top of page

Inilah Daya Hidup Genset Saat Memiliki Bensin Full Tank yang Wajib Disimak



Genset bisa memberikan daya tegangan listrik, itu semua bukan karena memang ia dapat dari arus PLN, melainkan itu semua dari bahan bakar yang dikonsumsi oleh Genset. Jadi tanpa adanya bahan bakar, maka layaknya kendaraan lainnya, Genset pun tidak bisa dioperasikan. Namun walau membutuhkan bahan bakar, tetapi itu bukan berarti bahwa setetes bahan bakar bisa sangat berguna bagi Genset untuk beroperasi.


Genset membutuhkan bahan bakar dengan tingkat yang sesuai pada tangki bahan bakarnya, yang mana semuanya dapat dihitung berapa lama Genset bisa beroperasi. Nah ketika full tank pun, Genset memiliki daya hidup yang bisa diukur, yang mana itu akan jauh lebih lama dari bahan bakar Genset yang setengah atau tinggal sedikit. Nah jika Anda ingin tahu berapa lama daya hidup Genset ketika bensin full tank, maka simak saja artikel ini selengkapnya!


Informasi Mengenai Daya Hidup Genset Saat Memiliki Bensin Sebanyak Full Tank

Menghitung Kapasitor Genset

Pada dasarnya, tiap Genset memiliki banyak perbedaan, seperti salah satunya adalah tangki dari Genset itu sendiri, yang mana tidak semua memiliki perhitungan yang sama ketika bensin full tank. Namun Anda masih bisa memperhitungkannya dengan menghitungnya sendiri sesuai dengan Genset yang Anda miliki.


Kapasitas dari generator tentunya sangat beragam tergantung pada kebutuhan penggunaan. Contohnya, untuk menggunakan generator di rumah, maka secara umum generator tersebut biasanya memiliki kapasitas 1000 kVA hingga 10.000 kVA. Adapun industri dalam menggunakan generator dengan kapasitas yang lebih besar.


Kemudian ukuran KVA di generator tidak selalu menunjukkan nilai sebenarnya dari Watt, misalnya, hanya 1 nilai kVA tidak sama dengan 1000 Watts. Jadi untuk mengetahuinya maka terlebih dahulu Anda harus tahu istilah perbedaan kVA dengan kW yang memiliki hubungan dengan daya listrik yang dihasilkan. Sehingga dengan demikian, maka Anda akan dapat menyimpulkan jumlah nilai Watt yang dapat dihasilkan oleh Genset.


KVA sebenarnya bisa digunakan sebagai kekuatan referensi yang dihasilkan generator yang mengacu Watt kapasitas daya generator yang digunakan, yang mana itu bukan energi yang dihasilkan oleh mesin yang digunakan. Nah besaran kVA sendiri adalah kapasitas jelas dari mesin generator listrik, sementara jumlah kW adalah nilai kekuatan nyata yang berasal dari kekuasaan konversi energi atau kemampuan untuk mengoperasikan mesin.


Anda tentunya dapat menggunakan sebagai acuan untuk menentukan nilai Watt di generator dengan menggunakan satuan kW dengan penjelasan dari 1 kW pada 1000 Watt. Pada mesin generator pun biasanya Anda hanya bisa melihat ukuran kVAnya saja, sehingga itu membuat Anda dapat menggunakan nilai default dari 1 kVA sebesar 0,8 kW (800 Watt). Jadi jika Anda memiliki generator dengan kapasitas yang ditunjukkan pada label dari 2 kVA maka nilai kWnya dari 1,6 kW atau 1.600 Watt.


Menghitung Kapasitas Bensin Full Tank Genset

Selain mengetahui bagaimana menghitung kapasitas generator, berikutnya Anda juga perlu menghitung konsumsi bahan bakar pada mesin Genset. Hal itu tentunya bisa memungkinkan generator untuk bekerja secara optimal dan mencegah dari kerusakan, terutama bisa membuat Anda tahu berapa lama jika Genset ada dalam keadaan full tank.

Contoh Perhitungannya:

  • k = 0,21 (faktor ketetapan konsumsi solar per kilowatt per jam)

  • P = Daya genset (kVA)

  • t = waktu (jam)

  • Rumus: 0,21 x P x t.

  • Contoh: Daya genset Anda adalah 200 kVA dan dilakukan pemanasan selama 1 jam, lalu berapa solar yang dibutuhkan per jam nya?

  • Jawabannya: 0,21 x 200 x 1 = 42.


Nah dari penjabaran di atas, maka bisa diketahui jika bahan bakar yang terpakai pada Genset dengan kapasitas 200 kVA adalah 42 liter pada per jamnya. Sehingga dengan begitu, Anda bisa hitung jika full tank Genset Anda mampu bertahan berapa lama, yaitu dengan cara menggunakan rumus atau contoh yang kami berikan di atas, yang mana dengan penyesuaian pada Genset Anda masing-masing.


Jadi itulah daya hidup Genset saat memiliki bensin full, yang mana itu tergantung dari Genset Anda masing-masing karena tiap Genset itu berbeda. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Jika Anda tertarik dengan Genset, maka yang terbaik dan berkualitas seperti Tenka bisa Anda dapatkan di IndahJaya.com


Kommentare


bottom of page