top of page

Electric Chain Hoist: Kelebihan dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaannya



Banyak alat atau benda yang saat ini menggunakan kata “Electric”, yang mana dari kata tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa alat tersebut mengandung sistem penggerak yang berasal dari daya listrik, atau bisa juga menggunakan motor listrik atau yang berkaitan dengan listrik. Seperti salah satunya adalah electric winch dan electric chain hoist yang sering sekali dikira sama, padahal kenyataannya mereka itu berbeda.


Nah electric winch merupakan alat alat yang digunakan untuk menggulung dan mengulur wire rope, yakni dengan tegangan yang dihasilkan pada wire rope dapat membantu untuk menarik dan memindahkan beban berat. Tentunya itu berbeda dengan electric chain hoist, yang mana alat tersebut umumnya digunakan pada proses lifting. Nah untuk lebih jelasnya mengenai electric chain hoist, maka Anda semua bisa simak artikel ini selengkapnya!


Informasi Lengkap Mengenai Electric Chain Hoist yang Perlu Anda Ketahui


Electric chain hoist dan electric winch sering kali dikira sama, padahal mereka berbeda. Perbedaannya, karena keduanya dibuat dengan fungsi dan tujuan yang berbeda, seperti hoist yang memang didesain untuk kegiatan mengangkat beban secara vertikal dengan sudut inklinasi diatas 45 derajat. Sedangkan untuk winch sendiri didesain untuk menarik beban pada permukaan yang rata atau sedikit lebih miring. Namun meski begitu, keduanya memiliki kesamaan yaitu dapat digunakan untuk mempermudah pada pekerjaan heavy lifting.


Nah lebih jelasnya, electric chain hoist merupakan alat untuk mengangkat dan menurunkan beban berat. Pada alat tersebut diketahui terdapat dua tipe hoist yang ada, yaitu tipe manual dan elektrik, yang mana masing-masing memiliki kelebihannya sendiri sesuai dengan yang ingin dibutuhkan. Untuk electric chain hoist, dia adalah hoist yang cocok untuk workshop dan area yang memiliki tegangan listrik standar (220V / 380V), contohnya seperti untuk kegiatan industri yang memang juga membutuhkan posisi pengangkatan yang tidak berpindah-pindah atau fixed location (masih bisa berpindah dengan menambahkan konstruksi rel).


Inilah Kelebihan dari Electric Chain Hoist yang Perlu Anda Ketahui

Berikut adalah beberapa kelebihan dari electric chain hoist yang ternyata berbeda dari electric winch:

  • Electric chain hoist merupakan suatu alat yang menggunakan sistem pengereman mekanik yang memiliki kanvas rem fisik, sehingga dengan begitu maka alat tersebut dapat mengunci material yang tersuspensi.

  • Electric chain hoist juga tidak memiliki mekanisme freespool, sehingga hal tersebut bisa membuat electric chain hoist menjadi pilihan yang lebih aman untuk mengangkat material.

  • Karena electric chain hoist ada mekanisme pencegah beban tergelincir, ditambah electric chain hoist juga dilengkapi dengan saklar pembatas beban atau limit switch. Maka dengan begitu electric chain hoist yang dilengkapi saklar bisa digunakan untuk mencegah pengangkatan yang melebihi dari kapasitas maksimalnya.

  • Kemudian sistem brake yang ada pada electric chain hoist dapat menahan beban saat aliran listrik terputus dan pada pendant control sudah dilengkapi dengan tombol emergency otomatis. Sehingga dengan begitu, dengan sistem otomatis tersebut menjadi suatu keunggulan penting dari electric chain hoist itu sendiri daripada hoist lain.


Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Electric Chain Hoist


Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan Anda ketika Anda mau menggunakan electric chain hoist:

  • Selalu membaca instruksi dari electric chain hoist, begitu juga dengan keberadaannya.

  • Sesuaikan blok stop dari posisi atas dan bawah sebelum mengangkat objek.

  • Rutin melakukan konfirmasi apakah kondisi rem dapat diandalkan sebelum digunakan.

  • Tidak mengoperasikan tali kawat jika ditemukan bengkok, cacat, berkarat atau rusak melebihi persyaratan yang ditentukan sebelum digunakan.

  • Tidak menggunakan tali kawat listrik sebagai mekanisme mengangkat lift untuk mengangkut orang.

  • Tidak mengangkat benda dan kait tidak bisa diangkat dalam keadaan ayunan.

  • Selalu gerakkan kerekan tali kawat tepat di atas objek dan angkat lagi tanpa miring.

  • Perangkat pembatas tidak boleh digunakan berulang kali sebagai saklar perjalanan, serta benda-benda yang terhubung ke kerekan tali kawat listrik tidak boleh diangkat.

  • Tidak menggunakan garis gerbang obor untuk menarik benda lain.

  • Anda harus pastikan untuk memutus aliran listrik sebelum pemeriksaan pemeliharaan.

  • Mencoba pemeriksaan pemeliharaan yang harus dilakukan dalam kondisi tanpa beban.

  • Lakukan konfirmasi apakah wedge sudah terpasang dengan kuat dan andal sebelum digunakan.


Jadi itulah segalanya yang perlu Anda ketahui mengenai electric chain hoist. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan semuanya. Bilamana Anda tertarik dengan hoist dan crane, maka yang terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page