top of page

Electric Wire Rope: Mengenal Jenis dan Tips Memilih yang Tepat



Apa itu electric wire rope? Electric wire rope merupakan alat angkat elektrik dengan kekuatan luar biasa, yang mana hoist tersebut didukung dengan tali kawat seling baja, serta hook dan rangka yang solid. Tentunya dengan begitu, maka electric wire rope mampu membuat kegiatan mengangkat benda berat tidak menjadi masalah, itu karena dia juga memiliki daya tahan yang jauh lebih baik dan stabil daripada chain block ataupun pada manual hoist.


Nah perlu diketahui, electric wire rope telah menjadi sebuah alat yang sangat penting yang digunakan di dunia modern. Dengan kegunaannya yang penting, electric wire rope memiliki berbagai macam kemampuan dan manfaat, serta sifatnya yang cukup mudah beradaptasi. Hal tersebut telah menjadikan fungsi wire rope dimanfaatkan oleh jutaan industri di seluruh dunia. Bila Anda ingin tahu jenis serta tips memilih electric wire rope, maka simak saja artikel ini!

Mengenal Jenis-Jenis dari Electric Wire Rope yang Perlu Anda Pahami


Sebelum menjadi electric wire rope dengan beberapa jenisnya, pada kenyataannya wire rope pun sudah digunakan sejak lama, yakni pada tahun 5000 Sebelum Masehi. Tali pada zaman ini tidak seperti tali yang digunakan pada saat ini, karena itu dibuat dengan cara dipalu untuk menghasilkan lembaran tipis dari bahan tembaga atau emas serta memotongnya berbentuk strip tipis.


Kemudian pada paruh kedua abad ke-19, fungsi wire rope pun semakin berkembang, yaitu digunakan untuk mengirimkan tenaga mekanik, seperti kereta gantung jenis baru. Tali dengan jenis wire rope cenderung murah di zamannya. Kemudian tipe wire rope juga memiliki gesekan yang lebih rendah. Hal tersebut, tentunya membuat fungsi wire rope terus diandalkan dalam transmisi daya selama beberapa kilometer atau mil, bahkan pada electric wire rope.


Inilah Beberapa Jenis-Jenis Electric Wire Rope

Berikut adalah beberapa jenis-jenis electric wire rope, yang mana jenis-jenis yang ada tergantung dari wire rope yang digunakan oleh electric wire rope itu sendiri:

  • Coated Wire Rope: Jenis electric wire rope ini menggunakan wire rope coated, yaitu merupakan tipe wire rope yang dilapisi. Lapisannya itu adalah lapisan yang bisa berupa PVC maupun nylon, dengan tujuan untuk mencegah terjadinya korosi tetapi juga masih memiliki fleksibilitas yang tinggi.

  • Galvanized Wire Rope: Adalah jenis wire rope yang menggunakan wire rope galvanized. Proses galvanized atau galvanisasi merupakan proses pelapisan zat zinc atau seng pada bahan baja atau besi dengan cara dicelupkan. Saingan dari model ini adalah jenis wire rope ungalvanized wire rope, yaitu tipe wire rope yang tidak dilapisi saat proses finishing.

  • Stainless Steel Wire Rope: Electric wire rope ini menggunakan wire rope stainless steel, yaitu paduan standar yang digunakan dalam tali dan kabel. Ketahanannya terhadap korosi jauh lebih tinggi daripada wire rope galvanized & coated wire rope, meskipun tidak ada perbedaan kekuatan. Ketahanannya yang tinggi terhadap korosi, panas & dingin, bahan kimia pulp & kertas membuat tali kawat baja tahan karat menjadi bahan yang sangat dibutuhkan untuk pembuatan instrumen presisi, mobil, kapal penangkap ikan, peralatan petrokimia, serta bidang lainnya.

Tips Memilih Electric Wire Rope yang Tepat


Inilah tips dari kami bila Anda ingin memiliki electric wire rope:

  • Memilih electric wire rope sesuai dengan wire rope yang diinginkan atau disesuaikan dengan pengerjaannya. Itu penting, karena wire rope yang berbeda bisa berdampak pada lifting, seperti menimbulkan masalah atau hal bahaya yang tidak diinginkan.

  • Perkirakan jumlah frekuensi pengangkatan yang Anda perlukan. Jelasnya, Anda bisa hitung waktu kegiatan lifting dan juga waktu istirahat mesin. Waktu istirahat mesin sangat sering diabaikan orang pada umumnya pada saat perencanaan kegiatan di lapangan, yang mana padahal itu penting untuk menjaga electric wire rope agar semakin optimal ketika bekerja.

  • Pilih electric wire rope dari produk ternama dan terpercaya, serta memang menjamin electric wire rope Anda di waktu yang akan datang, seperti adanya garansi, dan lain sebagainya.


Itulah yang perlu Anda ketahui dari electric wire rope, baik itu jenis wire rope ataupun tips memilih yang tepat. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki hoist atau crane dalam lifting, maka rekomendasi kami yang terbaik serta berkualitas adalah Elephant Hoist and Crane, yang mana itu bisa Anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comentários


bottom of page