top of page

Fitur Keamanan pada Selang Industri: Apa yang Harus Diketahui?



Pada beberapa pekerjaan, tentu ada beberapa yang membutuhkan peralatan bantu untuk menunjang pekerjaan, seperti perkakas, mesin, bahkan lain sebagainya yang disesuaikan dengan pekerjaan khususnya. Tentu dari hampir semua peralatan yang dibutuhkan membutuhkan fitur keamanan, karena kecelakaan dalam kerja dengan alat yang bersangkutan bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja.


Faktanya, fitur keselamatan memang sudah menjadi fitur wajib yang memang diharuskan disertakan pada alat atau benda demi menjaga keselamatan para penggunanya, tidak terkecuali juga dengan selang industri. Selang industri ternyata bukan sekedar selang tanpa dilengkapi dengan fitur keselamatan, melainkan ia memiliki fitur keselamatan yang bisa Anda ketahui dengan menyimak artikel ini selengkapnya!


Inilah Fitur Keselamatan pada Selang Industri yang Perlu Anda Ketahui Semuanya


Adanya fitur keselamatan pada beberapa selang industri tentu bisa memberikan keselamatan bagi para penggunanya. Namun adanya fitur keselamatan pada selang industri pun sebenarnya bisa menjadi faktor penting pada selang industri tersebut, yang mana adanya fitur keselamatan bisa membuat banyak orang beralih ke produk selang tersebut. Hal itu karena mereka yakin pemilihan selang tersebut, dikarenakan adanya fitur keselamatan yang diperuntukan bagi mereka yang menggunakannya.


PTFE

Fitur keselamatan pada selang industri, tentunya ada pada bahan PTFE. Jadi dengan bahan PTFE, maka selang akan terbuat dari bahan teflon atau politetrafluoroetilena (PTFE). Alhasil selang tersebut memiliki fitur keselamatan, yakni dapat tahan terhadap kondisi abrasi, bahan kimia, hingga cuaca ekstrem dalam lingkungan kerja, sehingga dengan begitu penggunaannya bisa ama. Kemudian selang jenis satu ini pun memiliki tingkat koefisien dengan gesekan rendah, ramah lingkungan, yakni cocok untuk cuaca dingin maupun panas, dan tahan lama.


Kawat Stainless Steel

Kemudian ada fitur keselamatan selang, yakni dari adanya kawat stainless steel yang terdapat pada beberapa selang industri. Selang dengan fitur ini akan membuat selang bisa digunakan pada aplikasi tekanan tinggi, hingga juga aman terhadap suhu ekstrim sekalipun. Kemudian adanya kawat pada selang akan membuat selang industri tersebut cukup kuat, yakni tidak mudah bengkok atau lepas dengan sendirinya saat pemakaiannya.


Klem

Klem adalah pengikat selang atau hose band. Dalam hal ini ia merupakan jenis pengikat yang berperan menjaga sambungan agar tidak mudah terlepas. Fitur keselamatan selang ini nyatanya adalah alat yang multifungsi. Klem ternyata dapat digunakan untuk selang pada kebutuhan rumah tangga seperti selang gas, selang pipa, dan masih banyak lainnya. Selain itu, penggunaan komponen itu juga merebak pada sektor pabrik industri, pelabuhan, hingga pada aplikasi otomotif.


Untuk selang bertekanan tinggi terutama penggunaan selang dengan berukuran besar, maka umumnya clamp sulit untuk dapat menahan tekanan selang. Jadi dengan begitu, maka untuk selang bertekanan tinggi ini, biasanya kerap membutuhkan komponen fitting kompresi dan juga bisa fitting crimp bold.


Segel Karet

Segel karet merupakan komponen yang letaknya dekat dengan ujung connector selang industri. Tentunya dengan struktur segel karet di bawah bagian konektor itu akan menekan bagian keliling luar meski keadaan selang tidak fleksibel lagi dan mengeras. Segel karet pun akan tetap menekan sehingga mencegah kebocoran cairan dan terlepasnya selang.


Jadi itulah beberapa fitur keselamatan yang ada pada selang industri yang bisa Anda ketahui. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi semuanya. Jika Anda tertarik dengan selang, maka kami rekomendasikan yang terbaik dan berkualitas dari Toyox. Mengenai selang Toyox, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page