Genset 1000 Watt Cocok untuk Keperluan Rumah Tangga


Genset 1000 Watt Cocok untuk Keperluan Rumah Tangga

Genset 1000 watt merupakan salah satu jenis generator listrik yang cocok untuk keperluan rumah tangga. Secara umum, harga genset jenis ini mencapai jutaan per unitnya. Akan berbeda harga antara produk, menyesuaikan dengan merk dan tipe.


Biasannya, genset akan dioperasikan ketika sumber listrik utama mengalami gangguan, misalnya seperti pemadaman. Sedangkan Anda memerlukan sumber daya listrik lain sebagai penggantinya, salah satunya melalui genset ini.


Terkait jumlah daya sebenarnya tergantung dari kebutuhan masing-masing orang. Namun, yang seringkali dipilih adalah berdaya 1000 watt. Mengapa genset jenis ini penting untuk keperluan rumah tangga? Simak uraian berikut ini untuk memperoleh jawabannya.


Pentingnya Genset 1000 Watt untuk Keperluan Rumah Tangga


Untuk keperluan rumah tangga, genset ini penting dimiliki, terutama sebagai penyedia cadangan listrik. Pada dasarnya alat ini memang merupakan sumber tenaga listrik. Tidak hanya sumber utama pengganti, tapi juga tambahan.


Ada banyak jenis produk genset, yang masing-masing memiliki kelebihannya tersendiri. Baik itu dari segi daya yang dihasilkan maupun fiturnya. Semakin besar daya, akan semakin mahal biaya yang perlu Anda keluarkan seperti genset 1000 watt.


Mengenai harga, setiap penyedia akan mematok tarif berbeda-beda. Untuk mendapatkan produk murah berkualitas, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Kemudian membandingkan antara produk satu dengan yang lain.


Begitu juga ketika memilih genset 1000 watt, akan ada banyak merk tersedia. Setiap merk memiliki bentuk dan fitur berbeda. Pastikan memilih produk dengan ketersediaan sparepart yang mudah diperoleh.


Tujuannya mengantisipasi ketika tiba-tiba mengalami kerusakan dan harus mengganti bagian komponen tertentu. Ketika sparepart yang Anda butuhkan mudah didapatkan, proses perbaikan menjadi cepat selesai.


Tidak kalah penting, Anda perlu menentukan genset jenis apa sebelum membeli. Ada jenis yang mudah dipindahkan ke tempat lain. Dan ada juga jenis yang penempatannya permanen, sehingga untuk proses pemindahan lebih sulit.


Jumlah Watt Genset untuk Rumah Tangga Tergantung Kebutuhan


Karena hanya digunakan sebagai cadangan, penggunaan generator listrik tidak akan sering dipakai. Hanya ketika sumber listrik utama mengalami gangguan saja. Jumlah watt dari alat ini tergantung dari kebutuhan.


Apakah Anda akan menggunakannya untuk peralatan elektronik berjumlah banyak atau sedikit? Apakah kebutuhan daya perangkat elektronik tersebut tinggi atau rendah? Pastikan dengan baik mengenai hal ini terlebih dahulu sebelum membeli.


Biasanya genset 1000 watt dipilih untuk kebutuhan ringan, seperti menyalakan lampu atau penggunaan peralatan tertentu berdaya rendah. Jika hanya untuk penerangan saja, daya sekitar 800 watt sebenarnya sudah cukup.


Namun juga tetap menyesuaikan jumlah lampu atau penerangan yang dipakai dan berapa besar tegangannya. Secara umum untuk memenuhi kebutuhan ini diperlukan daya dengan kisaran nilai 800 hingga 1.300 watt.


Jadi, walaupun untuk keperluan rumah tangga, bukan berarti besarnya daya harus rendah. Apalagi mengingat peralatan listrik di rumah cenderung kompleks dan banyak jenisnya. Cermati terlebih dahulu kira-kira peralatan apa saja yang perlu dinyalakan ketika listrik padam.


Genset 1000 watt untuk menyalakan TV, mesin cuci, kulkas dan peralatan berdaya tinggi lainnya tidak cukup kuat. Jika memang Anda ingin menyalakan peralatan berdaya tinggi ketika listrik padam, berarti harus memilih genset dengan jumlah watt lebih tinggi.


Biasanya daya sekitar 5000 watt dipilih untuk penggunaan banyak peralatan elektronik. Harganya tentu akan lebih mahal dibandingkan jenis 1000 watt. Namun, tentu saja juga seimbang dengan pemakaiannya.


Jika Anda masih bingung berapa daya yang sebenarnya dibutuhkan, tanyakan terlebih dahulu kepada penyedia genset. Banyak penyedia yang melayani konsultasi gratis. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan lalu menentukan apakah akan membeli jenis genset 1000 watt atau lebih.