Simak Fungsi Foot Valve Tusen Klep Serta Apa Saja Kegunaannya



Dalam tiap alat, mesin, atau teknologi, pastinya masing-masing memiliki komponen, yang mana semuanya pastinya penting dan berguna dalam setiap penggunaannya. Contohnya saja seperti topik pada artikel ini, yaitu komponen pada mesin pompa yang bernama Foot Valve, atau tusen klep yang ada pada pipa hisap di mesin pompa air.


Tentunya sebagian besar dari anda pasti tidak tahu dan tidak mengenal apa itu Foot Valve, begitu juga dengan fungsi dan kegunaannya. Oleh karena itu melalui artikel kami pada kesempatan ini, kami akan jelaskan kepada anda apa itu Foot Valve beserta juga fungsi dan kegunaannya. Langsung saja kami persilahkan anda untuk simak artikel ini selengkapnya!

Apa Itu Foot Valve?

Foot valve atau bisa juga disebut sebagai tusen klep, adalah salah satu perangkat pemipaan atau komponen pada pipa yang pemasangannya dipasang di ujung pipa yang letaknya terendam dalam sumur atau bak penampungan. Lebih rinci nya, Foot Valve sendiri merupakan jenis check valve yang dipasang di bagian bawah garis hisap pipa, dimana umumnya dipakai untuk sumur dan juga sebagainya yang sama.


Check valve sendiri termasuk valve pompa sentrifugal tunggal yang murah, dan seiring dengan penggunaan Foot Valve di kedalaman sumur yang pemeriksaan dan perbaikannya tidak mudah dilakukan, maka sangat penting memilih Foot Valve berkualitas bagi keperluan anda. Untuk fisiknya, material Foot Valve umumnya akan terbuat dari PVC atau plastic dan perunggu, hal itu agar saat beroperasi Foot Valve bisa bekerja secara maksimal dan tidak terhambat dengan objek kecil.

Fungsi dan Kegunaan dari Foot Valve yang Perlu Anda Ketahui Semuanya

Berikut ini kami akan berikan beberapa fungsi dan kegunaan dari Foot Valve kepada anda semua, yang mana tentunya semua perlu anda ketahui.

  • Untuk menjaga agar jalur rentang pipa antara sumur dan pompa (jalur pipa hisap), tetap terisi dan dipenuhi oleh air.

  • Bisa berguna membuat pipa tidak berbunyi keras dan sering, hal itu lantaran adanya tekanan yang bisa padat sepenuhnya.

  • Foot Valve bisa membuka dan menutup serta menyesuaikan dengan kinerja yang diperlukan pada pompa.

  • Foot Valve atau tusen klep lebih berfungsi sebagai penahan aliran air yang telah berada pada pipa, dimana tujuannya agar tidak kembali turun ke bawah.

  • Membuat aliran yang terbawa, sehingga dapat terbuka dan bertumpu pada dudukannya sampai mesin berhenti menghisap.

  • Berguna sebagai penutupan otomatis, apabila terdapat mesin pompa air yang berhenti menghisap.

Jadi itulah beberapa fungsi dan kegunaan dari Foot Valve yang perlu anda ketahui, dan sebagai masukan kepada anda, anda perlu menghindari terjadi kebocoran pada Foot Valve atau tusen klep. Apabila sudah terjadi kebocoran, maka kebocoran tersebut dapat mengakibatkan ruang impeller menjadi kosong dan memerlukan pengisian secara manual. Dan ketika itu terjadi, maka anda harus memancing agar lebih cepat mencapai titik vakum di dalam ruang pipa hisap.


Melihat pemahaman diatas yang mana bersangkutan dengan pompa, maka anda pastinya tertarik untuk memiliki pompa. Nah bagi anda yang memang ingin memiliki pompa atau ingin menggantinya dengan yang berkualitas dan terbaik serta teruji dan berpengalaman, maka kami sarankan pompa celup dengan merk Tsurumi. Anda yang tertarik untuk memiliki pompa celup Tsurumi, maka anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Sekian artikel kami pada kesempatan kali ini, semoga bisa jadi manfaat bagi anda dalam pemahaman tentang komponen pada pompa, yaitu Foot Valve atau tusen klep. Bagi anda yang memang ingin berniat memperluas manfaat ini, maka kami sarankan share artikel ini kepada yang lainnya, baik menggunakan media sosial ataupun media yang lainnya.