Mengenal Lebih Lanjut Genset Controller dan Apa Saja Fungsi Serta Kegunaannya





Peran Genset sangat dibutuhkan, yang mana ketika aliran listrik tidak ada karena terputus atau memang sedang mengalami pemadaman listrik dari PLN. Nah ketika itu terjadi maka jelas satu-satunya cara terbaik adalah dengan mengandalkan Genset, dimana Genset bisa berperan memberikan aliran listrik karena Genset hanya membutuhkan bahan bakar dalam pengelolaannya.


Bukan hanya memiliki beberapa jenis Genset, Genset juga terdiri dari banyak komponen dan fitur, seperti salah satunya topik utama artikel ini yaitu Genset Controller. Apa itu Genset Controller dan apa saja fungsi serta kegunaannya, semua itu akan kami jelaskan di artikel ini. Oleh karena itu maka bagi anda yang tidak tahu atau kurang paham dengan Genset Controller, maka silahkan simak artikel ini selengkapnya!

Apa Itu Genset Controller?

Seperti yang sudah kami jelaskan, Genset Controller adalah salah satu komponen pada Genset, yang dimana perannya sangat penting dalam pengoperasian Genset. Nah biasanya letak komponen controller berada pada spot tertentu yang tentunya bisa mudah pengguna temukan, hal itu karena controller adalah otak dari aktivitas yang akan dijalankan oleh Genset tersebut.

Fungsi dan Kegunaan dari Genset Controller

Namanya saja sudah menggunakan controller, maka jelas pastinya anda sudah bisa menyimpulkan bahwa fungsi dan kegunaan controller pada Genset adalah untuk mengontrol Genset itu sendiri. Nah controller pada Genset bisa anda sebut juga sebagai panel indikator pada Genset, dimana itu bisa menunjukan kepada anda kondisi dari suatu Genset, baik itu dari segi kuantitas bahan bakar, oli, ataupun sebagainya pada Genset terutama saat sedang dinyalakan atau sedang digunakan.


Tidak hanya untuk menunjukan kondisi suatu Genset, namanya juga controller pastinya anda bisa mengontrol kinerja dari Genset tersebut. Contohnya seperti anda dapat mengontrol alarm pada Genset, mengatur mode, reset, horn, pengaturan lainnya, dan juga dapat mematikan serta menyalakan Genset pada panel di controller tersebut. Nah perlu anda ketahui lagi, bahwa panel control pada genset dapat di transfer secara otomatis untuk mempertahankan berjalannya daya listrik. Ditambah lagi controller pada genset dapat mengaktifkan glow plugs dari waktu ke waktu, yang mana itu sangat berguna pada Genset di cuaca ekstrim.


Di zaman saat ini, controller pada genset akan memberikan anda beberapa fitur modern dan pastinya ada juga yang terbaru untuk anda, contohnya seperti layar LCD dengan karakter besar dan juga kuat, lalu tampilan saat waktu berjalan akan terlihat semakin detail dan menarik, hingga kini bisa merasakan tekanan minyak, sensor suhu air, set point khusus, kabel, dan sebagainya pada Genset. Namun perlu anda catat, bahwa anda dapat memilih controller yang memang sudah sesuai dan pas pada Genset anda masing-masing.


Jadi itulah pemahaman yang perlu anda ketahui tentang Genset Controller, dimana ada pengertiannya dan juga fungsi serta kegunaannya. Semoga bermanfaat bagi anda, begitu juga dengan yang lainnya dengan cara kalian share menggunakan media yang ada dan tersedia. Nah bilamana anda ingin memiliki Genset, maka kami rekomendasikan Genset Tenka, yang dimana anda bisa ketahui lebih lanjut tentang Tenka di IndahJaya.com