Generator Adalah Penghasil Listrik, Apa Saja Komponennya?


Generator Adalah Penghasil Listrik, Apa Saja Komponennya

Sering terjadi pemadaman listrik atau gangguan listrik, generator adalah pilihan untuk masalah yang terjadi tersebut. Dengan menggunakan alat ini, Anda tetap bisa mendapat pasokan listrik stabil meski terjadi pemadaman di lingkungan Anda.


Pernahkan Anda melihat rumah sakit tetap beroperasi dengan normal meskipun saat terjadi mati listrik? Ini karena pihak rumah sakit menggunakan generator listrik untuk menyalakan listrik dalam rumah sakit agar tidak membahayakan nyawa pasien.


Fungsi utama dari alat ini adalah menyediakan listrik pada saat keadaan darurat. Generator banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.


Generator set sebutan lain untuk alat ini karena alat tersebut terdiri dari dua piranti berbeda yang dinamakan alternator dan engine. Bagian alternator terbuat dari tembaga berbentuk kumparan atau gulungan yang terdiri atas rotor dan stator.


Rorot adalah bagian gulungan berputar dan stator bagian yang tidak bergerak. Sedangkan, engine adalah bagian dari alat merupakan seperangkat mesin diesel membutuhkan bahan bakar seperti bensin atau solar.


Berikut Komponen Penyusun Generator Adalah


Setidaknya terdapat 9 komponen utama yang menyusun sebuah mesin genset agar dapat berfungsi. Dalam menghasilkan listrik membutuhkan ke 9 komponen tersebut di antaranya adalah:


Mesin


Sumber energi mekanik yang perlu ada dalam generator adalah mesin. Mesin ini memiliki ukuran berbeda dan dapat disesuaikan dengan output data. Semakin besar mesin, maka semakin besar kapasitas daya listrik yang dapat dihasilkan.


Alternator


Alternator juga disebut sebagai generator ataupun genhead adalah komponen dari genset yang menghasilkan daya listrik. Listrik dapat diperoleh dari mekanis mesin pada alat. Pada bagian ini terdiri dari bagian bergerak dan tidak bergerak untuk menghasilkan magnet listrik.


Penyimpanan Bahan Bakar


Bagian berikutnya generator adalah sistem untuk simpan bahan bakar. Pada bagian ini dapat disesuaikan dengan jenis bahan bakar. Penyimpanan ini dapat menampung bahan bakar yang mampu mengoperasikan genset 6 hingga 8 jam.


Regulator


Regulator akan mengatur besar keluaran tegangan pada mesin. Pada bagian ini terdiri dari regulator tegangan, rotor, exciter windings dan rotating rectifier. Keempatnya memiliki keluaran tegangan yang setara.


Sistem Pendingin


Generator adalah alat yang dapat bekerja secara terus menerus. Sehingga pada sebuah genset memerlukan sistem pendinginan agar mesin tetap dingin dan menjaga suhu pada alat.


Pelumas


Terdapat banyak bagian bergerak dari dalam sebuah mesin utuh ini. Sehingga untuk menggerakkannya tidak hanya membutuhkan bahan bakar tetapi juga membutuhkan sistem pelumas. Ini juga akan membantu daya tahan mesin menjadi lebih lama dan terjaga.


Pengisi Daya


Terdapat sebuah baterai untuk menggerakkan alat tersebut. Sebelum itu, baterai tersebut harus diisi dayanya terlebih dahulu. Dengan pengisi daya pada baterai, daya yang masuk ke generator sesuai dengan voltase.


Control Panel


Komponen selanjutnya dalam generator adalah control panel. Kontrol panel memiliki fungsi sebagai penghubung di antara pengguna generator dan generator tersebut. Untuk bagian ini akan berbeda tergantung pabrik yang memperoduksinya.


Ruangan atau Rumah


Bagian ini dimiliki semua jenis generator. Pembuatan rumah ini memiliki tujuan agar penggunaannya lebih ramah lingkungan dan tetap aman. Ruangan atau rumah berfungsi sebagai bingkai yang melindungi genset.


Sebagai alat yang memiliki fungsi banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam rumah sakit dan sebagainya. Generator adalah alat yang sangat cocok digunakan pada daerah sering mengalami gangguan pasokan listrik.