top of page

Fungsi Palu Lonceng dalam Dunia Konstruksi


Suatu alat tangan yang sangat sederhana tapi memiliki sejarah yang sangat panjang dan berpengaruh dalam perkembangan manusia, dia adalah palu. Palu memang dapat digunakan untuk memberikan tumbukan pada objek atau area tertentu dengan memukulkan kepala palu. Seiring perkembangan zaman pun, material dari kepala hingga gagang palu pun berkembang sesuai dengan fungsinya, begitu juga dengan fisiknya yang berubah.


Banyak jenis variasi palu yang Anda bisa temukan saat ini, yang mana tiap jenis itu memiliki perbedaan fungsi yang diikuti dari material serta bentuknya. Seperti halnya dengan palu lonceng yang memang menyerupai lonceng, tapi ada juga yang menyebutnya sebagai palu konde karena terdapat konde di belakang kepalanya. Tentu palu lonceng memiliki fungsinya tersendiri, yang mana palu tersebut paling berguna dalam dunia konstruksi.


Fungsi dari Palu Lonceng dalam Dunia Konstruksi yang Perlu Diketahui


Mengenal Palu Lonceng

Apa itu palu lonceng? Bukan palu yang dilengkapi dengan lonceng, melainkan seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, yaitu palu yang rupanya menyerupai bentuk lonceng. Jelasnya, palu lonceng itu pada bagian kepalanya yang keras terdapat dua bentuk berbeda, yakni depan belakang. Bagian depan kepala palu lonceng memang berbentuk datar, sementara bagian belakang berbentuk layaknya pegangan lonceng atau bisa disebut sebagai konde.


Palu ini memang umum ditemukan di banyak tempat, tapi yang paling sering ada pada bidang konstruksi. Hal itu dikarenakan palu lonceng memiliki kegunaan yang memang dapat berperan dalam pekerjaan konstruksi yang ada. Untuk gagang dari palu lonceng sendiri juga bervariasi, mulai dari ada yang terbuat dari material besi, karet, hingga bisa juga kayu yang bisa Anda sesuaikan atau pilih dengan apa yang Anda mau.


Perlu diketahui juga, material dari palu lonceng itu biasanya terdiri dari kayu untuk gagang dan besi untuk kepala palu, sehingga dari bahan tersebut akan membuat palu tersebut kuat dan tahan lama. Untuk ukuran palu lonceng juga sangat variatif dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian, seperti ukuran kecil untuk pekerjaan rumah tangga dan ukuran besar untuk berbagai pekerjaan konstruksi.


Inilah Fungsi-Fungsi dari Palu Lonceng

Palu lonceng atau Ball Pein Hammer atau palu konde, adalah jenis palu yang sangat umum dikenal banyak masyarakat, terutama oleh masyarakat modern saat ini. Alasannya karena ada hal menarik dari palu lonceng, yaitu adalah adanya dua kepala palu yang berbeda yaitu permukaan datar dan permukaan bulat seperti lonceng atau bisa juga konde. Meski begitu palu lonceng pun kadang jarang dikenal juga oleh masyarakat, dikarenakan palu tersebut lebih dikenal dengan nama konde.


Kemudian palu lonceng dapat juga didefinisikan sebagai palu yang berada dalam lonceng, yang mana itu berguna untuk membunyikan lonceng khusus. Namun apapun nama dari palu tersebut, palu tersebut sebenarnya adalah palu dengan ciri mempunyai kepala datar. Dari kepala datar tersebut, maka kegunaannya di konstruksi adalah untuk memukul paku. Kemudian untuk kepala bulatnya dapat digunakan untuk membuat cekungan pada permukaan material seperti lempeng logam atau kayu yang ada dalam pengerjaan konstruksi.


Jadi itulah fungsi dari palu lonceng dalam dunia konstruksi. Sekian dan semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda tertarik dengan palu atau perkakas lainnya, maka rekomendasi kami yang terbaik dan berkualitas ada pada perkakas Tenka. Tentunya Anda bisa mendapatkan perkakas Tenka atau mengetahui lebih lanjut, yakni dengan mengunjungi IndahJaya.com


bottom of page