Mengenal Apa Itu Diesel Generator dan Kegunaannya Serta Fungsinya



Semakin canggihnya dunia saat ini, tentunya itu juga dibarengi dengan demand listrik yang cukup besar, hal itu karena hampir semua teknologi saat ini mengandalkan listrik. Namun tentunya itu juga akan menjadi kekurangan, karena seperti yang kita tahu bahwa kebutuhan listrik yang bersumber dari PLN bisa saja tidak selalu menyala atau tersambung, alias bisa saja terjadi pemadaman listrik.


Nah ketika terjadi pemadaman listrik atau mati lampu, maka salah satu cara yang terbaik adalah dengan mengandalkan Genset. Tetapi Genset juga perlu disesuaikan, karena Genset memiliki banyak jenis yang terdiri dari standar daya yang diberikan. Nah salah satu jenis Genset yang cukup umum digunakan masyarakat saat ini, adalah Diesel Generator. Apa itu Diesel Generator dan apa fungsinya, semuanya itu akan kami jelaskan di artikel ini!


Mengenal Lebih Jauh Mengenai Diesel Generator

Diesel Generator sebenarnya adalah salah satu jenis Genset, yang mana ia adalah suatu mesin atau alat yang pastinya digunakan atau diandalkan sama dengan Genset lain, yaitu sebagai alternatif suplai mendapatkan listrik saat keadaan terjadi pemadaman listrik atau mati lampu. Namun perbedaannya dengan Genset lain, kekuatan listriknya dari Diesel Generator terkenal cukup sangatlah besar, sehingga dengan begitu maka mesin tersebut sangat diandalkan di sektor dunia industri atau sebagainya yang memang membutuhkan daya listrik yang sangat besar.


Nah cara kerja dari Diesel Generator untuk dapat memberikan pasokan listrik, yaitu dengan menggabungkan mesin pembakaran diesel dengan sebuah generator listrik, sehingga dengan begitu maka didapatkan lah daya listrik untuk suatu kebutuhan yang membutuhkan listrik. Tentunya untuk memungkinkan Diesel Generator dapat aktif atau bekerja memberikan arus listrik, maka dibutuhkanlah bahan bakar minyak. Bukan bensin, melainkan sesuai dengan namanya “Diesel Generator” yaitu menggunakan bahan bakar berupa diesel, sehingga dengan begitu maka didapatkan daya listrik yang dihantarkan oleh generator tersebut.


Inilah Fungsi Serta Kegunaan dari Diesel Generator

Sebenarnya tidak perlu dijelaskan pun, Diesel Generator atau Genset Diesel itu memiliki kegunaan atau fungsi yang sama dengan Genset pada umumnya, karena perbedaannya hanyalah bahan bakar yang digunakan, hingga sistem dan daya arus yang dihasilkan. Jadi fungsi serta kegunaan Diesel Generator, yaitu untuk mensuplai arus pada sistem kelistrikan. Nah proses pembangkitan listrik pada generator tersebut telah menggunakan prinsip induksi, yaitu apabila ada terjadi perpotongan medan magnet dengan penghantar, maka pada penghantar akan timbul gaya gerak listrik.


Diesel Generator atau Genset Diesel sangat dikenal dapat menghasilkan tenaga listrik dengan menggunakan alternator dan juga mesin diesel layaknya kendaraan, dimana pada mesinnya itu menggunakan bahan bakar solar untuk beroperasi. Untuk kekuatan mesinnya akan disajikan sebagai RPM yang ditransformasikan oleh alternator menjadi arus listrik yang dapat digunakan. Lalu arus tersebut kemudian didistribusikan ke bangunan yang terhubung ke jaringan, seperti rumah, bangunan, dan sebagainya.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui dari Diesel Generator atau Genset Diesel, baik itu pemahamannya hingga fungsi serta kegunaannya Diesel Generator. Semoga bermanfaat bagi anda semua, terkait tentang Diesel Generator atau Genset Diesel. Nah jika anda tertarik ingin memiliki Genset Diesel atau Diesel Generator atau mungkin Genset jenis lainnya, maka anda bisa dapatkan yang terbaik dan berkualitas di produk Tenka. Mengenai Genset Tenka, tentunya anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.