Inilah Kegunaan Serta Fungsi dari Lever Block yang Wajib Anda Ketahui



Lifting adalah suatu proses yang hampir banyak ditemukan di beberapa tempat, seperti pada proyek, industri, dan lain sebagainya yang memang pada dasarnya tidak bisa menggunakan tenaga manusia. Alat untuk lifting pun juga memiliki beberapa jenis yang bisa dicocokan pada suatu keadaan, seperti ada hoist dan crane yang tidak terpisahkan, hingga lever block yang pastinya cukup asing bagi anda.


Melalui artikel kami pada kesempatan kali ini, kami akan membantu anda dalam menjawab pertanyaan tentang apa itu lever block serta apa saja kegunaannya dan juga fungsinya. Maka dari itu bagi anda yang belum tahu atau bahkan tidak tahu sama sekali, maka artikel kami ini wajib anda simak selengkapnya agar anda bisa pahami tentang lever block. Oleh karena itu, langsung saja anda simak ulasan lengkapnya di bawah ini!


Mengenal Apa Itu Lever Block?

Lever block adalah salah satu alat lifting, yang tentunya jelas ia sangat penting untuk kebutuhan di berbagai tempat yang mengangkat beban berat dan memindahkannya. Nah jelasnya lagi, lever block adalah alat lifting portable yang dapat dioperasikan secara manual, dimana kegunaannya sama seperti alat lifting lainnya, yaitu untuk mengangkat, menurunkan dan bahkan bisa menarik beban yang berbobot besar.


Untuk fisiknya, lever block terbuat dari material baja stainless steel yang ternyata itu dapat tahan terhadap karat atau korosi. Itu memang benar, dikarenakan material yang digunakan memang sudah tahan terhadap air dan juga perubahan suhu yang terjadi di luar ruangan. Sehingga dengan begitu, maka lever block cocok sekali digunakan untuk pemindahan barang di luar ruangan atau bahkan bisa untuk dalam ruangan.


Perlu anda ketahui, bahwa terdapat 2 pengait (hook) pada sebuah lever block, yaitu ada di bagian atas lever block dan juga ada di bagian bawah lever block. Nah hook yang terletak pada bagian atas lever block memiliki fungsi untuk mengaitkan alat lever block pada penarik seperti crane. Sementara hook yang terletak pada ujung rantai atau kabel digunakan untuk mengaitkan kepada beban tertentu. Tambahan, lever block dilengkapi dengan double ratchet pawl yang berfungsi sebagai rem ganda, dimana jelasnya itu berfungsi untuk menyediakan rem cadangan jika rem utama mengalami kerusakan.


Fungsi dan Kegunaan dari Lever Block

Selain kegunaan dan fungsi umum dalam memindahkan beban berat, lever block juga memiliki fungsi dan kegunaan lain yang pastinya banyak orang tidak tahu. Lever block bisa disebut dalam istilah lain, yaitu manual lever hoist dan come along. Lalu dari segi bentuk, sebenarnya lever block cukup mirip dengan chain block, tetapi perbedaannya yaitu lebih fleksibel dari segi fungsinya.


Nah lever block juga bisa digunakan untuk menarik beban secara horizontal, dimana hal tersebut sayangnya tidak bisa dilakukan dengan chain hoist. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika anda ingin menggunakan lever block untuk menarik beban secara horizontal. Tidak seperti chain block yang menggunakan hand chain, lever block sebenarnya cenderung menggunakan tenaga pengguna untuk dapat menarik benda, jadi tidak sepenuhnya itu dari kekuatan alat tersebut.


Itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai lever block, baik itu pemahamannya hingga fungsi serta kegunaannya. Mengetahui lever block, pastinya akan membuat anda semakin tertarik dalam mengandalkan alat untuk proses lifting. Nah jika memang demikian, maka anda bisa mempunyai alat lifting terbaik dari Elephant Crane and Hoist, dimana itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Sekian dari kami, kiranya artikel dari kami ini bisa bermanfaat bagi anda dalam mengetahui dan juga mengenal lever block. Tentunya yang lain yang tidak tahu perlu juga tahu tentang lever block, dimana itu bisa terwujud dengan cara anda share artikel ini kepada yang lainnya, baik itu menggunakan media sosial ataupun media yang ada dan tersedia saat ini.