top of page

Daftar Perkakas Untuk Instalasi Listrik Agar Aman Saat Memasangnya



Listrik adalah rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik. Listrik menimbulkan berbagai macam efek yang telah umum diketahui, seperti ada petir, listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik. Nah listrik juga pada umumnya akan ada pada beberapa alat, lalu untuk mendapatkan listrik pun tentunya membutuhkan proses instalasi yang benar, tetapi juga harus aman dan terjangkau.


Untuk melakukan instalasi listrik, maka tentunya dibutuhkan pengetahuan yang benar serta pengalaman yang sesuai, hal itu agar tidak terjadi masalah atau bahaya yang mengincar. Namun peralatan atau perkakas pun juga harus diperhatikan, yang mana perkakas yang aman untuk instalasi listrik adalah perkakas yang bahan gripnya menggunakan bahan karet. Nah grip karet yang ada pada perkakas, semuanya yang cocok untuk instalasi listrik bisa Anda ketahui di bawah ini!


Daftar Perkakas Untuk Instalasi Listrik yang Bisa Membuat Aman Saat Memasangnya

Tang

Tang adalah perkakas yang umumnya grip pada gagangnya terbuat dari karet, sehingga aman dari sengatan listrik yang bisa saja tiba-tiba datang dari proses instalasi listrik. Nah kegunaan tang untuk proses instalasi listrik, yaitu ia bisa berperan untuk memotong tembaga yang berada di dalam kabel, begitu juga menjepit kabel atau tembaga dalam keperluan instalasi listrik.


Obeng

Kelistrikan akan biasa selalu berkaitan dengan obeng dari beberapa jenis, hal itu karena pada terminal ataupun sambungannya, akan ada baut, mur, dan juga sekrup yang berguna menyambungkan komponen. Jadi dengan demikian, obeng dengan grip karet bisa Anda andalkan untuk proses instalasi listrik, yaitu dengan beberapa jenis dan ukuran yang bisa disesuaikan.


Solder

Karena instalasi listrik biasanya akan berkaitan dengan timah, maka solder pastinya juga cukup umum ada di tukang-tukang instalasi listrik. Hal itu karena solder memang adalah sebuah peralatan listrik yang berfungsi untuk melelehkan timah, sehingga dapat digunakan untuk merekatkan komponen elektronika yang ada.


Gunting

Proses instalasi listrik umumnya akan selalu berkaitan dengan kabel, sehingga untuk memotong kabel dengan ukuran yang sesuai, maka gunting bisa diandalkan untuk itu, yaitu gunting dari beberapa ukuran dengan gagang yang terbuat dari karet.


Cutter

Memotong kabel yang ada pada proses instalasi listrik memang bisa menggunakan kabel, begitu juga memotong tembaga dalam kabel yang juga bisa menggunakan gunting ataupun tang. Namun perlu Anda semua ketahui, ketika mau memotong kabel secara setengah agar dapat memperoleh tembaga di dalamnya, maka alat pemotong yang tepat adalah cutter. Jadi selain gunting, beberapa pekerja instalasi listrik juga memiliki segala jenis cutter yang ada.


Selotip

Masih berhubungan dengan kabel atau sambungan apapun pada proses instalasi listrik. Tentunya jika ada kabel yang putus dan ingin disambungkan, maka perkakas yang tepat untuk itu bukanlah lem basah, melainkan selotip yang pastinya aman untuk Anda gunakan.


Pinset

Karena biasanya alat-alat ataupun komponen yang berada pada proses instalasi listrik itu kecil-kecil, maka untuk menjepitnya itu bukanlah menggunakan tang, melainkan bisa menggunakan pinset dari segala ukuran ataupun jenis dan ragamnya.


Jadi itulah daftar perkakas untuk instalasi listrik yang perlu Anda ketahui semuanya, yang mana diatas adalah daftar perkakas untuk instalasi listrik yang pastinya aman dan terbaik untuk Anda. Semoga jadi manfaat untuk Anda semua, terutama bisa menambah wawasan Anda semua. Jika Anda ingin memiliki perkakas yang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami adalah perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


bottom of page