Infomasi Tentang Apa Itu Flywheel dalam Genset dan Fungsinya Untuk Apa



Ketika terjadi pemadaman listrik atau tidak adanya pasokan listrik dari PLN, maka Genset adalah salah satunya yang utama sebagai alat untuk pembangkit listrik. Tentunya itu bisa terjadi karena memang Genset memiliki pengoperasian yang terdiri dari beberapa komponen, yang mana hampir semua cukup mirip dengan yang ada pada mesin kendaraan.


Melalui artikel kami pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan kepada anda sebuah komponen pada mesin Genset yang perlu diketahui, yaitu komponen tersebut bernama Flywheel. Nah apa itu Flywheel pada Genset dan apa saja fungsi serta kegunaannya, semua itu akan kami jelaskan kepada anda di artikel ini. Maka dari itu, silahkan simak artikel ini selengkapnya!


Apa Itu Flywheel di Genset?

Flywheel di Indonesia lebih dikenal sebagai roda gila, yaitu sebuah roda yang memang dipergunakan untuk meredam perubahan kecepatan putaran dengan cara memanfaatkan kelambanan putaran. Nah dengan sifat kelambanannya ini, maka roda gila dapat menyimpan energi mekanik untuk waktu singkat, sehingga roda gila pada dasarnya akan dipergunakan untuk membuat torsi yang dihasilkan oleh motor bakar menjadi lebih stabil.

Inilah Fungsi dari Flywheel Pada Genset


Sebagai Pemutaran Mesin Bersamaan dengan Starter

Flywheel akan terjadi beberapa proses inisiasi kinerja, yang mana itu ketika mesin di starter atau dinyalakan. Nah jalannya mesin atau waktu pertama mesin dapat dioperasikan adalah ketika starter dinyalakan, sehingga dengan begitu maka hal tersebut pada dasarnya berlaku untuk seluruh mesin, baik kendaraan maupun Genset.


Dengan penggunaan bahan bakar yang dimulai ketika starter ini dinyalakan, maka hal tersebut dapat menunjukkan adanya proses pembakaran ketika mesin menyala. Proses pembakaran tersebut pastinya menghasilkan gerakan pemutaran pada mesin. Lalu pada bagian Flywheel akan menjadi lokasi pertama pemutaran mesin, dimana proses tersebut terjadi bersamaan dengan dinyalakannya starter.


Tentunya pada pemutaran mesin tersebut dapat terjadi karena bagian tepi roda gila memiliki ring gear yang berkait dengan pinion gear starter. Nah keduanya itu saling terhubung, sehingga ketika starter dinyalakan, maka ring gear tersebut akan memutar mesin sehingga proses pembakaran pun bisa dimulai. Setelah proses tersebut, maka mesin menjadi hidup dan menghasilkan daya putar.


Dapat Menyimpan Tenaga Mekanik

Tentunya Flywheel akan bertugas untuk menyeimbangkan tenaga mekanik dengan menyimpannya. Saat dinyalakan, maka mesin akan menggunakan energi kimia dalam jumlah besar, yang mana itu disebut sebagai perubahan energi dari energi kimia menjadi energi mekanis. Nah perubahan energi inilah yang dapat terjadi akibat Flywheel yang mampu menghasilkan daya putar mesin. Sehingga dengan begitu, maka fungsi Flywheel atau roda gila akan mempengaruhi gerak piston-piston di dalamnya, yang kemudian terjadi juga perubahan mesin yang sangat masif (Dibantu dengan suplai energi yang terus menerus selama mesin dinyalakan).


Daya putar ini akan membuat poros engkol berputar juga, tetapi itu dalam kondisi yang baik, karena poros engkol dapat berputar secara stabil. Perputaran poros engkol secara stabil didapatkan dari energi yang berasal dari piston-piston secara bergantian. Lalu selama mesin menyala, piston-piston tersebut akan menghasilkan energi mekanik dalam langkah kerjanya. Jadi kesimpulannya, roda gila memiliki kemampuan menahan suplai energi pada poros engkolnya sehingga tidak terjadi kelebihan tenaga, ditambah poros engkol mesin dapat tetap berputar dengan stabil.


Membuat Putaran Mesin Genset Menjadi Stabil

Mesin Genset membutuhkan inhibitor daya putar, karena sering kali suplai energi mekanik dari piston berlebihan. Akibatnya mesin butuh penyesuaian agar perputarannya tetap stabil, sehingga peran Flywheel sangat dibutuhkan untuk itu.


Tentunya kestabilan daya putar mesin dipengaruhi oleh kondisi Flywheel, yang mana jika semakin baik kondisinya maka akan semakin maksimal juga kinerjanya. Flywheel juga akan membantu putaran mesin menjadi stabil, dimana ia bisa menghambat suplai energi mekanik atau menyalurkan energi putar dari piston ke mesin.


Jadi itulah artikel bermanfaat kami kepada anda semua yang bisa berguna untuk mengenal komponen pada Genset, Flywheel. Nah bilamana anda tertarik dengan Genset, maka yang terbaik dan berkualitas adalah Tenka. Mengenai produk Genset Tenka, anda bisa ketahui lebih lanjut tentang Genset Tenka di IndahJaya.com