top of page

Informasi Lengkap Tentang Energi Alternatif yang Memanfaatkan Gas dari Limbah Kotoran



Gas adalah salah satu dari empat wujud dasar materi, yang mana ia dapat tersusun dari atom, molekul elemen yang tersusun dari satu jenis atom, atau molekul senyawa yang tersusun dari berbagai macam atom. Nah pada dasarnya gas bisa menjadi suatu energi, yang mana itu terbuat dari unsur gas sebenarnya. Namun tahukah Anda? Bahwa gas sebenarnya juga bisa terbuat dari limbah, yaitu tepatnya limbah kotoran.


Kotoran yang pada dasarnya adalah sebuah produk buangan dari saluran pencernaan yang dikeluarkan melalui anus atau kloaka, nyatanya selain bisa menjadi pupuk, kotoran bisa menjadi energi alternatif yang dapat menjadikan ia energi gas. Nah lebih jelasnya agar Anda semua mengerti, maka coba Anda simak artikel ini, yang mana di artikel ini telah membahas tentang energi alternatif yang memanfaatkan gas dari limbah kotoran.


Informasi Lengkap Mengenai Energi Alternatif yang Memanfaatkan Gas dari Kotoran

Nah pada dasarnya energi alternatif yang bisa memanfaatkan gas dari kotoran itu dinamakan sebagai biogas. Nah apa itu biogas? Biogas adalah energi terbaru yang berasal dari penguraian sampah organik, yang mana itu termasuk sampah organik, seperti dari kotoran hewan dan sisa makanan. Biogas sendiri dinilai sebagai bahan bakar pengganti bahan bakar fosil yang lebih murah, tetapi juga lebih ramah lingkungan, dan pastinya sangat mudah dikontrol.


Nah kotoran yang didapat berasal dari Sapi, salah satu binatang ternak yang diternakan hampir di seluruh dunia, dikarenakan daging sapi merupakan komoditas perdagangan yang tidak akan pernah mati, karena merupakan salah satu bahan makanan yang popular bagi manusia. Jadi dengan begitu maka tanpa disadari, peternakan sapi juga menghasilkan limbah kotoran sapi yang cukup banyak setiap harinya. Nah kotoran tersebut nantinya akan selalu bertambah, yang mana jika dibuang ke lingkungan akan memberikan efek buruk bagi lingkungan.


Sehingga dengan begitu, maka penggunaan kotoran sapi sebagai sumber biogas adalah hal yang paling bijaksana selain dijadikan sebagai pupuk. Hal itu karena kotoran sapi yang dianggap sebagai sampah bisa berubah menjadi energi yang bermanfaat bagi manusia. Hal itu tentunya sejalan dari penjelasan yang menjelaskan bahwa produksi biogas di peternakan juga dapat mengurangi bau, serangga, dan patogen yang datang dari timbunan kotoran sapi. Selain itu, biogas juga bisa menghasilkan nilai ekonomis karena merupakan pengganti bahan bakar fosil seperti gas alam yang sebenarnya.


Produksi Biogas dari Limbah Kotoran

Biogas sebagai gas alternatif dari kotoran sapi dapat diproduksi dengan cara fermentasi anaerob, yaitu kotoran sapi yang sudah dikumpulkan akan dimasukkan ke dalam sebuah tempat, yaitu tempat yang memang tidak dilengkapi dengan oksigen dan akan dibiarkan begitu saja selama beberapa waktu. Nah secara alamiah kotoran tersebut akan muncul bakteri anaerob yang memecah molekul organik kotoran sapi menjadi kumpulan gas metana, karbon dioksida, dan sedikit karbon monoksida, nitrogen, juga hidrogen.


Kemudian dari kandungan metana biogas akan berkisar di tingkat 50 persen hingga 70 persen, yang mana itu bisa membuatnya mudah terbakar dan menghasilkan nyala api berwarna biru tua. Hal tersebut tentunya bisa membuat biogas bisa menggantikan peran bahan bakar fosil dalam kehidupan manusia. Selain kotoran sapi, nyatanya limbah bahan organik lainnya jika dibiarkan di lingkungan juga dapat melepaskan gas metana, yaitu gas yang akan dibakar sebagai sumber energi, dan pembakarannya akan melepaskan karbon dioksida.


Jadi itulah segalanya yang perlu Anda ketahui mengenai energi alternatif yang memanfaatkan gas dari limbah kotoran. Semoga jadi manfaat untuk Anda semua, terutama penambah wawasan bagi Anda semua terkait dengan energi alternatif yang bisa memanfaatkan gas dari limbah kotoran. Pengolahan limbah pada dasarnya bisa dilakukan menggunakan pompa celup, jadi rekomendasi terbaik dan berkualitas pompa celup adalah Tsurumi yang ada di IndahJaya.com


bottom of page