top of page

Daftar Perkakas Pipa yang Wajib Dimiliki oleh Setiap Pekerja



Para pekerja yang bekerja di suatu tempat, tentunya mereka bukan hanya dituntut untuk memiliki keahlian dalam bekerja, seperti mekanik yang harus mengerti tentang kendaraan, ataupun sebagainya. Nah para pekerja juga harus memiliki kompetensi yang ahli dalam bidang menggunakan alat kerja di suatu tempat kerja, seperti mekanik yang harus handal dalam menggunakan alat-alat bengkel seperti perkakas salah satunya.


Tidak hanya mekanik, para pekerja lain pun seperti para pekerja pemasangan pipa juga harus mengerti dalam teknik pipa dan perkakas yang harus digunakan. Namun kembali lagi, apakah mereka punya perkakas pipa yang tepat dan lengkap? Nah bagi para pekerja pipa, maka mereka wajib harus memiliki perkakas pipa yang benar dan tepat, yang mana daftarnya bisa Anda ketahui lebih lengkap di artikel ini!


Inilah Daftar Perkakas Pipa yang Wajib Dimiliki oleh Setiap Pekerja Pipa

Para pekerja yang memang ahli dalam pemasangan, instalasi, hingga bongkar pasang pipa, sudah seharusnya mereka juga paham dalam menggunakan perkakas pipa. Tapi akan sia-sia jika mereka tidak mempunyai perkakas pipa yang benar dan tepat serta lengkap. Nah maka dari itu, bila Anda adalah salah satu pekerja pipa, maka Anda wajib memiliki beberapa perkakas penting untuk pipa yang akan kami jelaskan di bawah ini!


  • Kunci Pipa: Kunci pipa merupakan kunci yang bisa digunakan untuk membuka dan mengencangkan beberapa banyak jenis pipa, bahkan bisa juga logam atau bentuk bulat lainnya. Kunci pipa memang terbaik dan bisa melakukannya, itu karena kunci pipa telah dilengkapi dengan rahang yang dapat disetel sesuai ukuran pipa atau logam.

  • Basin Wrench: Adalah perkakas pipa berbentuk T yang bisa digunakan untuk mengganti dan memperbaiki kran pada pipa. Salah satu keunggulan dari basin wrench ini adalah sebagai alat pemasang kran wastafel, yang mana itu dapat digunakan di ruang yang sempit.

  • Pipe Cutter: Atau alat pemotong pipa, adalah alat yang memang bisa memotong beberapa jenis pipa, baik besi, hingga plastik sekalipun. Alat ini pun nyatanya terdiri dari beberapa jenis dan model, yang mana itu disesuaikan dengan cara kerjanya serta kondisi atau bentuk pipa itu sendiri.

  • Gergaji: Yang dimaksud adalah gergaji manual, yaitu alat yang memang bisa juga digunakan untuk memotong pipa. Namun ada standar atau kesesuaian beberapa pipa yang bisa dipotong oleh gergaji.

  • Tang: Perkakas serbaguna dan multifungsi ini bisa juga menjadi perkakas wajib yang harus ada pada pekerja pipa. Itu karena mungkin saja ada kebutuhan dalam menjepit atau mencengkram sambungan pipa, atau benda lainnya yang ada pada instalasi pipa.

  • Slip Joint Plier: Selain tang, ada juga alat yang memiliki kegunaan serupa, yakni slip joint plier, yaitu alat yang bisa menjepit dan mencengkram benda kerja berbentuk kawat, pipa berdiameter kecil, dan juga plat.

  • Kikir: Adalah alat yang bisa digunakan untuk meratakan dan menghaluskan suatu bidang, membuat rata dan menyiku antara bidang satu dengan bidang lainnya, membuat rata dan sejajar, serta membuat bidang-bidang berbentuk dan sebagainya.

  • Obeng Set: Obeng berguna dalam membuka dan memasang baut, mur, dan sekrup yang sesuai. Alat ini juga perlu dipunyai oleh para pekerja pipa, itu karena ada kemungkinan adanya baut, mur, atau sekrup yang tersambung pada sambungan pipa.

  • Alat Tekuk Pipa: Merupakan alat yang penting bagi pekerja pipa, karena alat ini bisa digunakan untuk menekuk pipa.

  • Amplas: Adalah suatu kertas yang memiliki gerigi atau bahan kasar, yang mana itu bisa digunakan untuk mengamplas pipa yang baru saja terpotong menjadi rapi dan halus.


Itulah daftar perkakas pipa yang wajib dimiliki oleh para setiap pekerja pipa. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Untuk perkakas terbaik dan berkualitas, kami rekomendasikan perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Comentarios


bottom of page