Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Shackle dan Fungsi Serta Kegunaannya



Dalam dunia lifting, tentunya alat yang sangat diandalkan adalah hoist dan juga crane, dimana itu adalah alat lifting yang tidak bisa dipisahkan dalam proses lifting barang berbeban berat. Nah tentunya akan ada banyak komponen pendukung pada alat tersebut, seperti wire atau rope, atau bahkan yang cukup asing bagi anda semua yaitu shackle.


Apa itu shackle dan bagaimana bentuknya, semua itu akan kami jelaskan kepada anda melalui artikel kami pada kesempatan kali ini. Tentunya anda wajib simak artikel ini agar anda semakin mengerti tentang shackle, itu karena di artikel ini bukan hanya tentang pemahaman tentang shackle, melainkan ada juga fungsi serta kegunaannya. Maka dari itu, silahkan anda simak artikel ini selengkapnya!


Apa Itu Shackle?

Shackle apabila anda artikan dengan benar, maka secara langsung artinya adalah sebuah Segel, sehingga dengan begitu apakah benar shackle adalah segel pada hoist atau crane? Pada dasarnya sebenarnya shackle adalah sebuah alat bantu yang dapat berguna untuk mengangkat suatu barang berbeban atau berukuran besar, dimana ia bekerja sebagai penyambung antara sling dengan objek yang akan diangkat.


Lebih jelasnya, shackle itu adalah alat penyambung sling, baik itu chain, wire rope, maupun webbing yang biasa digunakan pada aplikasi lifting, towing ataupun pada lashing. Selain itu, shackle bisa juga untuk menyambung rantai pada aplikasi dapra, pagar dan juga dekorasi yang ada. Nah alat bantu penyambung ini adalah alat yang terbuat dari bahan steel, ditambah ia berbentuk melengkung seperti huruf U, dimana pada bagian ujungnya terdapat lubang untuk memasang pengunci.


Fungsi dan Kegunaan dari Shackle

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, shackle adalah alat bantu pengait antara mata sling dengan pengait Objek tertentu, dan ia terbuat dari bahan steel. Nah jadi kesimpulannya, kegunaan atau fungsi dari shackle adalah untuk menghubungkan sling dengan pengait objek, sehingga apabila ada pengait objek berbentuk lingkaran, maka untuk menghubungkan sling tersebut harus menggunakan Shackle.


Lalu ada keuntungan dalam penggunaan shackle, yaitu keuntungan dari penggunaan shackle adalah anda bisa menggunakan 1 sling untuk beberapa objek yang akan diangkat, atau bisa juga untuk dipindahkan. Itu karena shackle sangat mudah dibuka dan juga dipasang kembali, tetapi meskipun demikian tetap saja beberapa perusahaan akan menerapkan 1 unit mesin dengan 1 unit sling, sehingga dengan begitu maka sling itu tidak bisa dipindah-pindah.


Perlu anda ketahui, sebenarnya kegunaan dari shackle sendiri tergantung dari jenis shackle itu sendiri, dimana seperti shackle omega yang dapat berguna untuk meminimalisir gesekan antara wire rope sling dengan segel. Shackle dee yang dapat membuat rantai bisa lebih erat dan lebih aman saat melakukan pengangkatan barang. Hingga shackle lainnya dan juga jenis pengunciannya yang memiliki kegunaan berbeda.


Itulah segalanya yang perlu anda ketahui tentang shackle, baik pemahamannya maupun fungsi dan kegunaannya. Nah bilamana anda tertarik dengan hoist atau crane, maka kami rekomendasikan merk yang terbaik dan berkualitas, yaitu Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane, semua itu bisa anda ketahui lebih lengkapnya di IndahJaya.com


Sekian artikel kami pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini bisa menjadi manfaat untuk anda dalam mengetahui tentang shackle, begitu juga dengan kegunaannya. Anda tentunya bisa membuat artikel ini semakin bertambah bermanfaat, dimana itu dengan cara anda share artikel ini melalui media sosial ataupun media yang ada dan tersedia.