top of page

Fungsi Gerinda Sudut Kecil: Mengapa Anda Membutuhkannya dalam Kotak Alat Anda?



Perkakas memiliki banyak kegunaan dalam menunjang pekerjaan setiap hari, yang mana itu bukan berarti ada pada 1 perkakas saja. Perkakas memiliki banyak jenis dan ragamnya, dimana tiap jenis perkakas memiliki kegunaannya tersendiri yang memang berguna. Dengan kegunaannya yang beragam pada semua jenis perkakas, maka Anda tentunya sudah seharusnya memiliki banyak perkakas yang harus ada di toolbox Anda.


Gerinda sudut kecil merupakan alat perkakas yang sering kali dilewatkan oleh banyak orang untuk dipunyai, padahal sebenarnya alat ini cukup berguna penting di hampir banyak pekerjaan yang ada. Nah oleh karena itu Anda sebenarnya harus memiliki gerinda ini dalam koleksi perkakas Anda yang ada di rumah atau tempat kerja, dikarenakan gerinda ini memiliki banyak fungsi. Apa fungsinya dan mengapa dibutuhkan? Anda bisa mengetahuinya di artikel ini!


Informasi Lengkap Mengenai Gerinda Sudut Kecil yang Ternyata Sangat Dibutuhkan


Mengenal Gerinda Sudut Kecil

Gerinda pada umumnya merupakan perkakas tangan yang dapat dipergunakan untuk memotong atau mengasah benda kerja dengan tujuan tertentu dengan bagian yang menghasilkan gerak putar roda gerinda dan gerakan pemakanan. Secara umum gerinda itu dapat diandalkan juga untuk memotong benda kerja yang tidak terlalu tebal, membentuk profil seperti sudut atau lengkungan pada benda kerja, menghaluskan dan meratakan permukaan benda kerja. Bahkan bisa untuk mengasah alat potong, menghaluskan atau menghilangkan sisi tajam pada benda kerja, hingga bisa menjadi proses jadi akhir (finishing) pada benda kerja.


Ada banyak jenis gerinda yang bisa dipilih atau digunakan sesuai dengan kebutuhan. Nah jenis tersebut antara lain ada gerinda permukaan yang dapat dipergunakan untuk memperoleh hasil permukaan yang datar. Lalu ada gerinda silindris yang dapat mengerjakan benda berbentuk silindris dan tirus, lalu bahkan ada juga gerinda duduk. Selain itu ada juga gerinda yang dipergunakan untuk sudut kecil, yakni gerinda yang bisa kita kenal sebagai gerinda sudut kecil atau gerinda tangan.


Mengapa Dibutuhkan dan Harus Ada dalam Kotak Perkakas Anda?

Gerinda tangan atau angle grinder bisa juga dianggap sebagai gerinda sudut kecil, merupakan mesin perkakas yang dapat dipergunakan untuk memotong, mengasah, atau menggerus benda kerja. Mesin ini bekerja dengan cara batu gerinda berputar bersentuhan dengan benda kerja sehingga terjadilah pemotongan, pengikisan, pengasahan dan penajaman. Ciri dari gerinda ini adalah berukuran cukup kecil sehingga dapat dipegang dan dioperasikan langsung dengan tangan.


Jenis mesin gerinda tangan atau gerinda sudut kecil ini adalah mesin gerinda serba guna. Faktanya, mesin ini dapat dipergunakan untuk menghaluskan ataupun memotong benda logam, kayu, lantai keramik, kaca. Bahkan kegunaannya pun juga dapat dipergunakan untuk memoles permukaan mobil. Mesin gerinda sudut kecil bisa digunakan secara umum sebagai alat potong di dalam bengkel kecil ataupun rumah tangga atau dimana saja dalam jarak atau sudut yang sulit terjangkau oleh gerinda besar atau biasa.


Dengan peran atau kegunaannya yang seperti itu, maka tidak heran jika alat perkakas ini layak Anda punyai atau koleksi sebagai tambahan di kotak perkakas Anda. Alasan selain perkakas ini berguna, alasan lainnya karena memang bentuknya yang kecil dan ringan yang bisa ditaruh atau diletakan dengan space seadanya. Jadi dengan demikian, perkakas tersebut memang tidak memakan tempat, lalu karena kegunaannya yang banyak maka Anda pun sudah seharusnya memilikinya.


Jadi itulah pengenalan gerinda sudut kecil dan fungsinya yang ternyata layak Anda butuhkan dalam kotak perkakas Anda. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki atau mengganti perkakas lama Anda ke perkakas yang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


bottom of page