top of page

Ternyata Ini Daftar Peralatan Bengkel Sepeda yang Harus Disiapkan Sebelum Buka Usaha



Sebelum ditemukan motor, sepeda lah yang pertama kali tercetus sebagai kendaraan roda 2. Namun sepeda juga bisa dianggap sebagai kendaraan beroda dua atau tiga yang mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya. Walaupun ada pada zaman yang sangat lama, tetapi hingga kini sepeda masih sering digunakan banyak orang, baik untuk berpergian atau olahraga.


Tidak hanya motor saja yang mempunyai bengkel, sepeda pun sebenarnya juga memiliki bengkel yang dikhususkan bagi perbaikan, rakit, dan sebagainya yang berkaitan dengan sepeda. Nah untuk menjadikan sebuah bengkel sepeda yang benar, maka ada beberapa yang perlu dipersiapkan, seperti tempat bengkel, pengetahuan sepeda, hingga peralatan untuk bengkel sepeda. Peralatan bengkel sepeda yang benar adalah seperti di bawah ini!


Daftar Peralatan Bengkel Sepeda yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuka Usaha

Obeng

Merupakan alat perkakas yang memang bisa digunakan untuk melepas serta memasang segala jenis baut atau sekrup, yang mana itu juga harus sesuai dengan mata obeng itu sendiri. Nah alat ini perlu ada di bengkel sepeda, karena di beberapa komponen pada sepeda akan terselip beberapa baut atau sekrup.


Tang

Tang adalah perkakas bagi para mekanik otomotif, termasuk juga sepeda. Fungsinya adalah untuk mengapit atau memegang benda kerja. Tang sendiri banyak sekali jenisnya dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda, yang mana semua cukup diperlukan bagi beberapa jenis sepeda.


Kunci Pas

Tidak hanya motor atau mobil saja, kunci pas juga diperlukan bagi bengkel sepeda. Itu karena memang kunci pas adalah perkakas yang berfungsi untuk mengencangkan atau mengendorkan mur yang berbentuk hexagonal, seperti yang ada di beberapa komponen sepeda.


Kunci L

Kunci L itu adalah perkakas yang berfungsi untuk mengencangkan maupun melepaskan kepala baut yang bulat dan mempunyai lubang segi enam. Kunci yang penting bagi bengkel sepeda ini juga sering dibilang kunci khusus karena fungsinya yang segmented.


Kunci Socket

Atau kunci sok, adalah perkakas yang harus ada di bengkel sepeda. Itu karena kunci ini bisa berfungsi untuk melepaskan atau memasang baut ataupun mur yang ada di as roda sepeda. Kunci sok bisa juga di kombinasikan dengan gagang torsi yang difungsikan untuk melepas baut agar bisa menjadi lebih ringan.


Kunci Inggris

Berikutnya ada kunci inggris, yaitu kunci yang bisa juga disebut dengan istilah adjustable wrench. Kunci ini berfungsi untuk melepas atau memasang mur baut, kemudian ia bisa di set ukurannya mengikuti benda yang akan di lepas atau di pasang yang ada pada sepeda.


Kompresor

Layaknya kendaraan lain, sepeda pun juga menggunakan roda yang dibalut dengan ban, dimana ban tersebut harus terlebih dahulu diisi angin. Nah karena itulah maka kompresor juga dibutuhkan bagi bengkel sepeda, karena ia adalah alat yang berfungsi untuk mengisi udara ke dalam ban, menyuplai udara bersih bertekanan tinggi untuk mengisi tabung, menyuplai udara untuk alat spray dan lain sebagainya.


Tool Cart

Tentunya tiap perkakas yang ada di bengkel sepeda harus dirapikan dengan benar, hal itu agar bisa memperpanjang usia dari perkakas yang ada. Jadi ada baiknya perkakas yang sudah dimiliki bagi bengkel sepeda, disimpan rapi pada tempatnya, alias bisa pada tool cart.


Itulah daftar peralatan bengkel sepeda yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum membuka usaha bengkel sepeda. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Jika Anda ingin mencari peralatan bengkel seperti untuk sepeda atau lainnya, maka perkakas rekomendasi kami adalah Tenka yang ada di IndahJaya.com


댓글


bottom of page