top of page

Eksplorasi Warna Populer Lampu LED untuk Dekorasi Modern



LED adalah lampu yang pertama kali dikembangkan pada 1962 tapi baru mulai diproduksi secara komersial pada tahun 1980 dengan varian tersedia hanya dioda electroluminescent dan sendawa biru baru dikembangkan di Jepang pada 1990. Sendawa biru tersebut akhirnya dikombinasikan dengan luminofor kuning guna memproduksi panjang gelombang. Hasil kombinasi ini menghasilkan cahaya yang dianggap putih oleh mata manusia.


Jika umumnya banyak beberapa masyarakat mengenal lampu LED adalah lampu putih, maka sebenarnya lampu LED itu memiliki beberapa variasi warna. Beberapa variasi warna dari lampu LED tentu bisa digunakan untuk dekorasi modern, layaknya party, ataupun sebagainya yang dapat menyesuaikan warna dari lampu LED. Jadi eksplorasi warna populer dari lampu LED bisa sangat untuk diaplikasikan pada banyak dekorasi yang diinginkan oleh banyak orang.


Inilah Eksplorasi Warna Populer Lampu LED yang Tepat untuk Dekorasi Modern Saat Ini


Lampu LED adalah Light Emitting Diode adalah lampu yang dilengkapi dengan tiga komponen utama, diantaranya ada semiconductor die, bingkai timah dan Enkapsulasi atau casing atau lens. Untuk Semiconductor die merupakan elemen dalam dioda yang berfungsi untuk pemancar cahaya, yang mana dalam semikonduktor ada die yang berupa chip tidak terbungkus.


Kemudian komponen bingkai timah ada berguna untuk menampung die serta sebagai jalur koneksi listrik antara anoda dan katoda. Lalu Enkapsulasi sendiri adalah suatu bagian yang akan mengelilingi perakitan dan berguna sebagai perlindungan komponen internal dari LED. Adapun Dioda dalam LED memiliki dua kutub berupa kutub positif dan negatif. Hal itu membuat cahaya yang dihasilkan LED adalah monokromatik saat diberikan tegangan maju.


Tentu selain banyak jenis atau bentuk, lampu LED pun juga ada banyak varian warna yang tersedia tergantung dari bahan semikonduktor yang dimiliki. Bentuknya sendiri berupa bohlam yang berbeda dengan lampu pijar pada umumnya. Pastinya beberapa jenis dan variasi warna LED adalah sama dengan LED biasanya, yakni tidak memerlukan pembakaran filamen sehingga tidak panas saat menghasilkan cahaya. Itu juga berlaku dengan ukuran kecilnya yang dapat digunakan secara berangkai ataupun individual.


Eksplorasi Warna LED dengan LED RGB

Untuk memiliki pencahayaan yang tepat bagi dekorasi yang Anda inginkan apalagi dekorasi kekinian yang sangat modern, maka Anda bisa andalkan LED jenis RGB. Ini karena LED biasa saja tidak cukup, karena LED biasa hanya memiliki 1 warna identik putih saja. Seperti namanya, RGB (Red, Green, Blue) adalah lampu yang memiliki kombinasi warna antara merah, hijau, dan juga biru. Tentu itu adalah komposisi warna yang sangat khas yang sangat familiar di banyak tempat.


Ketiga warna RGB tersebut tidak hanya menghasilkan 3 warna inti saja, karena RGB juga mampu menghadirkan banyak warna lain yang dapat dibentuk. Seperti warna cyan, magenta, kuning, dan sebagainya yang ternyata masih bisa dicampurkan dengan hitam untuk mendapatkan warna berbeda lainnya yang dapat diperoleh. Adapun dalam kasus Lampu LED sesuatu yang serupa terjadi, ia dapat menggunakan cahaya yang berbeda dari tiga warna primer tersebut untuk mencapai banyak kombinasi lain yang melampaui warna tunggal LED tradisional.


Eksplorasi Warna LED dengan Beberapa Jenis LED yang Tepat untuk Dekorasi Moden

Tidak hanya RGB atau selalu RGB, eksplorasi warna dari lampu LED bisa juga Anda dapatkan dari beberapa jenisnya. Mulai dari jenis LED warna-warni dari lampu LED Strip, hingga sebagainya yang memang memungkinkan memiliki warna-warni yang beragam adanya. Itu pun dapat disesuaikan dengan beberapa jenis lampu LED yang memiliki setting pada warna yang dihasilkan, yaitu yang diinginkan dari konsep dekorasi modern itu sendiri.


Itulah eksplorasi warna populer yang dapat Anda dapatkan dari beberapa jenis lampu LED untuk menciptakan dekorasi yang modern. Jika Anda menginginkan lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page