Yuk Simak Apa Saja Fungsi Switch Protector Pada Pompa Celup yang Wajib Diketahui



Penggunaan dalam memindahkan air terutama air bersih, telah menjadi kebutuhan yang paling umum dibutuhkan oleh banyak orang, sehingga dengan begitu pompa air begitu diandalkan untuk proses tersebut. Nah pompa air sendiri memiliki jenis lain seperti pompa celup, tetapi sama dengan pompa air, pompa celup juga terdiri dari beberapa komponen yang tentunya masing-masing memiliki kegunaan.


Komponen yang akan kami jelaskan pada kesempatan kali ini adalah Switch Protector pada pompa celup, yang dimana komponen tersebut ada banyak pada beberapa mesin, seperti AC, kulkas, dan sebagainya. Nah oleh karena itu agar anda semakin paham tentang komponen switch protector pada pompa celup, maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya dikarenakan selain pemahaman ada juga fungsi dari switch protector pada pompa celup.


Mengenal Switch Protector dan Juga Fungsi Serta Kegunaannya

Masuk dalam komponen yang berkaitan dengan kelistrikan, switch protector tentunya adalah suatu komponen pengaman penting yang terdapat pada sistem kelistrikan dari pompa celup. Tentu bukan tanpa alasan switch protector ada pada pompa celup, itu karena ia memiliki fungsi penting pada pompa celup, yaitu bisa untuk melindungi atau menyeimbangi arus listrik yang berlebih.


Nah letak dari komponen ini diketahui menempel langsung pada relay. Namun ada juga dengan model lain yang bisa dilepas serta memakai soket, selain itu ada juga yang model tanam yaitu langsung ditanam pada komponen lain pada pompa celup. Switch protector jelasnya adalah suatu protector yang pastinya itu berfungsi sebagai pengaman arus listrik. Apabila ada arus yang mengalir pada lilitan berlebih, maka overload akan bekerja untuk memutuskan kontak, sehingga aliran arus akan terputus.


Itulah pengenalan switch protector pada pompa celup, begitu juga dengan fungsi serta kegunaannya. Nah intinya, switch protector itu adalah overload pada pompa submersible atau celup, yang dimana ia adalah komponen yang berfungsi atau berperan sebagai pengaman pompa yang bekerja seperti sekring untuk memutuskan arus listrik ketika terjadi lonjakan tiba-tiba. Jadi tentu penting sekali komponen satu ini, maka dari itu jangan sampai ada kerusakan.


Penyebab Kerusakan Pada Switch Protector Pada Pompa Celup

Karena berperan penting pada pompa celup, dikarenakan berfungsi atau berperan sebagai pengaman pompa yang bekerja seperti sekring untuk memutuskan arus listrik ketika terjadi lonjakan tiba-tiba. Maka penting sekali untuk menjaga switch protector pada pompa celup, dikarenakan komponen tersebut dapat rusak karena masalah berikut ini:


  • Terkena kotoran, sehingga dengan begitu platina atau bimetal yang kotor dapat mengakibatkan arus listrik terhambat, hingga tidak sampai pada kelistrikan yang dituju. Akibat parahnya, itu bisa mengakibatkan mesin pompa tidak menyala.

  • Adanya overheat, yang mana bisa mengakibatkan komponen switch protector dapat meleleh atau kabel yang tersambung terkelupas.

  • Usia switch protector yang memang sudah tua, sehingga lama kelamaan akan menimbulkan kerusakan pada switch protector.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai switch protector pada pompa celup. Tentunya selain mengetahui itu, anda juga perlu tahu bahwa pompa celup yang terbaik dan berkualitas ada pada produk Tsurumi, dimana itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Sekian dari kami, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dalam memahami komponen pada pompa celup, yaitu switch protector. Tentunya anda bisa bagikan artikel ini kepada mereka yang memang membutuhkan pengetahuan dari artikel ini, dimana itu bisa melalui share menggunakan media sosial ataupun media yang ada dan tersedia.