top of page

Fungsi Palu Karet dalam Pengerjaan Material Lunak



Palu atau disebut juga dengan Martil, adalah alat bangunan yang memang sering ada di banyak pekerjaan konstruksi. Itu karena dia adalah perkakas yang dapat digunakan untuk menumbuk benda, yakni seperti memukul paku agar ia dapat tertancap dengan kuat. Tidak hanya untuk menumbuk ataupun memukul, palu juga sering sekali digunakan untuk menempatkan logam agar tertempa, memperbaiki benda, atau menghancurkan objek di sekitar.


Layaknya perkakas lain, palu juga memiliki berbagai macam jenis, yang mana paling unik adalah palu yang terbuat dari bahan karet. Tentunya palu karet adalah palu yang berbeda dari palu besi keras lainnya, yang mana itu diikuti dengan kegunaan atau manfaatnya yang juga berbeda dari palu pada umumnya. Untuk itu, mengetahui fungsi lengkap palu karet yang biasa ada dalam pengerjaan material lunak, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Informasi Lengkap Mengenai Palu Karet dalam Pengerjaan Material Lunak


Palu adalah alat yang sudah terbentuk sejak tahun 2.600.000 SM, dan sering sekali digunakan sebagai alat profesi dalam kehidupan sehari-hari. Ciri dari palu yang memang umum dikenal orang, adalah memiliki kepala yang terbuat dari besi keras yang terpasang dengan gagang yang terbuat dari kayu. Memang umumnya palu dikenal banyak orang terbuat dari bahan keras seperti besi, tapi ada juga perkembangan palu yang kini bisa terbuat dari bahan karet sehingga menjadikan palu tersebut adalah palu karet.


Pada dasarnya palu karet memiliki struktur yang sangat sederhana yaitu terdiri dari sepotong besar karet padat dan melekat kepada suatu pegangan yang biasanya berbahan baku kayu. Karet padat tersebut memiliki kekerasan tertentu sehingga tekanannya cukup kuat sesuai dengan yang diharapkan, tapi itu tanpa menyebabkan kerusakan parah pada permukaan benda yang dipukul. Berbeda dengan palu besi yang bisa memberikan dampak kerusakan yang parah dibandingkan dengan palu karet.


Fungsi dari Palu Karet dalam Pengerjaan Material Lunak


Seiring penemuan palu yang terbuat dari bahan karet, perkakas tersebut pun kini sudah termasuk sebagai salah satu alat pertukangan yang umum dan dapat dipergunakan untuk melakukan beberapa pekerjaan yang berbeda. Itu karena palu karet dapat memberikan tekanan, yang mana akibat dari pukulan dengan palu karet akan jauh lebih ringan atau lembut dibandingkan dengan menggunakan palu yang terbuat dari besi atau logam. Dengan perannya tersebut, maka palu karet adalah perkakas yang memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dari palu lainnya.


Tidak hanya bisa digunakan dalam pengerjaan material lunak, palu karet juga bisa digunakan untuk meratakan permukaan logam yang penyok tanpa meninggalkan bekas pukulan

Dia juga dapat digunakan dalam bidang konstruksi, yakni yang biasanya untuk memasang dan meratakan keramik atau granit, serta bisa juga untuk memasang alas kaki karet pada beberapa peralatan rumah tangga seperti kompor gas, mesin cuci dan lain-lain ke tempatnya.


Palu karet sebenarnya bisa diandalkan untuk merekatkan stiker atau benda-benda lain yang hendak disambungkan dengan lem, seperti pemasangan karpet lantai karet, industri sepatu, industri tas, dan lain sebagainya yang memang lunak. Tidak berhenti disitu, karena bisa dalam pengerjaan material lunak karena ia terbuat dari karet, perkakas tersebut pun otomatis menjadi perkakas yang ringan, aman, serta awet dan juga tahan lama.


Sekian artikel dari kami yang membahas mengenai palu karet yang ternyata tepat dalam pengerjaan material lunak. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Bilamana Anda tertarik dengan palu seperti palu karet, maka yang terbaik dan berkualitas kami rekomendasikan pada perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page