top of page

Mengenal Lebih Dekat Fungsi Gunting Plat dalam Pengerjaan Logam



Besi terkenal sebagai logam yang kuat, tapi ada juga logam yang cukup rapuh yang dikenal dengan nama seng. Seng memang adalah logam yang sedikit rapuh pada suhu kamar dan memiliki penampilan keabu-abuan keperakan ketika oksidasi dihilangkan. Ia merupakan unsur pertama dalam golongan 12 (IIB) dari tabel periodik. Dengan kerapuhan seng, maka seng sangat memungkinkan untuk bisa dipotong atau dibentuk.


Seng yang memang rapuh pastinya dapat dengan cepat penyok atau terbelah, apalagi jika seng tersebut dalam kondisi korosi atau karat. Adapun memotong seng yang benar, adalah dengan menggunakan alat, bukan dengan tangan kosong apalagi dengan alat lain yang memiliki kegunaan tidak berkaitan dengan seng. Salah satu alat yang berperan untuk memotong seng atau juga seperti plat, adalah sebuah gunting khusus, yakni gunting plat atau seng.


Informasi Mengenai Gunting Plat dan Fungsinya dalam Pengerjaan Logam


Apa Itu Gunting Plat?

Gunting plat, jelas adalah alat yang memang pastinya menyerupai alat bernama gunting. Namun berbeda pengerjaan yang ada pada gunting pada umumnya, gunting plat adalah gunting yang memiliki ciri cukup berbeda dari gunting biasa. Ciri tersebut ada pada grip gunting yang cenderung lebih panjang, begitu juga dengan mata gunting yang lebih berat serta juga panjang. Mata pisau dari gunting plat pastinya lebih tebal dan tajam, itu karena agar gunting tersebut dapat berguna memberikan penekanan yang kuat pada plat atau seng.


Gunting plat bisa memotong plat atau pengerjaan logam, karena memang ia yang dapat dikerjakan secara mudah layaknya gunting pada umumnya. Yaitu dengan menggunakan 5 jari tangan secara terpisah pada grip gunting, lalu ayunkan dengan menekan remas grip tersebut. Dengan pengerjaan tersebut, maka mata gunting plat yang terarah pada plat atau seng pun akan menghantamnya, kemudian dengan mengandalkan tenaga, maka plat atau seng pun bisa terpotong.


Gunting plat juga memiliki model lain seperti menjadi alat berat tambahan atau attachment yang dapat dipergunakan untuk mesin bor listrik atau mesin bor baterai (Cordless). Nah gunting pemotong besi tersebut, memiliki pemasangan yang memang sangat praktis, yaitu hanya dengan memasukan langsung ke chuck bor, lalu berikutnya maka alat tersebut sudah siap dipakai.


Tentunya mata gunting plat tersebut dapat disesuaikan untuk mendapatkan hasil yang optimal, dengan cara memutar baut pengaturan. Jika diputar searah jarum jam jarak mata gunting plat tersebut akan menjadi lebih rapat untuk memotong plat tipis. Sebaliknya, jika diputar berlawanan jarum jam jarak akan renggang untuk memotong plat yang lebih tebal.


Inilah Fungsi Gunting Plat dalam Pengerjaan Logam


Tentunya gunting plat adalah gunting yang bisa memotong seng atau plat, begitu juga dengan alat tambahan atau attachment yang dapat dipergunakan untuk mesin bor listrik atau mesin bor baterai (Cordless). Jadi dengan gunting plat, maka pengerjaan logam seperti seng dapat mengkonversi mesin bor menjadi mesin shear atau gunting plat besi, yang mana memang alat tersebut dapat memotong lurus, melengkung atau membentuk sudut dengan baik. Tentunya dengan alat ini, maka pemotongan plat akan lebih mudah dan juga cepat serta dapat mendapatkan hasil yang maksimal di banyak pengerjaan logam.


Itulah segalanya dari gunting plat dalam pengerjaan logam yang perlu Anda pahami. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua dalam mengenal gunting plat. Jika Anda semua menginginkan perkakas terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami adalah perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


Opmerkingen


bottom of page