Fungsi dan Jenis serta Bagian Gantry Crane Secara Umum


. Fungsi dan Jenis serta Bagian Gantry Crane Secara Umum.jpg

Gantry crane merupakan hoist yang bergerak di atas rel khusus dengan menggunakan empat kaki dengan roda. Kedua kakinya disambungkan pada sebuah balok. Pengunaannya dapat di dalam ruangan ataupun di luar ruangan.


Alat ini dapat dioperasikan menggunakan remote control dijalankan oleh seorang operator. Penggunaannya sendiri pada awalnya terbatas di pelabuhan untuk membongkar muatan kapal berupa container ataupun peti kemas.

Namun, seiring berkembangnya zaman, alat ini tidak hanya digunakan pada pelabuhan saja. Alat ini telah banyak digunakan di lokasi kontruksi atau lokasi usaha dengan kapasitas ruang terbuka atau tertutup yang luas.


Fungsi dan Jenis Gantry Crane


Fungsi utamanya tentu saja untuk mengangkat dan memindahkan benda berat dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya pada perkapalan, dapat memindahkan container dengan ukuran raksasa ke tempat lain.


Pengunaannya adalah dengan mengaitkan benda yang akan dipindah pada hook letaknya di mesin hoist. Lalu bagian bawah atau kaki gantry akan berpindah melalui jalur rel yang dipasang.


Jenis gantry crane yang dapat dijumpai secara umum terdapat dua jenis. Jenis pertama adalah gantry dan semi gantry. Kedua jenis ini secara garis besar memiliki fungsi yang hampir mirip.


Namun, perbedaan yang sangat jelas terlihat dari kedua benda ini adalah pada bagian kakinya. Semi gantry grane memiliki dua kaki beroda serta satunya lagi menempel pada dinding bersejajar dengan girder.


Jenis gantry crane pertama digunakan di luar ruangan karena bergerak pada rel khusus yang terpasang di tanah. Ini bisa digunakan dalam ruangan jika ruangan tersebut memiliki area besar dan luas untuk pemasangan alat.


Terdiri dari dua tipe girder. Girder merupakan salah-satu bagian dari alat berat ini. Adapun jenis girder yakni single girder dan double girder. Komponen ini dipasang pada kedua sisi cantilever atau sisi penopang.


Sedangkan, jenis yang kedua memerlukan satu dukungan lengan yang penggunaannya bisa di dalam maupun luar ruangan. Satu kakinya terpasang pada dinding sejajar grider. Penggunaan rel dikombinasikan antara rel menempel di lantai dan rel elevated runway.


Berikut Ini Bagian Gantry Crane


Alat berat yang berfungsi untuk mengangkat berat ini disusun dengan bagian atau komponen yang mendukung penyusunannya. Bagian tersebut terdiri dari hoist, girder, bagian kaki dan ruang kontrol.


Bagian pertama gantry crane adalah Hoist. Hoist ini lah yang fungsinya mengangkat beban. Dilengkapi dengan sebuah hook yang dapat mengaitkannya dengan beban. Pergerakan hoist dapat horizontal, sedangkan Hook bergerak kea rah vertical.


Kedua adalah Girder. Girder adalah tempat dipasanganya komponen Hoist. Bagian ini terdiri dari dua balok tersusun berjajar dengan sisa ruang tengah. Sisa ruangan yang ada digunakan dalam memasang Hoist pada Girder.


Bagian gantry crane selanjutnya dinamakan kaki roda. Pada tiang penyangga disambungkan secara terpisah pada balok. Komponen balok ini terdiri dari roda. Tujuan pemasangan roda agar pergerakan alat dapat dengan mudah.


Bagian terakhir adalah ruang kontrol. Ruang kontrol atau biasa disebut juga dengan kabin kontrol. Bagian ini adalah inti dari alat berat ini. Ibaratnya adalah otak dari mesin. Pada bagian ini dijalankan oleh seorang operator, terdapat rangkaian tombol dengan fungsi yang berbeda.


Remote control dapat ditemukan di sisi kaki crane dengan fungsi untuk menggerakkan roda. Sebagian besar gantry dilengkapi dengan kendali roda yang ada di dalam ruang kontrol agar lebih memudahkan pengendaliannya.


Alat berat ini telah banyak digunakan untuk membantu berbagai pekerjaan manusia dalam memindahkan beban yang berat dari satu tempat ke tempat lain. Gantry crane bisa menjadi pilihan untuk memudahkan pekerjaan di pelabuhan atau lokasi kontruksi.