Mengenal Lebih Jauh Fungsi Obeng yang Wajib Diketahui



Jika anda mencoba ke berbagai bengkel atau tempat service elektronik, maka pastinya 100% anda akan menemukan perkakas obeng, baik itu dari segala jenis dan ragamnya. Tentunya itu memang wajar, karena dengan tangan manusia atau alat lain akan sulit untuk melakukan tugas obeng itu sendiri, yaitu mengencangkan dan mengendorkan baut atau sekrup yang menempel pada suatu objek.


Nah melalui artikel kami pada kesempatan kali ini, kami akan berikan informasi mengenai apa saja yang bisa dilakukan oleh obeng, dimana tentunya itu sangat bermanfaat untuk anda semua. Oleh karena itu bagi anda yang masih belum mengerti fungsi obeng, atau anda yang bahkan tidak tahu sama sekali, maka anda bisa simak artikel kami pada kesempatan kali ini secara selengkapnya!


Inilah Fungsi Lengkap dari Obeng yang Perlu Anda Ketahui Semuanya


Mengencangkan Baut Atau Sekrup

Fungsi dari obeng yang sebenarnya adalah untuk mengencangkan baut atau sekrup. Tetapi bukan berarti 1 obeng dapat melakukannya pada semua baut atau sekrup, itu karena tiap obeng memiliki ujung yang berbeda, sehingga dengan begitu maka ada beberapa obeng yang memang dikhususkan pada beberapa baut tertentu. Contohnya seperti obeng kembang yang diperuntukan untuk mengencangkan baut dengan kepala plus, lalu ada obeng min untuk baut min, dan lain sebagainya.


Mengendorkan Baut atau Sekrup

Selain mengencangkan, obeng juga dapat berguna untuk mengendorkan baut atau sekrup. Tetapi sekali lagi itu harus dilakukan dengan obeng yang sesuai pada baut atau sekrup tersebut. Contohnya seperti obeng kembang yang diperuntukan untuk mengendorkan baut dengan kepala plus, lalu ada obeng min untuk baut min, dan lain sebagainya yang ada.


Memasang Baut Atau Sekrup

Mengencangkan dan memasang itu berbeda, dimana mengencangkan adalah keadaan baut atau sekrup yang sudah masuk ke lubang dari baut tersebut, dan obeng bertugas mengencangkannya. Nah berbeda dengan memasang, obeng juga bisa digunakan untuk memasang langsung baut atau sekrup yang sesuai, hal itu agar baut tersebut dapat masuk dalam ke lubang dari baut atau sekrup tersebut.


Mengeluarkan Baut Atau Sekrup

Mengendorkan dan mengeluarkan itu berbeda, dimana jika mengendorkan baut adalah memposisikan baut yang kencang menjadi lebih kendor. Sementara mengeluarkan baut sendiri, yaitu dalam keadaan baut memang sudah kendor, lalu tugas obeng adalah mencongkel baut atau sekrup tersebut keluar dari lubangnya tersebut. Nah biasanya cara tersebut cukup mudah, karena ujung obeng kebanyakan menggunakan magnet, sehingga baut atau sekrup tidak mudah jatuh.


Mengetahui Aliran Listrik

Obeng bisa juga untuk digunakan dalam mengetahui keberadaan aliran listrik pada suatu benda, tetapi obeng tersebut haruslah obeng tespen. Apabila mata obeng menyentuh sebuah kabel dan terdapat arus listrik, maka lampu yang ada di mata obeng tersebut akan menyala.


Mampu Digunakan Untuk Membuat Lubang

Maksudnya, jika tidak ada paku dalam membuat lubang sembarang, maka obeng seperti obeng min dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut. Nah caranya anda hanya perlu memposisikan obeng layaknya paku, lalu palu memukul ujung belakang dari obeng tersebut.


Mampu Mencongkel Suatu Objek yang Rapat

Nah obeng juga dapat digunakan untuk hal lain, seperti mencongkel sesuatu yang rapat. Namun tentunya obeng yang sangat memungkinkan bisa melakukan itu, jelas itu adalah obeng min atau obeng flathead.


Itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai fungsi sebenarnya dari suatu obeng. Semoga bermanfaat untuk anda dan juga yang lainnya, yaitu bermanfaat dalam mengetahui fungsi obeng yang dapat digunakan selain mengencangkan atau mengendorkan suatu baut atau sekrup. Nah jika anda tertarik dengan obeng, maka rekomendasi kami yang terbaik adalah obeng Tenka, dimana itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com