top of page

Fungsi Palu Geologi dalam Penelitian dan Eksplorasi Geologi



Apa itu geologi? Geologi merupakan salah satu cabang ilmu kebumian yang tentunya mempelajari tentang pemahaman bumi dan segala isi yang ada di dalamnya. Dalam kajiannya, geologi itu meliputi sejarah terbentuknya planet bumi beserta dengan bahan, struktur dan proses yang menyertainya. Ruang lingkup objek kajian geologi mulai dari sesuatu yang sekecil atom hingga sesuatu yang sebesar benua atau samudra yang ada.


Pengetahuan geologi digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan rumah tangga, konstruksi bangunan, pertambangan hingga rekayasa. Nah dalam penelitian serta eksplorasinya, kegiatan geologi harus disertai dengan peralatan pendukung, salah satunya jelas adalah palu yang bernama geologi. Apa itu palu geologi dan apa saja fungsinya dalam penelitian serta eksplorasi geologi, semua itu akan kami jelaskan kepada Anda di artikel ini!


Informasi Mengenai Palu Geologi dalam Penelitian dan Eksplorasi Geologi


Seperti namanya, palu geologi adalah palu yang kegunaannya sangat bermanfaat dan berguna untuk kegiatan ilmu geologi. Palu geologi pada dasarnya adalah palu, yang mana yang membedakan ada pada bentuk lancipnya yang cenderung lebih panjang dan tajam dibandingkan palu lainnya. Pada sisi satunya, layaknya palu, palu geologi juga memiliki sisi datar, yang kemudian pada gagangnya dilengkapi dengan grip karet agar saat menggunakannya tidak meleset karena licin atau sebagainya.


Inilah Fungsi dari Palu Geologi dalam Penelitian dan Eksplorasi Geologi

Berkaitan dengan geologi, palu geologi adalah palu yang dapat digunakan untuk mengambil sampel batuan yang ada dalam bentuk outcrop (singkapan). Perlu Anda ketahui, palu geologi sebenarnya adalah palu yang dapat terbagi menjadi 2 tipe, yakni ada palu sedimen dan palu beku/metamorf. Palu geologi adalah palu yang cukup langka, sehingga perlu disimpan di lemari atau di ruang alat beserta dengan peralatan geologi lainnya yang dibutuhkan.


Tentunya palu geologi bisa digunakan untuk menentukan kekerasan dan tingkat kelapukan batuan. Nah dalam penggunaannya yang ada saat ini, palu geologi sering digunakan pada dua jenis yang ada, seperti pada palu Pick Point dan palu Chisel Point (batuan sedimen) yang mana cocok digunakan untuk batuan yang sudah ditentukan sesuai dengan peruntukannya.


Pada palu Pick Point, dia adalah tipe palu geologi yang memiliki salah satu bagian yang runcing. Fungsi dari bagian runcing tersebut dapat digunakan untuk tipe batuan yang keras atau padat (massif), misalnya pada batuan beku dan batuan metamorf. Untuk Chisel Point, dia adalah tipe palu yang memiliki salah satu bagian yang pipih. Fungsinya itu dapat digunakan untuk mengait perlapisan pada batuan untuk mengait perlapisan pada batuan.


Jadi itulah artikel dari kami mengenai palu geologi, baik itu fungsinya yang berguna dalam penelitian serta pada eksplorasi geologi. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Anda yang sedang cari palu atau perkakas terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami ada pada perkakas Tenka. Untuk dapat memiliki atau mengetahui lebih lanjut terkait perkakas Tenka, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


bottom of page