Dipakai saat Darurat, Ternyata Ini Fungsi dan Manfaat Genset


Dipakai saat Darurat, Ternyata Ini Fungsi dan Manfaat Genset

Fungsi dan manfaat genset bukan hanya untuk menyalakan lampu di saat pemadaman saja. Namun, juga sebagai penyedia cadangan listrik untuk dipakai ketika situasi darurat.


Generator set sangat dibutuhkan oleh beberapa instansi dan pelaku usaha. Misalnya rumah sakit dan pabrik yang memerlukan pasokan listrik hampir 24 jam. Nah, simak kegunaannya lainnya di bawah ini.


Cara Kerja Generator Set

Generator set adalah alat yang mampu mengubah energi mekanik menjadi listrik. Cara kerjanya mirip dengan pompa air. Jadi, genset tidak benar-benar menciptakan listrik di dalam mesinnya.


Namun, mesin tersebut hanya mengubah energi dari bahan bakar menjadi energi mekanik. Lalu diubah lagi oleh alternator menjadi energi listrik. Konsep kerja generator memang cukup kompleks untuk dipahami.


Komponen generator sendiri terbagi menjadi 9 yaitu fuel system, voltage regulator, engine, control panel, frame, alternator, lubrication system, battery charger, cooling dan exhaust system.


Tanpa adanya komponen yang lengkap, generator tidak dapat bekerja optimal. Lantaran cukup diminati masyarakat sekiranya ada 5 jenis-jenis genset populer di pasaran.

Fungsi dan Manfaat Genset

Bisa dikatakan generator set sangat berguna bagi kehidupan manusia. Mulai dari segi ekonomi hingga kegiatan sehari-hari dapat lebih mudah dengan kehadiran genset.


Pada beberapa sektor, listrik yang mengalami pemadaman bisa memicu berbagai masalah. Misalnya pada rumah sakit karena hampir 70 persen peralatan medis perlu listrik untuk bisa dinyalakan.


1. Sebagai Penyedia Cadangan Listrik

Fungsi utama genset adalah menyimpan pasokan listrik untuk dijadikan cadangan saat kondisi darurat. Anda dapat menggunakan energi tersebut untuk keperluan pengajian, hajatan, dan acara keluarga, tanpa khawatir kegelapan ketika aliran listrik diputus PLN.


2. Menyalakan Alat Elektronik saat Pemadaman

Pemadaman bergilir memang baik untuk mengurangi polusi cahaya dan menekan penggunaan listrik berlebihan. Namun, jika terjadi tiba-tiba apalagi saat bekerja, maka pekerjaan dan tugas bisa menumpuk.


Terlebih jika sedang menggunakan laptop dan komputer yang harus terhubung dengan stop kontak. Jika memiliki genset, Anda tinggal menyalakan lalu menghubungkan kabel charger atau perangkat ke colokan.


3. Menunjang Kegiatan Operasional

Genset berperan dalam menunjang kegiatan operasional pabrik. Jika sewaktu-waktu PLN melakukan pemadaman listrik, kegiatan produksi tidak akan terganggu.


Bayangkan berapa lama waktu terbuang hanya untuk menunggu listrik kembali menyala. Apabila pemadaman sering dilaksanakan, maka kegiatan bisnis jadi tidak efisien.


4. Sebagai Penolong saat Terjadi Bencana

Daerah yang terdampak bencana alam umumnya mengalami krisis listrik. Oleh sebab itu, kehadiran genset di sini dianggap sebagai penolong karena mampu menyuplai listrik untuk menerangi sekitar.


5. Meminimalisir Kerugian Bisnis

Tanpa adanya listrik minimarket, restoran, dan toko di dalam mall bisa mengalami kerugian besar. Contohnya di minimarket ice cream jadi mencair, minuman di kulkas jadi tidak dingin hingga mesin kasir yang gagal dioperasikan.


Pelanggan restoran tentunya juga tidak nyaman menghabiskan makanan dalam kondisi gelap gulita. Oleh karena itu, setiap mall, retail, dan usaha kuliner pasti memiliki genset untuk memasok energi listrik.


Apabila Anda tertarik memiliki generator set di rumah atau tempat usaha, pastikan tahu tips memilih genset dengan benar sehingga sesuai dengan kebutuhan.


Nah, selanjutnya Anda dapat membeli generator dari seller terpercaya, seperti di Indah Jaya.com. Di sana tersedia berbagai macam produk genset berkualitas dengan harga terjangkau.


Anda juga bisa menentukan tipe barang dan bahan bakar apa yang ingin dipakai. Misalnya generator silent, open, dan MCS. Jadi, uang yang dibayarkan sepadan dengan produk yang didapat.


Itulah deretan fungsi dan manfaat genset wajib Anda tahu. Setelah membeli simak cara menjaga agar genset tidak cepat panas di sini.