top of page

Fungsi Palu Sledge dalam Industri Konstruksi dan Pertambangan



Suatu perkakas yang dapat berfungsi untuk memaku, menempa logam, memperbaiki suatu benda, ataupun untuk menghancurkan objek lain, tentunya itu adalah palu. Palu bisa melakukan pengerjaan itu, karena memang palu adalah perkakas yang memiliki kepala keras dan berat, yang mana ketika diberikan momentum hantaman, itu bisa membuat paku pun dapat tembus, atau benda lain bisa pecah.


Ada banyak varian palu yang dapat disesuaikan dengan pengerjaan serta cara kerjanya, seperti palu karet, palu besi, hingga palu dengan nama sledge yang jarang diketahui oleh orang banyak. Palu sledge memang jarang diketahui banyak orang, karena itu sebutannya yang memang tidak diketahui. Palu sledge sebenarnya adalah palu yang bentuk kepalanya sama, yang mana dia sangat berguna dalam industri konstruksi dan pertambangan.


Inilah Fungsi dari Palu Sledge dalam Industri Konstruksi dan Pertambangan


Mengenal Palu Sledge

Palu sledge adalah salah satu jenis palu yang sama seperti pada umumnya, yakni kegunaannya yang sama. Kegunaan palu sledge yang sama dengan palu lain, yaitu dapat dipergunakan untuk menumbuk benda, seperti memukul paku hingga tertancap, menghancurkan benda seperti tembok, ataupun pengerjaan lainnya yang biasa bisa menggunakan palu. Memang sama dengan palu lainnya, tapi ada perbedaan dasar dari palu lainnya.


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, palu sledge adalah palu yang memiliki kepala besi dengan bentuk yang sama. Berbeda dengan palu lain yang memiliki ujung pengait untuk dapat digunakan sebagai penarik paku, ataupun mencabut benda lain dengan pengait pada kepala palu tersebut. Tapi secara umum, palu sledge adalah palu dengan ukuran yang jauh lebih besar daripada palu pada umumnya, sehingga kegunaan asli dari palu ini sendiri sebenarnya bukan untuk menancap paku.


Inilah Fungsi Palu Sledge dalam Industri Konstruksi dan Pertambangan

Fungsi dan kegunaan dari palu sledge, sebenarnya digunakan untuk menghancurkan tembok atau konstruksi yang rapuh. Tapi bisa juga digunakan untuk menumbuk benda lain, atau menancapkan benda lain yang memang ukurannya lebih besar. Karena ukurannya cukup besar, palu sledge sulit digunakan dengan satu tangan, karena untuk menggunakannya secara optimal diperlukan kedua tangan yang saling bertumpu pada grip palu. Lalu kemudian palu dapat diarahkan untuk menghantam objek yang ingin dipukul oleh palu tersebut.


Perlu Anda ketahui, karena memiliki kepala yang terbuat dari besi dengan dua ujung datar, palu sledge bisa disebut juga dengan nama Palu Godam. Jadi intinya, dengan ukuran palu godam yang lebih besar dari palu biasa dan memiliki gagang yang panjang. Maka jelas palu harus dioperasikan dengan cara diayunkan oleh kedua tangan, sehingga dengan begitu bisa memunculkan daya tumbuk yang sangat besar. Alhasil bisa memberikan dampak pada benda atau objek yang dikenainya.


Palu sledge dapat digunakan untuk memberikan tekanan pada benda besar, seperti untuk memecah batu dan benda-benda semen, atau bisa digunakan pada industri pertambangan sebagai pemecah batu yang besar, menempa besi, dan lain-lain yang memang ada pada konstruksi atau pertambangan. Jenis sledge hammer sendiri tidak memiliki yang berjenis elektrik atau pneumatik, itu karena memang sumber tenaga yang digunakan berasal dari ayunan tangan manusia.


Nah itulah artikel dari kami mengenai fungsi dari palu sledge dalam konstruksi dan pertambangan. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan semuanya. Jika Anda ingin memiliki palu, maka pilihlah yang terbaik dan berkualitas seperti perkakas Tenka. Untuk mendapatkan serta mengetahui lebih lanjut perkakas Tenka, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


Comentários


bottom of page