top of page

Inilah Daftar Perkakas Pertanian yang Wajib Dimiliki Petani



Perkakas ternyata tidak selalu digunakan pada kegunaan yang umum diketahui banyak orang, yaitu otomotif ataupun elektro. Nyatanya, perkakas juga bisa menjadi peralatan penting di sektor perkebunan dan juga pertanian. Hal itu karena pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, yang mana itu tentunya membutuhkan alat.


Namun tidak semua peralatan perkakas yang digunakan di sektor otomotif itu bisa digunakan di pertanian, begitu juga dengan sektor elektro. Perkakas yang digunakan untuk kebutuhan pekerjaan pertanian adalah perkakas khusus yang berbeda dari sektor lainnya, yang mana daftarnya akan kami jelaskan di artikel ini. Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lengkapnya perkakas yang wajib ada di pertanian, maka silahkan Anda simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Daftar Perkakas Pertanian yang Wajib Dimiliki Semua Petani

Cangkul

Tentunya semua orang sudah tahu, bahwa cangkul adalah alat atau peralatan khusus yang memang digunakan oleh sebagian petani. Nah cangkul sendiri adalah salah satu jenis perkakas, yang mana kegunaannya adalah mencangkul tanah, pasir, ataupun lumpur, yang terutama ada di sektor pertanian. Untuk ukurannya pun, cangkul yang digunakan di pertanian haruslah panjang dan sesuai dengan cangkul yang bisa digunakan untuk mencangkul.


Kapak

Kapak adalah alat yang termasuk dalam perkakas. Kegunaan kapak jelas untuk memotong objek tertentu, seperti kayu, bambu, ataupun sebagainya. Oleh karena itu, tidak heran dengan kegunaannya itu, kapak harus dimiliki setiap petani yang ada. Itu karena kapak di pertanian dapat digunakan untuk memotong batang tanaman yang menganggu ataupun memotong sesuatu yang ada di pertanian.


Arit

Arit adalah benda tajam yang menyerupai seperti sabit, tetapi tidak memiliki gagang yang panjang. Nah kegunaan arit bagi pekerjaan pertanian, jelas sekali untuk memotong tanaman dengan jumlah yang banyak. Jika kapak umumnya digunakan untuk memotong sesuatu yang keras, maka arit hanya digunakan untuk memotong dalam jumlah banyak, yaitu seperti padi, ataupun rumput dan lain sebagainya.


Tang

Tang ternyata juga bisa diandalkan di pekerjaan pertanian, yaitu bisa untuk mencabut sesuatu yang keras dari dalam tanah ataupun menempel pada tanaman yang ada di pertanian. Lalu jenis dan ragam dari tang juga bisa Anda sesuaikan dengan kemauan atau kebutuhan Anda dalam sektor pertanian yang ada.


Palu

Dalam pertanian, pastinya akan ada beberapa pagar yang membatasi hasil pertanian, pembatas tersebut jelas terbuat dari kayu yang dipasang bersamaan untuk mencegah orang lain atau hewan merusak hasil pertanian yang sedang ditanam. Nah membuat pagar pastinya tidak jadi begitu saja, karena pagar seperti yang terbuat dari kayu akan bisa dibuat dengan alat paku serta palu yang berkaitan.


Gunting

Tanaman yang ada di pertanian mungkin saja ada yang terkena masalah, seperti pada batang, akar, ataupun daunnya. Nah bilamana pada daun tanaman itu bermasalah, maka tidak perlu mencabut utuh tanaman tersebut, karena lebih baik menggunakan alat yang efektif serta berguna seperti gunting. Baik itu gunting kecil ataupun gunting panjang seperti gunting rumput.


Sekop

Pertanian selalu berhubungan dengan tanah, karena itu memang bagian dalam pekerjaan yang berkaitan dengan pertanian. Untuk membongkar tanah atau menguruk serta menanam dalam tanah, maka pastinya itu harus digali terlebih dahulu. Sehingga peran sekop di pekerjaan pertanian sangat penting, baik itu menggali atau menanam tanah kembali.


Trolley

Pertanian pasti ada masa panen atau masa menanam. Nah karena tidak mungkin bisa seseorang untuk memegang semuanya, maka dibutuhkan alat perkakas yang dikenal dengan nama trolley. Dari trolley yang ada, maka ia dapat diandalkan untuk mengangkut segala kebutuhan pertanian, baik itu berat atau tidak.


Jadi itulah daftar perkakas pertanian yang wajib dimiliki oleh petani yang ada saat ini. Semoga jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Jika Anda berniat ingin memiliki perkakas yang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami kepada Anda adalah perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


Comments


bottom of page