top of page

Fitur dan Keunggulan dari Mesin Pengeboran Kolom yang Wajib Untuk Anda Ketahui



Sebelum terbentuknya konstruksi, baik itu kecil, sedang dan besar, tentu akan melibatkan suatu proses yang panjang. Nah adapun proses pembangunan juga melibatkan bidang yang harus sesuai, ini seperti diameter lubang untuk penempatan bagian lainnya, yakni layaknya menempatkan paku atau bagian yang dibutuhkan. Lantas bagaimana bisa membuat lubang dengan diameter tepat serta presisi? Jelas itu adalah dengan menggunakan mesin bor.


Mesin bor merupakan mesin yang digunakan untuk membuat lubang atau memperbesar lubang pada suatu bidang. Lubang yang dibuat, dapat digunakan untuk kepentingan sambungan atau pemasangan partisi lainnya. Mesin bor juga memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan pengerjaan yang dibutuhkan, seperti pengeboran kolom yang bisa mengandalkan mesin pengeboran kolom. Adapun fungsi serta keunggulannya, Anda bisa simak di bawah ini!

Mengenal Mesin Pengeboran Kolom dari Fitur serta Keunggulannya yang Perlu Diketahui

Apa itu mesin bor kolom? Nah mesin bor kolom sebenarnya lebih dikenal sebagai mesin bor vertikal, ini karena kolom umumnya berdiri tegak, sehingga dengan begitu mesin bor kolom bisa juga dikenal sebagai mesin bor duduk. Jenis mesin bor kolom memang adalah mesin yang didesain khusus untuk pengeboran lubang yang kecil dan membutuhkan kecepatan tinggi. Perlu diingat, jika semakin kecil mata bor yang digunakan maka semakin tinggi juga kecepatan putaran mesin bor tersebut.


Kemudian alas pada mesin bor ini akan diikat dengan mur dan baut pada meja atau lantai, yang kemudiannya mesin bor ini dapat mengebor sampai diameter 15,5 mm. Nah gerak pemakanan bor kolom bisa dilakukan secara manual atau dengan tangan. Akan tetapi operator bisa merasakan getaran yang terjadi pada saat pengeboran dilakukan oleh mesin bor ini. Sehingga dengan begitu maka tidak heran adanya jika mesin bor ini juga bisa diberi nama sebagai mesin bor sensitif (sensitive drilling machine).


Mesin bor satu ini juga merupakan salah satu perkakas yang sudah dianggap terpenting dalam perbengkelan, ini karena memang fungsinya yang bisa membuat sebuah lubang. Adapun prinsip kerjanya adalah dengan bisa menggenggam mata bor, mengikis memutar untuk menghasilkan lubang pada benda kerja. Kinerja mesin bor kolom akan memakai daya motor listrik yang kemudian ditransmisikan dengan memakai hubungan puli dan sabuk, kemudian daya biasanya akan diteruskan ke dalam mata mesin bor tersebut.

Inilah Fitur dan Keunggulan dari Mesin Pengeboran Kolom

Keunggulan dari mesin bor kolom adalah dapat digunakan untuk mengebor lubang kecil pada tugas yang lebih ringan atau workpiece, itu karena mesin ini dilengkapi dengan fitur kecepatan yang sangat tinggi. Mesin bor kolom juga biasanya akan memberikan keunggulan berupa rasio kecepatan tak terbatas. Meskipun tidak terlalu memiliki pergerakan besar, mesin bor satu ini tidak bisa dipegang dengan tangan, sehingga diperlukan kehati-hatian saat hendak menggunakannya.


Karena prinsip kerjanya, maka mesin bor kolom memiliki keunikan yang biasanya bisa dipasang di meja kerja. Akan tetapi mesin bor ini juga dapat dipasang di lantai, yakni dengan menggunakan baut dan mur yang sesuai. Mesin bor ini memiliki suatu fitur yang memang dapat memudahkan operator untuk merasakan mudahnya mengebor ke dalam work piece. Yakni seperti yang sudah disampaikan, mereka dapat mengebor lubang kecil sekitar 0,035 mm dan dapat menangani lubang yang lebih besar dengan diameter hingga mencapai 15,5 mm.


Jadi itulah fitur dan keunggulan dari mesin pengeboran kolom yang wajib Anda ketahui. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Untuk perkakas yang bisa diandalkan, maka yang terbaik dan berkualitas ada pada perkakas dari Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page