top of page

Gerinda Tangan: Tips dan Trik untuk Merawat Alat yang Sangat Berguna Ini



Ada banyak alat atau perkakas yang dapat dipergunakan untuk memotong, seperti salah satunya yang sering digunakan adalah gerinda. Nah gerinda tangan atau angle grinder merupakan mesin perkakas yang digunakan untuk memotong, mengasah, atau menggerus benda kerja. Mesin ini bekerja dengan cara batu gerinda berputar bersentuhan dengan benda kerja sehingga terjadilah pemotongan, pengikisan, pengasahan dan penajaman.


Gerinda tangan kerap kali digunakan di banyak kebutuhan, yang mana kebutuhan yang memang sejalan dan sesuai dengan kegunaan gerinda tangan. Nah alat yang dianggap serba guna tersebut, faktanya bisa mudah rusak jika tidak dirawat dengan benar dan tepat, sehingga dengan begitu maka alat yang rusak tersebut tidak ada gunanya. Maka dari itu, agar tidak rusak maka Anda sebagai pemilik perlu merawatnya, yakni dengan tips dan trik di bawah ini!


Inilah Tips dan Trik untuk Merawat Gerinda Tangan yang Perlu Anda Semua Ikuti


Selain rugi karena gerinda rusak dan harus membelinya yang baru atau komponen baru, beberapa pekerjaan yang membutuhkan gerinda pun harus berhenti, sehingga itu menimbulkan masalah baru di pekerjaan Anda. Nah maka dari itu agar alat yang sangat berguna tersebut tidak mudah rusak atau awet dan tahan lama serta prima untuk digunakan, maka Anda perlu ikuti tips dan trik kami yang akan kami jelaskan di bawah ini!


Menggunakannya Sesuai dengan Penggunaannya

Disamping bisa membahayakan para penggunanya, penggunaan mesin gerinda tangan yang salah pun dapat berakibat rusaknya mesin gerinda, yang mana itu dengan berbagai macam kerusakan tergantung bagaimana itu salah digunakan. Oleh karenanya, maka gerinda tangan pun perlu digunakan sesuai dengan penggunaannya, yakni tidak berlebihan, tidak asal-asalan, atau lain sebagainya yang sudah dijelaskan di buku panduan atau melalui informasi lainnya.


Selalu Membersihkan dan Jaga Kebersihannya

Memang hampir semua penggunaan perkakas akan menjadi kotor, begitu juga dengan mesin gerinda tangan. Pastikan Anda yang menggunakan gerinda tangan, setelah menggunakannya Anda harus membersihkannya. Hal itu penting karena selain kotoran bisa menumpuk dan mengganggu operasional gerinda tangan, gerinda tangan yang kotor pun bisa rusak dan tidak prima ketika mau digunakan, alhasil tidak awet dan berumur panjang. Tips dan trik ini juga penting Anda lakukan jika Anda menempatkan gerinda di waktu yang lama, karena gerinda bisa terkena debu atau sebagainya.


Melakukan Pengecekan Pada Fungsi Gerinda Tangan

Kemudian yang jarang orang lakukan, yaitu melakukan pengecekan fungsi pada gerinda. Tentunya hal ini penting untuk dilakukan, dikarenakan akan berdampak pada kinerja gerinda tangan saat ia hendak atau telah digunakan. Kemudian lanjutkan dengan mengecek kondisi kabel, yakni apakah ada bagian yang terkelupas atau tidak, selain itu cek tombol tombol pada mesin apakah berfungsi dengan baik atau tidak.


Periksa Kekencangan Baut Pengunci Batu Gerinda

Merawat gerinda tangan bisa juga dengan cek kekencangan pada baut, yaitu dengan memastikan baut tidak terpasang dalam keadaan longgar. Hal itu karena akan membahayakan pada saat pengoperasian. Selain itu coba Anda perhatikan juga kekencangan batu, yaitu pastikan terpasang dengan baik agar mata batu tidak terlepas dan tidak membahayakan pengguna.


Selalu Melumasi Beberapa Bagian Penting Gerinda Tangan

Tentunya pengolesan oli pada gerinda tangan itu penting, yakni pada beberapa bagian saja seperti pada bagian terbuka dan berkarat pada gerinda. Hal itu berguna untuk membantu mempertahankan kinerja mesin gerinda Anda. Nah ada baiknya olesi dengan oli pada mekanisme yang bergerak, hal ini dilakukan agar kinerja mesin menjadi maksimal kembali dan tidak mengalami kesulitan pada saat pengoperasian.


Rutin Memanaskan Gerinda Tangan

Jika gerinda tangan tidak digunakan secara lama, maka agar mesin tetap terjaga dan tidak rusak sebaiknya Anda secara rutin panaskan mesin gerinda. Cara mudahnya adalah dengan menyalakan mesin gerinda selama 5 menit , lakukan hal tersebut seminggu sekali agar mesin tetap optimal pada saat digunakan.


Itulah tips dan trik dari kami untuk merawat gerinda tangan milik Anda. Kiranya bermanfaat bagi Anda semua terutama untuk merawat gerinda tangan Anda. Mengenai perkakas, Anda bisa mendapatkannya secara lengkap dengan kualitas terbaik di Tenka. Nah untuk mendapatkannya serta mengetahuinya, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


Comentarios


bottom of page