Fungsi Pompa Celup yang Perlu Anda Ketahui


Fungsi Pompa Celup yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi pompa celup yang paling utama adalah untuk menaikkan air dari sumbernya menuju ke permukaan tanah atau ke tempat yang memang memerlukan. Dimana jenis pompa air ini sangatlah beragam, baik dari segi merek maupun kapasitas kemampuan dan jenisnya.


Salah satu jenis pompa yang sering digunakan adalah pompa benam atau pompa submersible ini. Pompa celup ini memiliki beberapa keunggulan, sehingga meskipun memang harganya lebih mahal namun banyak yang menggunakan karena fungsinya tersebut.


Apa Itu Pompa Celup ?

Pompa submersible atau yang sering disebut dengan pompa celup ini pada dasarnya memiliki fungsi seperti jenis pompa lainnya. Fungsi pompa celup sendiri adalah untuk memindahkan cairan dari suatu titik lokasi ke titik lokasi lainnya.


Pompa submersible ini sendiri memiliki ciri khusus, yakni memiliki motor penggerak yang letaknya dekat atau digabungkan dengan bagian badan dari pompanya itu sendiri. Sesuai dengan namanya, maka keseluruhan dari komponen pompa celup ini akan terendam dalam air yang akan dipompakannya tersebut.


Uniknya adalah dimana cara kerja dari pompa air celup yang dioperasikan dari dalam air ini akan mengalami kerusakan apabila pengoperasiannya dilakukan secara terus menerus dalam keadaan air yang kering.


Cara Kerja Pompa Celup

Pompa submersible ini merupakan pompa sentrifugal yang memiliki prinsip kerja untuk mengubah energi kinetis menjadi energi potensial. Energi potensial inilah yang digunakan untuk mendorong air dari sumber air ke permukaan.


Energi ini dihasilkan dari suatu impeller yang berputar dalam casing atau rumah pompa. Jadi, cara kerja dari pompa celup ini bisa dibilang berbeda dengan jenis pompa jet pump lainnya. Jika jet pump memiliki cara kerja dengan menyedot air lalu mendorong air.


Berbeda hal dengan pompa celup yang cara kerjanya adalah dengan cara mendorong air menuju ke permukaan tanah. Nah, pompa submersible ini mensyaratkan adanya ketinggian minimal air yang bisa dipompa. Syarat inilah yang harus dipenuhi agar pompa celup bisa bekerja dengan baik.


Fungsi Pompa Celup

Setelah Anda memahami apa itu pompa celup dan bagaimana cara kerjanya, maka Anda juga harus memahami apa fungsi pompa celup.

  • Selain digunakan untuk keperluan penyediaan air rumah tangga, ternyata pompa celup juga sering ditemukan di dunia industri. Kemampuannya untuk memindahkan berbagai macam fluida dengan efektif diyakini membuat pompa celup ini sering digunakan di dunia industri.

  • Salah satu penggunaan pompa celup dalam industri adalah dijadikan sebagai pompa sewage atau untuk pengelolaan limbah industri.

Penggunaan dari pompa celup sebagai pompa sewage yang pertama bisa Anda lihat dari adanya immersible dan submersible pump. Pompa ini hanya akan bekerja jika ditempatkan pada keseluruhan limbah yang akan dipindahkan, sebagaimana karakteristik dari pompa celup pada umumnya.


Hal yang menarik adalah komponen pompa ini selayaknya motor yang sudah dilindungi menggunakan casing berkualitas. Biasanya, pompa sewage jenis ini akan ditempatkan dalam tangki yang penuh dengan fluida.


Penggunaan fungsi pompa celup sebagai pompa sewage adalah dengan adanya close coupled submersible pump. Pompa jenis ini memiliki fungsi utama sebagai pendukung transportasi limbah dari sumber limbah awal yang akan menuju ke tempat pembuangan limbah.


Bagi Anda yang ingin mencari pompa celup berkualitas, maka bisa mendapatkannya di PT. INDAH JAYA GROUP. Disini merupakan distributor alat teknik yang berkualitas, dan bahkan jangkauannya sudah menyebar hingga ke seluruh Indonesia.


Untuk harga dari pompa celupnya sendiri cukup beragam tergantung dari merek yang Anda inginkan. Informasi lebih lanjut mengenai harga dan jenis pompa celupnya bisa Anda dapatkan dnegan menghubungi bagian marketing dari PT. Indah Jaya Group.