Fungsi Selang Fitting dan Tips Cara Memilih Agar Awet


Fungsi Selang Fitting dan Tips Cara Memilih Agar Awet

Mengetahui fungsi selang fitting dan jenisnya sangat penting, agar Anda mudah memilih mana yang terbaik untuk memenuhi keperluan alat siram atau hose lainnya. Sederhananya, fitting selang adalah komponen yang digunakan untuk menyambungkan selang dengan hose atau ke mesin air sehingga bisa bekerja lebih optimal. Ingin tahu tips pilih sambungan atau fitting yang sesuai kebutuhan? Simak pembahasan lengkapnya, di sini.


Fungsi Selang Fitting


Istilah fitting pada perpipaan merujuk pada komponen yang berguna sebagai penghubung antara pipa satu dengan lainnya. Sementara pada selang, fungsinya juga tak jauh berbeda.


Fitting konektor adalah part yang berfungsi untuk menghubungkan hose ke equipment akhir contohnya valve atau silinder. Melansir dari Selang Pedia, fitting merupakan alat penting untuk merubah aliran air.


Kegunaan lainnya yaitu untuk menyambungkan tubing atau selang apabila mengalami rusak di tengah jalan. Anda dapat memasangkan sambungan dengan selang kedua. Pemasangan dilakukan dengan cara memotong selang yang rusak, lalu memasangkan sambungan sesuai dengan ukuran hose.


Jenis Fitting Alat Penyiraman


Berbeda jenis selang beda pula sambungan yang dibutuhkan. Sebelum membeli, Anda wajib mengetahui tipe selang di rumah, apakah pneumatik atau hidrolik.


Ini karena setiap selang memiliki karakteristik berbeda, baik dari segi bahan dan ukuran. Sehingga, konektor tak bisa disamakan sebab berpotensi tidak pas saat dipasang.


Misalnya, tempat usaha atau rumah akan menggunakan selang pneumatik, maka ada beberapa pilihan yang bisa dibeli.


Diantara banyaknya jenis sambungan pneumatik ada tipe straight, elbow, dan L. Ketiganya terdiri dari banyak ukuran seperti untuk selang 6 mm x 4 mm, 8 mm x 8 mm, dan 10 mm.


Sementara jenis fitting hidrolik terbagi menjadi 7 diantaranya DIN L Male Stud, Seal-Lok, O Ring Straight Style, dan BSP Swivel Female.


Menurut Hydropower, fitting hidrolik dipakai untuk menyambungkan komponen seperti pompa dan aktuator. Umumnya, bisa dilepas dan pasang dengan mudah.


Cara Menentukan Fitting atau Sambungan untuk Selang


Memiliki banyak jenis dan ukuran, calon pembeli harus bijak dalam menentukan keputusan. Lantaran kesalahan pembelian bisa menyebabkan selang dan komponennya jadi tak awet. Sebagai pertimbangan, perhatikan hal berikut ini:

  1. Ketahui jenis selang yang akan dipakai.

  2. Sesuaikan ukuran antara tubing selang dengan fitting.

  3. Perhatikan bahan dan daya tahan, agar sambungan kuat menahan tekanan air dan tak mudah lepas.

Cara agar Fitting dan Selang Awet


Setelah memasang sambungan, fitting harus dirawat demi meminimalisir risiko dari kerusakan parah. Selain menghemat biaya, Anda bisa menghemat waktu karena tak perlu melakukan perbaikan.


Caranya dengan memerhatikan kerusakan kecil dan menjaga kekencangan fitting. Apabila sudah longgar, segera perbaiki demi menghindari kemungkinan jebol.


Di samping itu, perhatikan dan waspadai faktor penyebab selang hidrolik getas. Masalah terkadang justru bukan berasal dari sambungannya.


Tips Membeli Fitting untuk Keperluan Alat Siram


Bijak memilih fitting terbaik merupakan langkah awal untuk mencegah risiko rusak parah. Jika ukuran sambungan pas dengan selang, maka bisa tahan lama. Biaya perbaikan pun bisa disimpan untuk keperluan lainnya.


Pastikan hanya membeli dari produsen yang memang berpengalaman memproduksi selang dan fitting seperti Toyox.


Salah satu distributor Toyox di Indonesia adalah Indah Jaya.com. Mulai dari hose reels hidrolik, selang, fitting dan adaptor berbagai ukuran tersedia dan dijamin berkualitas premium dengan harga terjangkau. Klik untuk dapatkan penawaran terbaik dan informasi menarik lainnya di sini.

Setelah tahu fungsi selang fitting, nggak perlu bingung lagi jika alat penyiram mengalami kerusakan dan perlu diganti. Pastikan memilih sambungan dengan ukuran yang pas dengan selang di rumah, ya.