top of page

Gantry Crane: Jenis, Keuntungan, dan Cara Memilih yang Tepat untuk Operasi Anda



Tidak semua pengerjaan yang ada di manufaktur bisa dilakukan oleh tenaga manusia, contohnya seperti mengangkat objek dengan bobot yang luar biasa berat, yang mana itu terjadi hampir setiap hari. Nah untuk memindahkan objek berat tersebut ke tempat lain, maka manusia membutuhkan alat angkat seperti crane yang memang mampu melakukannya. Dibutuhkan pesawat angkat yang cukup kuat untuk melakukannya, seperti gantry crane.


Gantry crane merupakan salah satu jenis dari crane yang ada saat ini, bahkan gantry crane sendiri juga memiliki jenisnya yang lain yang memang bisa memberikan keuntungan, terutama bagi operasional Anda di industri, pabrik, ataupun gudang. Nah di artikel kami pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda tentang gantry crane, baik itu jenis, keuntungan, serta cara memilihnya yang tepat bagi Anda semua.


Mengenal Jenis Gantry Crane Beserta Keuntungannya

Gantry crane adalah alat angkat yang sangat penting bagi operasional Anda, terutama di bidang berat. Hal itu karena memang gantry crane berfungsi sebagai pelengkap alat angkat yang lain, yang mana itu juga membuat alat ini biasa dipasang di bawah overhead bridge crane yang sudah ada. Berbeda dengan bridge crane, gantry crane tidak harus dipasang pada struktur bangunan. Alasannya karena komponen gantry crane dapat dibangun pada struktur non permanen. Jadi dengan begitu, maka itulah yang membuat dia begitu fleksibel dan mudah dipindahkan.


Gantry crane sendiri juga adalah pesawat angkat yang tidak begitu terikat dengan lokasi. Maka dengan alat tersebut maka Anda mampu mengoperasikannya secara bergerak lebih bebas, itu karena adanya roda yang ada di kaki-kakinya, sehingga tepat sekali digunakan untuk di banyak operasional Anda. Tapi walaupun begitu, crane ini masih membutuhkan clearance area yang cukup luas untuk mengoperasikannya. Alasannya, karena fungsi gantry crane akan lebih terasa saat digunakan di outdoor, begitu juga dengan struktur komponen gantry crane yang bisa menekan biaya material yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan bridge crane.


Inilah Jenis Gantry Crane dan Keuntungannya yang Bisa Anda Pilih untuk Operasi Anda

Hoist crane jenis gantry crane nyatanya hanya terdiri dari 2 jenis, yaitu ada gantry crane itu sendiri alias biasa, serta ada semi gantry crane. Nah keduanya bisa Anda pilih sesuai dengan operasional kegiatan yang ingin Anda lakukan.

  • Gantry Crane Biasa: Adalah gantry crane yang bisa mengangkat beban dari sebuah titik ke titik lainnya. Beban yang diangkat dikaitkan pada hook di bagian mesin hoist. Kemudian pada bagian kaki gantry crane akan berpindah di atas rail. Setelah berpindah, Anda juga bisa menurunkan beban yang diangkut oleh gantry crane tersebut.

  • Semi Gantry Crane: Untuk semi gantry crane, dia adalah alat angkat yang berdiri diatas kaki gantry. Konstruksi girder pun akan terhubung dengan bagian kaki yang dilengkapi dengan end carriages sehingga dapat berjalan di atas rel tanpa struktur tambahan seperti runway beam dan kolom. Semi gantry crane sendiri dapat diproduksi dengan menggunakan double girder atau single girder, serta ia memerlukan tangga dengan pegangan tangan yang terhubung setidaknya pada salah satu kaki untuk memanjat ke bagian atas menuju girder. Pada semi gantry crane hanya satu sisi girder yang berdiri di atas kaki, sedangkan sisi lainnya berjalan di atas runway beam yang terpasang pada struktur atau kolom bangunan.


Itulah jenis dan keuntungan serta cara memilih gantry crane yang tepat bagi operasional Anda. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda ingin memiliki crane dan hoist, maka kami memiliki rekomendasi terbaik dan berkualitas pada Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Commentaires


bottom of page