top of page

Yuk Simak Fungsi dari Pompa Axial dan Penggunaannya



Tentunya sudah banyak yang mengetahui apa itu pompa air, yang mana ia adalah pompa yang berguna untuk memindahkan fluida atau cairan ke suatu titik tertentu yang pastinya itu dengan tekanan yang berbeda. Nah pompa sendiri bukan hanya ada 1 jenis saja, melainkan ada beberapa seperti pompa celup yang bisa digunakan dalam air, hingga ada juga pompa axial.


Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan Anda salah satu jenis pompa yang bernama axial. Nah apa itu pompa axial dan bagaimana penggunaannya, semuanya itu bisa Anda ketahui di artikel ini. Oleh karena itu bagi Anda yang tidak tahu dan segera ingin tahu mengenai pompa axial secara lengkap, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Apa Itu Pompa Axial dan Fungsinya?

Pompa axial adalah salah satu jenis pompa air, yang mana pastinya memiliki ciri, fungsi dan kegunaan yang pastinya ada berbeda dari pompa air pada umumnya. Nah jelasnya, pompa aksial itu adalah salah satu jenis pompa air yang memang berfungsi untuk mengalirkan fluida dari potensial rendah ke potensial yang lebih tinggi. Namun itu dengan menggunakan gerak putaran dari blades/Impeller, sehingga itu akan memberikan arah aliran yang sejajar dengan sumbu porosnya. Jelasnya, pompa axial itu adalah pompa yang dapat mengalirkan fluida secara tegak lurus (axial).


Penggunaan Pompa Axial

Pompa ini bisa juga disebut sebagai pompa propeller dan tergolong ke dalam pompa sentrifugal. Hal itu karena ia memiliki prinsip kerja yang tidak jauh berbeda. Namun axial tentunya memang bisa mengalirkan fluida, yaitu dengan secara aksial alias tegak lurus yang umumnya itu menuju ke atas. Sebagai pompa axial, ia juga dapat digolongkan sebagai salah satu dari kinetik pump, dikarenakan adanya perpindahan fluida dari pompa tersebut yang tidak disebabkan oleh perpindahan dari alat-alat yang digerakkan oleh tenaga kinetis yang berasal dari tenaga penggerak tersebut.


Prinsip Kerja Pompa Axial

Pompa axial bisa menghasilkan sebagian besar tekanan dari propeller dan juga dari gaya lifting pada sudut terhadap fluida. Dengan kegunaannya tersebut, maka tidak heran jenis pompa ini akan banyak digunakan pada sistem drainase dan juga irigasi. Nah untuk prinsip kerjanya, pompa tersebut memiliki energi mekanik yang dihasilkan oleh sumber penggerak yang kemudian ditransmisikan melalui poros impeller untuk menggerakkan impeller pada pompa. Dari putaran impeller tersebut, maka pompa akan memberikan gaya aksial yang menggiring fluida dalam menghasilkan energi kinetik pada fluida kerja tersebut.


Nah untuk desain pompa ini, diketahui ada beberapa desain pompa aksial, yang mana itu biasanya akan terpasang pada sudu-sudu tetap (diam) yang membentuk diffuser pada sisi keluaran pompa axial. Jadi kesimpulannya, dari fungsinya dan juga sistem yang ada pada pompa tersebut, maka jelas pompa axial sangat cocok digunakan pada sistem irigasi, pompa penanggulangan banjir, dan juga berperan penting di pembangkit listrik tenaga uap yang bisa digunakan untuk mensuplai air laut sebagai media pendingin di kondensor.


Nah jadi itulah segalanya yang perlu Anda ketahui mengenai pompa axial, baik itu pemahamannya, fungsinya, hingga penggunaannya. Semoga artikel ini jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda tertarik dengan pompa yang juga tidak kalah dengan axial, maka rekomendasi kami yang terbaik dan berkualitas adalah pompa celup dari Tsurumi. Mengenai pompa celup Tsurumi, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Kommentare


bottom of page