top of page

Crane Bengkel Truck-Mounted: Keunggulan dan Keamanan dalam Penyediaan Barang Berat di Lingkungan Ker



Truk (Truck) atau prahoto adalah sebuah kendaraan beroda empat atau lebih yang digunakan untuk mengangkut barang. Dalam bentuk yang kecil, truk dianggap sebagai pickup. Truk barang yang memiliki 3 sumbu, 1 di depan, dan tandem di belakang disebut sebagai truk tronton, dan untuk yang digunakan untuk angkutan peti kemas dalam bentuk tempelan disebut sebagai truk trailer. Terdapat pula jenis truk tangki dan bahkan truk yang mengangkut crane.


Nah karena crane sangat bermanfaat untuk lifting benda berat, maka peran crane begitu dibutuhkan di banyak tempat, seperti salah satunya adalah konstruksi. Dengan perannya yang penting tersebut, maka crane yang dibutuhkan bukanlah crane dengan roda kecil, melainkan crane yang tersambung dengan truk, atau bisa disebut sebagai Truck-Mounted Crane. Nah keunggulan dan keamanan serta segalanya dari crane tersebut bisa Anda ketahui di bawah ini!


Mengenal Crane Bengkel Truck-Mounted yang Memiliki Keunggulan dan Keamanan


Truck-Mounted Crane atau bisa disebut secara mudah sebagai Truck Crane, adalah crane yang berada langsung atau tergabung pada truk. Nah dengan bergabungnya crane tersebut dengan kendaraan truck, maka itu bisa membuat crane tersebut mampu untuk berpindah-pindah tempat secara mudah, begitu juga bisa dibawa langsung ke lokasi tanpa memerlukan sebuah alat tambahan lainnya.


Pada alat crane ini sendiri memiliki sebuah kaki yang mana harus dipasang ketika akan beroperasi agar tetap seimbang. Kemudian dengan sebuah truk yang memiliki roda, maka crane yang terpasang pun bisa menjadikannya dapat bergerak. Oleh sebab itu, pada alat ini memerlukan ban kuat dikarenakan akan ikut menahan beban yang diangkat oleh crane yang terpasang pada bagian belakang truk.


Dengan perannya yang saling terkait dalam proses lifting, maka tak heran apabila ban pada mesin tersebut mahal, hal itu karena dibutuhkan kualitas yang sangat baik agar tidak membahayakan para pekerjanya. Truck crane yang beredar di Indonesia pun sangat beragam, mulai dari truk dengan kapasitas 10 Ton hingga 50 Ton bahkan ada juga beberapa yang lebih dari itu. Dengan kapasitas beban yang berbeda-beda, maka ban atau rodanya juga harus diperhatikan dengan baik, karena itu akan sangat berpengaruh pada produktivitas pekerjaan.


Kegunaan dan Manfaat dari Truck-Mounted Crane

Mesin dari crane ini dapat menjadi sebuah pilihan yang pas untuk digunakan pada proses konstruksi bangunan yang ada. Hal itu karena memang truck crane sangat dapat diandalkan, hal tersebut dikarenakan alat crane ini mampu mengangkat material berat dan performanya yang cenderung tidak mengecewakan karena memang bisa berada dimana saja dan kapan saja dari adanya truk yang bisa bergerak.


Hal itu semakin diperkuat dengan adanya jangkauannya yang memang tidak terlalu luas, tetapi mesin masih bisa sangat mampu untuk meringankan pekerjaan manusia. Kemudian dengan menggunakan lengan atau boom yang berjenis teleskopik, maka itu membuatnya dapat dipanjang pendek kan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan di suatu pekerjaan yang sulit.


Jenis-Jenis Truck-Mounted Crane

Berikut adalah beberapa jenis Truck-Mounted Crane yang bisa Anda pilih sesuai dengan keunggulan dan keamanan yang Anda mau dalam lingkungan pekerjaan yang sulit:

  • Carry Deck Crane: Truck crane jenis yang memiliki bentuk yang lebih kecil, yang mana melakukan perjalanan menggunakan 4 roda dan dapat berputar penuh.

  • Rough Terrain Crane: Jenis yang beroperasi pada medan kasar dengan memiliki kemampuan all wheel drive. Alat ini tidak diperbolehkan untuk digunakan pada jalanan umum.

  • All Terrain Crane: Crane yang dirancang sedemikian rupa dan dapat digunakan pada jalan raya yang beraspal halus ataupun off-road.

  • Crawler Crane: Crane yang memakai truk dengan dilengkapi juga dengan teleskopik. Terkenal dengan sebutan self-propelled, mesin ini mampu bergerak di sekitar area konstruksi tanpa memerlukan banyak set-up.

  • Reachstacker: Alat pengangkat yang bisa memindahkan barang dari suatu tempat dengan jangkauan yang relatif terbatas. Meskipun begitu mesin ini sangat flexibel untuk digunakan.

  • Hydraulic Truck Crane: Crane yang mampu mengangkat ribuan beban yang berat, yang mana hanya memanfaatkan tenaga hidrolik dengan mengandalkan kekuatan guna mendorong boom atau lengan dengan arah yang berlawanan.


Itulah segalanya yang perlu Anda ketahui mengenai Truck-Mounted Crane. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda tertarik dengan hoist dan crane, maka rekomendasi kami untuk Anda ada di Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page