Yuk Simak Apa Fungsi dan Kegunaan dari Relay yang Ada di Genset



Genset atau generator set adalah suatu mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik (generator) dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu. Nah dengan penggunaannya tersebut, kini Genset sudah menjadi solusi bagi banyak masyarakat, terutama ketika terjadi pemadaman listrik atau tidak adanya pasokan listrik.


Meski begitu, Genset sendiri tentunya juga mengandalkan tenaga listrik dalam menyalakan starter dan juga pada sistem kelistrikan yang ada pada Genset, dimana itu bisa didapatkan dari baterai atau Aki pada suatu Genset. Namun pada sistem kelistrikan Genset, tentunya disitu ada komponen penting yang bernama Relay, dimana itu akan kami jelaskan serta juga kegunaanya di bawah ini!


Apa Itu Relay Pada Genset?

Relay adalah suatu peranti yang menggunakan elektromagnet untuk mengoperasikan seperangkat kontak saklar, dimana susunan paling sederhananya terdiri dari kumparan kawat penghantar yang dililit pada inti besi. Jelasnya, relay itu merupakan bagian dari komponen listrik yang ada pada Genset, dimana komponen tersebut mempunyai 2 bagian yaitu ada kumparan dan juga poin.


Inilah Fungsi dan Kegunaan dari Relay yang Ada di Genset

Bukan hanya dikenal dapat berfungsi untuk mengendalikan dan mengalirkan listrik, Relay juga memiliki fungsi dan kegunaan sebagai berikut:

  • Relay dapat berguna untuk memperpanjang usia saklar yang ada pada Genset. Nah itu karena Relay pada Genset umumnya membutuhkan arus listrik yang besar, sehingga dengan begitu maka Relay bisa bekerja dengan baik. Perlu anda ketahui, arus listrik yang ada setelah pemasangan Relay tersebut nantinya akan mengalir melewati saklar,

  • Relay pada Genset bisa juga berguna untuk meminimalkan hambatan yang terjadi pada arus, dimana itu akan mempengaruhi kinerja komponen elektromagnetik pada suatu Genset.

  • Relay dapat menghasilkan gaya magnet, yang mana gaya magnet yang dihasilkan kumparan relay akan membuat terminal 30 dan 87 terhubung. Sehingga dengan begitu maka magnet pada kumparan relay akan menarik kontak poin. Nah tarikan itulah yang akan membuat kedua terminal tersebut terhubung secara otomatis.

  • Bisa melindungi saklar, Relay ternyata dapat berguna untuk melindungi saklar yang ada pada Genset. Maksudnya, Relay akan membuat saklar kombinasi di dalam Genset, sehingga dengan begitu bisa membuat Genset tidak mudah panas.

  • Relay yang ada pada Genset kenyataannya bisa membuat saklar kombinasi Genset menjadi lebih hemat, sehingga dengan begitu maka itu tidak cepat rusak saat terdapat aliran listrik yang besar.


Itulah apa itu Relay dan juga fungsi serta kegunaan Relay pada Genset. Tentunya menarik dan sangat bermanfaat jika anda memiliki Genset, oleh karena itu maka pastikan Genset anda adalah yang terbaik serta berkualitas. Nah Genset terbaik dan berkualitas rekomendasi dari kami adalah Genset Tenka, dimana itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Sekian sudah artikel bermanfaat dari kami, semoga anda yang membacanya dapat mengerti serta mengenal lebih dalam Relay yang ada pada Genset. Tentunya anda bisa bagikan artikel ini kepada yang lainnya, dimana itu agar yang lain dapat juga memahami Relay dan juga fungsi serta kegunaannya pada mesin Genset.