top of page

EOT Crane: Pengertian, Fungsi, dan Keamanannya di Pabrik dan Gudang



Alat kerja memiliki banyak jenis dan ragamnya, yang mana itu dapat menyesuaikan pekerjaan yang ingin dilakukan. Seperti salah satunya ada pada crane, pesawat pengangkat dan pemindah material yang banyak digunakan. Crane juga adalah mesin alat berat atau heavy equipment yang memiliki bentuk dan kemampuan angkat besar dan mampu berputar hingga 360 derajat, yakni dengan jangkauan bisa mencapai hingga puluhan meter.


Biasanya crane digunakan dalam pekerjaan proyek, pelabuhan, perbengkelan, industri, pergudangan, dan lain sebagainya, yang mana itu semua bisa dilakukan oleh beberapa jenis crane yang ada. Nah salah satunya ada pada jenis EOT, yaitu salah satu jenis crane yang akan kami perkenalkan lebih dalam lagi kepada Anda semua, baik itu fungsi dan keamanannya di pabrik atau bahkan gudang, serta lain sebagainya yang penting.


Informasi Lengkap Mengenai EOT Crane yang Perlu Anda Semua Ketahui


EOT (Electric Overhead Travelling), merupakan overhead crane yang dapat digerakkan dengan tenaga elektronik. Nah karena satu jenis dengan overhead crane, maka EOT adalah crane yang sesuai untuk industri, begitu juga pada pabrik dan gudang besar. EOT Crane memiliki empat jenis yang berbeda, seperti ada girder tunggal, jembatan girder ganda, gantry dan monorel. Nah masing-masing jenisnya sangat terspesialisasi.


Untuk jenis crane girder ganda belum tentu lebih tahan lama daripada girder tunggal. Itu karena mereka sebenarnya sama kuat dan tahan lama. Tetapi girder tunggal dibuat dengan girder yang jauh lebih kuat. Kemudian double girder mempunyai tinggi pengangkatan yang lebih baik, semenatara girder tunggal lebih mudah dan lebih murah untuk dipasang. Namun dari semua itu, keunggulan dari EOT Crane jelas adalah kemampuan untuk mengangkat dan memindahkan beban berat dalam area yang luas dengan efisien dan mudah.


Keamanan Pada EOT Crane

Dibandingkan dengan crane jenis lainnya, EOT Crane memiliki kelebihan dalam hal kemampuan dan kekuatan angkat, serta jangkauan gerakan yang lebih luas. EOT Crane juga dapat dioperasikan dari jarak jauh, sehingga mengurangi risiko kecelakaan kerja. Kesimpulannya, EOT Crane adalah solusi yang efektif dan efisien dalam mengangkat dan memindahkan beban berat dalam industri, begitu juga pada pabrik dan gudang besar. Jadi jelas, dengan penggunaan EOT Crane yang tepat, dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan kerja, serta memastikan suksesnya proyek konstruksi dan manufaktur di gudang atau pabrik.


Fungsi dari EOT Crane

  • Layaknya crane lain, EOT Crane bisa digunakan dalam mengangkut beban berat, sehingga dengan begitu EOT Crane pastinya bisa digunakan untuk pekerjaan pabrik atau gudang yang memang berkaitan dengan pekerjaan berat, layaknya produksi kendaraan berat, proyek, hingga sebagainya dengan bobot berat.

  • EOT Crane bisa digunakan secara praktis, itu karena adanya struktur dari crane tersebut yang memang cukup sederhana dan mudah dimengerti banyak orang.

  • EOT Crane berfungsi meminimalkan proses pengeluaran pada pabrik atau gudang, itu karena EOT Crane memiliki biaya operasional dan juga biaya perawatan yang cukup murah dan terjangkau.

  • Dengan memiliki kekuatan lifting yang jauh diatas rata-rata, maka EOT Crane pun bisa digunakan di banyak sektor, yakni dengan pengoperasian secara elektrik ataupun bisa juga dengan cara manual.


Itulah segalanya yang perlu Anda semua ketahui dari EOT Crane, baik itu pengertian, fungsi, hingga keamanannya yang memang terbaik dan tepat di pabrik dan gudang. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Jika Anda ingin memiliki crane ataupun hoist, maka yang berkualitas terbaik dari kami ada pada Elephant Hoist and Crane. Untuk mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut mengenai Elephant Hoist and Crane, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


bottom of page