasikan yang terbaik dan berkualitas di produk Elephant Hoist and Crane. Untuk mengetahui dan mendapatkannya, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


Comments


bottom of page