top of page

Fungsi dan Kegunaan Kunci Ring Pas dalam Dunia Otomotif



Kunci umumnya dikenal sebagai jenis alat pengancing yang berfungsi untuk mencegah terbukanya daun pintu atau penutup lainnya dari kedudukan semula. Kunci yang dipasang pada pintu rumah, lemari, mobil, motor, peti, atau alat lainnya, umumnya terdiri atas dua bagian, induk dan anak kunci. Namun kunci yang juga umum dikenal banyak orang, adalah kunci perkakas yang sangat diandalkan di dunia otomotif.


Tidak hanya otomotif, bidang pekerjaan lain pun juga ada yang membutuhkan kunci perkakas. Nah ada banyak kunci perkakas yang ada dan bisa diandalkan, seperti salah satunya yang juga berperan penting dalam dunia otomotif adalah kunci ring pas. Kunci ring pas pada dasarnya adalah kunci yang memiliki sisi pengait yang berbeda, yang mana itu memiliki fungsi serta kegunaannya yang berbeda dalam bidang dunia otomotif.


Inilah Fungsi dan Kegunaan dari Kunci Ring Pas dalam Dunia Otomotif


Kunci pas ring atau ring pas, merupakan suatu kunci perkakas yang sering disebut juga sebagai combination wrench. Mengapa demikian, itu karena kunci tersebut memiliki 2 ujung dan fungsi yang berbeda dalam satu alat. Kenyataannya, combination wrench adalah kunci yang bentuknya berupa gabungan antara shank kunci pas dan ring, yang dimana keduanya jelas memiliki ukuran sama.


Faktanya alat ini banyak digunakan di banyak pekerjaan tidak terkecuali otomotif, itu karena kunci ring pas bisa memenuhi dua kebutuhan sekaligus. Jadi dengan demikian, kunci tersebut memang dapat mengisi kekurangan jika ada pekerjaan yang tidak bisa kerjakan oleh salah satu alat, seperti yang sering terjadi pada pengerjaan yang ada di sektor otomotif kendaraan, baik kendaraan roda 4 atau kendaraan roda 2.


Fungsi dan kegunaan dari kunci ring pas dalam dunia otomotif sebenarnya beragam, yakni yang paling utama adalah untuk mengendorkan dan mengencangkan baut atau mur dengan posisi berbeda, yang mana itu itu cukup umum ada pada banyak komponen kendaraan otomotif. Nah ukuran dari kunci kombinasi ini sendiri bervariasi, yaitu mulai dari 6 hingga 32 mm dengan offset 15 derajat dari tangkainya, tapi ada juga ukuran lain yang memang bisa Anda pilih serta sesuaikan dengan pengerjaan yang dibutuhkan.


Kunci ring pas pada kedua ujungnya memiliki ukuran yang sama, misalnya baik ring atau pas mempunyai lebar 10 mm. Tentunya kunci yang sangat penting dalam sektor otomotif ini dibuat dengan bahan chrome vanadium, yang mana itu dapat membuat kunci ring pas memiliki ketahanan dan kekuatan tinggi. Jadi secara teknisnya, kunci tersebut mampu bekerja untuk kegunaan standar dengan tekanan yang terhitung tidak terlalu besar.


Adapun fungsi ganda dari kunci pas ring di pengerjaan otomotif, yaitu bisa membuat Anda tidak memerlukan alat lain untuk melepas baut atau mur pada komponen kendaraan. Begitu juga dengan fungsi kunci pas sendiri yang memang sudah terkenal berguna untuk mengatasi kepala mur atau baut yang bentuknya persegi dan segi enam (hexagonal). Lalu pada bagian kunci ring sendiri bisa digunakan untuk melepas dan mengencangkan mur yang memiliki kepala berbentuk bulat.


Jadi itulah fungsi dan kegunaan kunci ring pas dalam dunia otomotif. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda tertarik dengan kunci ring pas atau kunci perkakas lainnya, maka rekomendasi kami ada pada Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


bottom of page