top of page

Analisis Faktor Keselamatan pada Operasional Hoist



Ada banyak sesuatu yang berharga dalam hidup ini, baik harta kekayaan, kesehatan, hingga yang paling utama bagi semua makhluk hidup adalah kehidupan. Dengan pentingnya hidup, membuat banyak orang rela melakukan apapun agar mereka bisa hidup panjang, seperti dengan antisipasi terhadap kesehatan, bahkan berusaha sembuh dari segala penyakit. Kemudian tidak jarang juga orang-orang akan menghindari faktor yang memang berbahaya.


Faktor berbahaya yang dimaksud adalah faktor pemicu terjadinya kematian, mulai dari dalam atau luar seperti kecelakaan. Nah adapun kecelakaan terjadi bisa ada pada kesengajaan atau ketidaksengajaan yang memang bisa terjadi di banyak tempat, seperti yang sering yaitu pada tempat kerja. Umumnya kecelakaan di tempat kerja itu adalah kecelakaan yang memang pekerjaannya menggunakan alat berbahaya, layaknya crane dan juga hoist.


Sebuah Analisis Mengenai Faktor Keselamatan Kerja pada Operasional Hoist


Hoist merupakan alat atau pesawat pengangkat yang berguna untuk mengangkat dan menurunkan beban secara vertikal atau tegak lurus. Dengan peranannya tersebut, hoist sering diandalkan di banyak tempat pekerjaan, baik itu proyek, industri, pabrik, dan sebagainya. Ini memang benar adanya, karena memang hoist dapat membuat proses produksi hingga pekerjaan berat akan terasa lebih cepat, efektif, serta efisien atau praktis yang memang menguntungkan banyak pihak.


Namun penggunaan hoist di banyak tempat kerja bisa jadi bumerang bagi para pekerja atau di tempat kerja tersebut. Ini terjadi dari adanya penggunaan hoist yang salah, bisa juga instalasi hoist yang tidak tepat, atau memang faktor lainnya yang dapat membuat potensi kecelakaan hoist. Alhasil kecelakaan hoist akan menimbulkan banyak kerugian bagi perusahaan, bahkan bagi para pekerja serta orang-orang sekitar hoist tersebut. Melihat bahayanya tersebut, maka tidak heran faktor keselamatan hoist menjadi dasar penting ketika hoist hendak digunakan atau dioperasikan.


Hoist adalah alat pengangkat atau alat menurunkan barang yang kapasitas alat tersebut terbilang berat, mulai dari puluhan kg hingga puluhan ton. Itu bisa dilakukannya karena ia beroperasi dan dikerjakan oleh manusia dengan menggunakan alat remot. Pada beberapa pergudangan, hoist bisa bekerja diatas kepala para pekerja. Nah maka dari itu hal seperti inilah yang kemungkinan dapat menyebabkan bencana kecelakaan dalam bekerja. Tentu bekerja pada tempat seperti tersebut haruslah sangat hati-hati, yang mana para pekerja haruslah sangat teliti dalam bekerja serta pengusaha juga harus sangat memperhatikan para pekerjanya.


Dampak Tidak Adanya Faktor Keselamatan pada Operasional Hoist

Dengan memperhatikan keselamatan serta dampak buruk lainnya, maka para perusahaan dan juga pengusaha harus menggunakan hoist yang sudah berkualitas, karena apabila tidak maka taruhannya adalah nyawa atau kerugian buruk lainnya. Hoist yang tidak memiliki kualitas terbaik sangatlah berbahaya dalam penggunaan. Seperti kemungkinan yang terjadi yaitu rantai atau wire rope nya akan sangat mudah putus, sistem brakenya akan bermasalah, dan lainnya.


Nah contohnya jika rantai atau mungkin wire rope nya dapat putus sewaktu-waktu, maka sudah dapat dipastikan barang yang diangkut tersebut akan terjatuh. Lalu barang yang jatuh inilah yang akan menimpa para pekerja dan kemungkinan yang terjadi dapat membuat nyawa pekerja tersebut melayang. Maka dari itu hoist haruslah memiliki kualitas yang bagus dengan dilengkapi sistem keamanan, mulai dari rem, atau sudah layak uji sebelumnya. Itu juga harus diikuti oleh pekerja dan tempat kerja yang juga mendukung dalam menciptakan keselamatan dalam bekerja.


Itulah sebuah analisis faktor keselamatan pada operasional hoist yang memang penting adanya untuk diperhatikan. Sekian artikel dari kami pada kesempatan ini, semoga jadi manfaat bagi semuanya. Bilamana Anda ingin memiliki hoist terbaik berkualitas serta aman, maka pilihan rekomendasi kami adalah Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page