top of page

Desain dan Fungsi Roda Crane dalam Menunjang Operasi



Tentunya proses konstruksi yang bisa dilakukan secara tepat dan terstruktur, adalah proses yang dijalani dengan benar adanya. Ini karena proses tersebut dilakukan oleh orang-orang profesional, begitu juga dibantu dengan alat konstruksi yang memang terbaik adanya. Salah satunya yang memang umum ada di konstruksi, yaitu crane dan juga hoist. Yaitu alat lifting yang berguna mengangkat serta memindahkan benda besar dan juga berat.


Crane yang digunakan oleh banyak sektor konstruksi pun beragam adanya, yang mana itu disesuaikan dengan proyek konstruksi yang akan dikerjakan. Faktanya, crane yang memang terpasang adalah crane yang beberapa diantaranya telah dilengkapi dengan roda, yakni dengan berbagai jenis desain roda serta diikuti oleh fungsinya yang juga berbeda. Adapun desain serta fungsi dari roda crane, memang bisa membantu menunjang operasionalnya.


Inilah Desain dan Fungsi dari Roda Crane dalam Menunjang Operasionalnya


Dikarenakan crane memiliki peranan penting pada banyak proyek pembangunan, maka diperlukan pertimbangan saat memilih crane untuk proyek konstruksi. Adapun pertimbangan tersebut ada pada beberapa faktor penting seperti berapa berat yang bisa diangkat, jarak jangkauan, tinggi maksimum, kondisi lingkungan, dan sebagainya yang memang harus disesuaikan dengan jenis crane yang akan dipilih. Contohnya untuk crane yang memang ingin digunakan pada tempat berbeda, maka dibutuhkanlah crane yang dilengkapi dengan roda.


Crane yang dilengkapi dengan roda akan membuat crane tersebut tidak permanen pada satu tempat. Sehingga itu memungkinkan crane dapat bergerak ke tempat atau lokasi yang membutuhkan peran crane untuk lifting. Tapi walau begitu, beberapa jenis crane yang bisa bergerak karena adanya roda, juga perlu diperhatikan saat hendak memindahkan crane tersebut. Jangan sampai proses pemindahan crane dengan roda malah berujung membahayakan atau malah menyebabkan masalah lain yang lebih serius.


Fungsi-Fungsi Roda pada Crane yang Bisa Menunjang Operasi

Crane sangat diandalkan karena ia memiliki banyak fungsinya, mulai dari meningkatkan efisiensi waktu serta pekerjaan, mengurangi resiko kerja, meningkatkan akurasi kerja, dan masih banyak lagi lainnya sesuai dengan pekerjaannya. Namun crane yang dilengkapi dengan roda juga memiliki keuntungan lain bahkan yang tidak dipunyai oleh crane paten atau tetap yang tak bisa berpindah. Keuntungan tersebut adalah fungsinya yang bisa menunjang operasi, yakni antara lain:


  • Bisa memungkinkan crane berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Layaknya roda, memang crane dengan roda diharapkan bisa berpindah tempat. Ini biasa diandalkan pada proyek konstruksi yang membutuhkan pengerjaan crane pada beberapa titik pembangunannya. Tetapi bukan pada tingkat yang tinggi, seperti pada tower crane.

  • Karena dilengkapi dengan roda, crane pun bisa memiliki jangkauan perpindahan lifting yang jauh lebih luas ketimbang crane tinggi tanpa roda. Seperti halnya dengan container crane yang biasa ada pada pengerjaan cargo, atau lain pekerjaan lainnya.

  • Seperti layaknya truck crane, crane dengan roda bisa memungkinkannya menjadi crane yang lebih efektif serta efisien saat hendak disimpan atau henda digunakan. Ini terjadi karena adanya roda yang bisa membuat crane dapat berpindah tempat.

Desain-Desain Roda pada Crane yang Bisa Menunjang Operasi

Berikut adalah beberapa desain roda pada crane yang bisa menunjang operasional pekerjaan yang ada:

  • Roda Crane dengan Ban: Merupakan roda crane seperti roda kendaraan yang juga dilengkapi dengan ban. Roda ini memiliki kegunaan seperti roda ban pada umumnya, yaitu menunjang proses lifting untuk bisa berpindah tempat, bahkan pada lokasi pekerjaan yang memang tidak rata. Dikarenakan adanya ban yang dapat meredam gesekan, maka roda dengan ban ini efektif bisa diterapkan pada pekerjaan dengan lingkungan kerja yang kasar atau tidak rata.

  • Roda Besi: Ini adalah roda yang mirip dengan roda kereta atau trolley. Roda ini murni dari besi tanpa adanya pelindung seperti ban. Umumnya roda besi untuk crane adalah roda yang memiliki ulir khusus yang telah sejajar dengan track atau jalur crane tersebut. Walau roda ini hanya mati pada pergerakan kesamping saja, tapi ketangguhan roda ini lebih kuat daripada jenis roda lainnya.


Jadi itulah artikel dari kami mengenai desain dan fungsi roda crane dalam menunjang operasi. Sekian dan semoga jadi manfaat teruntuk semuanya. Untuk crane atau hoist terbaik serta berkualitas, maka kami rekomendasikan crane dan hoist dari Elephant. Mengenai Elephant Hoist and Crane, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


Comments


bottom of page