top of page

Crane and Hoist Mobile vs Overhead: Perbandingan Kinerja dan Keamanan



Semua yang ada di dunia ini memiliki batasan tertentu, begitu juga dengan manusia, baik dalam pengetahuan, kekuatan, hingga dalam pekerjaannya. Dalam pekerjaan manusia itu terbatas, yakni tidak semua dapat dilakukan oleh manusia. Nah dalam mengakali itu, maka hadirlah alat atau peralatan yang bisa membantu pekerjaan manusia, terutama pekerjaan fisik. Salah satunya adalah mengangkut beban yang banyak dan berat, yaitu menggunakan crane hoist.


Crane dan hoist sudah menjadi alat yang tepat dalam membantu pekerjaan manusia untuk mengangkut beban yang banyak dan berat, dikarenakan alat tersebut memiliki bentuk yang panjang dan kemampuan mengangkat yang sangat kuat. Dengan kegunaan serta perannya yang penting, maka crane dan hoist pun memiliki beberapa jenis, seperti jenis yang menjadi perbandingan, yaitu crane hoist mobile dan overheat, baik kinerja dan keamanannya.


Perbandingan Kinerja dan Keamanan dari Crane and Hoist Mobile VS Overhead

Baik itu crane dan hoist mobile dan crane hoist overhead, keduanya adalah crane yang memang bisa digunakan serta diandalkan. Namun keduanya sering menjadi pertimbangan banyak orang, alasannya bisa dari kinerjanya mana yang lebih baik, begitu juga dengan mana yang lebih aman? Nah untuk mengetahui mana yang lebih baik dari kinerja serta keamanannya, maka Anda bisa simpulkan sendiri melalui informasi lengkap keduanya di bawah ini!


Informasi Lengkap Mengenai Crane and Hoist Mobile

Crane hoist mobile atau bisa dibilang sebagai derek yang bergerak, merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk mengangkat atau menurunkan material dengan beban berat dan memindahkannya secara horizontal. Fungsi khas dari mobile crane sendiri dapat menjadi alat bantu lifting yang efektif bagi perusahaan konstruksi. Hal itu karena adanya prinsip dasar alat gerak yang dapat memudahkan proses perpindahan material dengan jarak pendek serta juga dapat menjadi komponen pendukung dalam membuat tower crane atau derek jangkung.


Perlu Anda ketahui, jenis crane hoist ini juga dinilai efisien serta cukup aman, dikarenakan tidak memerlukan terlalu banyak biaya untuk tambahan alat khusus. Untuk kinerjanya sendiri, mobile crane sebenarnya dibagi menjadi dua, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Kedua bagian tersebut bisa dihubungkan oleh turntable atau lempeng putar yang dapat membuat alat ini bergerak secara vertikal. Nah pada tiang utama akan ditopang oleh bagian lempeng dasar dengan spesifikasi kuat dan berat. Hal tersebut bertujuan untuk membantu menyeimbangkan dengan beban yang diangkat.


Kemudian pada bagian atas tiang derek, terdapat roda gigi dan motor penggerak terletak di unit slewing yang memungkinkan derek untuk berputar. Unit slewing tersebut nyatanya juga terdiri dari jib atau derek lengan horisontal yang bisa menggunakan troli untuk membantu mengangkut beban. Lalu adanya juga motor penggerak derek terletak di lengan mesin yang lebih pendek, ditambah dengan sistem katrol yang digunakan sebagai prinsip dasar derek bergerak dapat membantu mengangkat beban berat dengan tekanan yang minimal.


Informasi Lengkap Mengenai Crane and Hoist Overhead

Overhead crane merupakan suatu rangkaian hoist crane yang bisa terpasang di bagian atap bangunan, yakni dengan tujuan untuk mengangkat dan memindahkan beban. Faktanya, overhead crane juga sering disebut bridge crane atau jembatan crane, itu karena dari sistem kerjanya yang seperti jembatan. Nah dari banyaknya pemakaiannya, overhead crane bisa dipakai di dalam banyak tempat, alias indoor. Namun overhead crane masih ada kemungkinan untuk digunakan di outdoor, bila tempat dan kesesuaiannya sudah sesuai.


Prinsip kerja dari overhead crane adalah untuk mengangkat menurunkan dan memindahkan beban muatan. Nah dalam pengoperasiannya, operator harus memastikan bahwa benda yang akan diangkat harus bebas dari hambatan agar ketika dipindahkan sesuai dengan posisi yang diinginkan, sehingga dengan begitu overhead crane juga cukup aman untuk digunakan serta diandalkan. Kemudian untuk kekuatannya sendiri, overhead crane umumnya bisa untuk memindahkan beban atau muatan berjarak antara 10 meter sampai dengan 100 meter, yakni naik turun, melintang, hingga bisa memanjang.


Jadi itulah yang perlu Anda ketahui mengenai perbandingan crane and hoist mobile vs overhead, baik kinerjanya dan keamanannya. Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat untuk Anda semua. Untuk crane dan hoist terbaik, kami rekomendasikan Elephant Hoist and Crane, yang mana itu ada di IndahJaya.com


bottom of page