Faktor Penyebab Genset Diesel 5000 Watt Sering Rusak


Faktor Penyebab Genset Diesel 5000 Watt Sering Rusak

Genset diesel 5000 watt sering dijadikan sebagai sumber cadangan listrik alternatif yang sangat penting. Apabila sumber listrik utama bermasalah, maka genset berperan sebagai cadangan listrik dalam keadaan darurat.


Pengoperasian genset juga kerap menghadapi kendala yang rumit. Masalah umum yang sering menyebabkan genset diesel tidak berfungsi dengan baik salah satunya adalah karena penggunaannya yang berlebihan.


Meskipun cara pengoperasian genset mudah, namun Anda tetap perlu memerhatikan beberapa hal agar mesin genset tidak mudah rusak. Terdapat beberapa faktor penyebab genset sering rusak. Di antaranya akan dibahas dalam ulasan berikut ini.


Penyebab Genset Diesel 5000 Watt Sering Rusak


Jika Anda ingin mesin genset tidak sering rusak alias mengalami kendala, maka perhatikanlah beberapa hal berikut ini. Sebab bukan tidak mungkin genset menjadi tidak berfungsi karena hal-hal yang sering dianggap sepele.


1. Genset Jarang Dipanaskan


Penyebab genset diesel 5000 watt sering rusak yang pertama adalah karena jarang dipanaskan. Pemanasan genset secara rutin minimal seminggu sekali akan membuatnya lebih awet. Proses pemanasan genset sangat penting untuk menjaga kualitas aki.


2. Penempatan Genset yang Buruk


Genset yang diletakkan di sembarang tempat juga akan berpengaruh pada keawetan mesinnya. Jika terkena sinar matahari dan air hujan, risiko kerusakan genset akan lebih besar. Genset jadi rentan berkarat dan komponennya akan cepat rapuh serta kehilangan fungsinya.


3. Aki Genset Lemah


Penyebab genset diesel 5000 watt sering rusak yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah karena kondisi akinya lemah. Aki yang lemah membuat genset sulit dinyalakan. Lantaran busi genset akan gagal melakukan pembakaran pada komponen mesin.


4. Ada Bagian yang Tersumbat


Ketika genset tiba-tiba mati, penyebab yang paling umum adalah karena lubang ventilasi bahan bakar yang tersumbat. Maka dari itu Anda perlu membersihkan bagian-bagian genset yang tersumbat agar genset berfungsi dengan baik.


5. Digunakan Secara Berlebihan


Waktu penggunaan genset yang berlebihan juga akan menyebabkan cepat rusak. Ketahui durasi operasional genset sebelum membelinya. Kemudian jangan sampai Anda menggunakan genset melebihi batas waktu yang ditentukan.


6. Kelebihan Arus Listrik


Jika arus listrik yang mengalir dari genset ke bangunan terlalu besar, maka bisa berakibat kerusakan. Karena genset bekerja lebih keras dan menyebabkan dampak pada gangguan arus listrik berlebihan.


7. Bahan Bakar Habis


Menggunakan genset diesel 5000 watt ketika dalam kondisi bahan bakarnya habis adalah sebuah kesalahan besar. Penggunaan genset saat bahan bakar habis akan membuat komponennya cepat aus. Maka dari itu selalu sediakan bahan bakar cadangan.


8. Ketidakseimbangan pada Beban


Sering didapati genset yang tiba-tiba mati sendiri. Hal ini ternyata disebabkan oleh ketidakseimbangan beban yang diterima mesin genset. Penyebabnya bisa terjadi karena kebocoran pada bagian generator yang menimbulkan hubungan singkat dengan penghantar ke tanah.


9. Perawatan Tidak Maksimal


Genset diesel 5000 watt akan sering rusak jika tidak dirawat secara maksimal. Tangki yang tidak rutin diperiksa akan menyebabkan keterlambatan pasokan bahan bakar. Selain itu kelonggaran pada komponen tertentu bisa memengaruhi kinerja mesin.


10. Mesin Terlalu Panas


Penyebab genset sering rusak selanjutnya adalah karena mesin dalam kondisi terlalu panas. Pemicunya bisa karena terjadi pembakaran dan gesekan material. Bisa juga karena disebabkan sistem pendingin dan pelumasan tidak berfungsi optimal.


Itulah faktor penyebab sering rusaknya genset Anda. Pengaruh hal-hal tersebut sangat besar bagi keawetan genset Anda. Maka dari itu pengetahuan tentang generator set penting diketahui agar genset diesel 5000 watt tetap berfungsi.