top of page

Memahami Fungsi Gerinda Tangan untuk Penghalusan Material



Bangunan seperti kayu, besi, beton, triplek, paku, dan juga lain sebagainya, itu merupakan bagian dari material. Nah bahan-bahan tersebut adalah bahan yang sangat penting perannya dalam dunia konstruksi, karena tanpa adanya bahan seperti besi, beton, atau semacamnya, maka pembangunan konstruksi tak akan kunjung terbangun. Ada banyak peralatan yang memang terbaik dan tepat untuk material, seperti salah satunya adalah gerinda tangan.


Gerinda tangan merupakan perkakas tangan yang memang perannya sangat penting di hampir semua pekerjaan konstruksi, tetapi ada juga pengerjaan lain selain konstruksi yang juga turut melibatkan alat gerinda tangan. Banyak kegunaan yang bisa dilakukan oleh gerinda tangan, seperti salah satunya yang umum terjadi adalah penghalusan material. Tidak hanya itu, ada juga fungsi lain gerinda tangan yang memang perlu Anda ketahui selengkapnya!


Memahami Fungsi Gerinda Tangan untuk Penghalusan Material


Gerinda tangan atau juga bisa disebut sebagai angle grinder, merupakan mesin perkakas tangan yang dapat digunakan untuk pekerjaan memotong, mengasah, atau bahkan bisa juga untuk menggerus benda kerja. Mesin ini tentunya bisa bekerja dengan cara melibatkan batu gerinda yang berputar bersentuhan dengan benda kerja, sehingga dengan begitu maka terjadilah pemotongan, pengikisan, pengasahan dan juga penajaman pada benda kerja.


Nyatanya mesin gerinda tangan memang kerap digunakan di proyek migas, galangan kapal, pabrik metal, bengkel, hingga konstruksi seperti penghalusan material. Perlu diketahui, penggunaan gerinda tangan yang tidak tepat maka bisa mengakibatkan kecelakaan. Jadi dengan begitu, maka untuk setiap pengerjaan yang melibatkan gerinda tangan, wajib sekali diberikan edukasi agar penggunaan gerinda tangan bisa dikerjakan dengan aman dan selamat.


Pada dasarnya, alat gerinda tangan memang sangat berfungsi untuk memotong, mengasah, atau menggerus benda kerja, begitu juga bisa untuk menghaluskan material-material yang ada. Nah gerinda tangan bisa melakukannya dikarenakan memang pada gerinda tangan memiliki piringan, cakram, ataupun seperti cup yang dapat menghaluskan permukaan material atau benda kerja, seperti kayu, besi, batu, ataupun lain sebagainya yang memang sesuai.


Dalam penghalusan material dengan menggunakan gerinda tangan, tentunya alat gerinda tangan melakukannya dengan putaran RPM (Rotation per Minute) secara maksimal pada mata gerinda. Jadi penggunaannya memang harus memenuhi atau melebihi RPM maksimal mesin gerinda yang digunakan. Hal ini dikarenakan spesifikasi mata gerinda yang RPM nya lebih rendah dari putaran mesin gerinda akan mengakibatkan mata gerinda terlepas saat pengoperasian, sehingga itu beresiko mengenai pengguna maupun orang sekitar.


Jadi itulah pemahaman alat gerinda tangan yang memang sangat berfungsi untuk menghaluskan material. Sekian artikel dari kami, kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Jika Anda tertarik dengan perkakas seperti gerinda atau perkakas lainnya, maka rekomendasi kami yang terbaik dan berkualitas adalah perkakas Tenka. Untuk mendapatkan serta mengetahui lebih lanjut tentang perkakas Tenka, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


Commentaires


bottom of page