Inilah Hal-Hal yang Wajib Dihindari Saat Memasang Pompa Sumur Bor



Air merupakan suatu hal yang penting, baik untuk kehidupan maupun untuk kebersihan. Air juga tergolong dengan beberapa macam, mulai dari air pegunungan, air tanah, air laut, dan sebagainya yang dibagi menjadi 2 tipe, yaitu air bersih dan juga air kotor. Tentunya air bisa didapat dengan beberapa cara, seperti halnya air sumur yang didapat dari pompa.


Air sumur dari pompa adalah hal yang akan menjadi topik pembahasan artikel pada kesempatan kali ini, dimana ada beberapa hal-hal yang wajib dihindari apabila anda ingin memasang pompa sumur bor. Untuk mengetahui hal-hal yang wajib dihindari saat memasang pompa sumur bor, maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya!

Inilah Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Ketika Ingin Memasang Pompa Sumur Bor

Sebelum anda kami berikan hal-hal yang wajib dihindari, maka alangkah baiknya anda harus tahu dulu beberapa hal yang perlu diketahui ketika ingin memasang pompa sumur bor. Dan berikut adalah hal yang perlu diketahui ketika ingin memasang pompa sumur bor, atau bisa dibilang peringatan saat memasang pompa sumur bor.

  • Ketika anda ingin melakukan penyambungan kabel dari pompa air, maka itu harus dilakukan dari pabrik pembuat pompa air tersebut atau bisa juga pada pusat service station (Authorized Service Station). Hal itu karena mereka sudah memiliki kualifikasi dibidang yang sama untuk menghindari bahaya, terutama yang paling berbahaya yaitu tersengat aliran arus listrik. Selain penyambungan, cara ini juga cukup efektif dan sangat direkomendasikan juga dalam penggantian kabel pompa air.

  • Apabila anda berniat ingin segera melakukan penyambungan kabel, maka pada saat akan melakukan penyambungan kabel, terlebih dahulu pompa harus dalam keadaan terputus dari sumber listrik.

  • Anda tidak dianjurkan untuk mengoperasikan pompa dalam kondisi tanpa air, dan itu termasuk ketika anda hanya mau untuk mencobanya. Jadi pompa tanpa air yang ingin dinyalakan, adalah hal yang sangat dilarang.

  • Anda yang ingin melakukan penyambungan kabel power pompa, maka alangkah lebih baik anda mengikuti petunjuk penyambungan pada panduan yang ada.

  • Perhatikan, sebelum digunakan, anda harus pastikan bahwa kabel berwarna kuning-hijau atau Ground tersambung dengan benar, dan Grounding tersebut tertanam dengan baik di dalam tanah.

Inilah Hal-Hal yang Harus Anda Hindari Ketika Ingin Memasang Pompa Sumur Bor

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda hindari ketika ingin memasang pompa sumur bor, silahkan anda simak dan juga pelajari!

  • Hindari mengisi casing motor dengan minyak atau air.

  • Hindarkan kabel dari temperatur tinggi, minyak dan sudut yang tajam.

  • Kabel tidak boleh bengkok, tidak berliku-liku, serta tidak membelit pipa dan tidak bersimpul.

  • Hindari menarik kabel, hal itu berguna mencegah kabel dari kerusakan.

  • Jangan mengangkat pompa dari air dalam kondisi pompa dihidupkan, sebab itu dapat menyebabkan munculnya beberapa masalah, seperti salah satunya yaitu sengatan listrik.

  • Pompa tidak boleh terendam lebih dari 70 meter, dan minimalnya pompa berada 1 meter dari dasar sumur.

  • Pompa harus terhindar dari penempatannya yang berdekatan dengan cipratan air atau aktivitas lainnya.

  • Hindari meletakkan plug kabel atau soket dalam air agar tidak terjadi kecelakaan tersengat listrik.

  • Saklar daya yang belum terputus bisa menyebabkan bahaya, maka dari itu anda disarankan untuk menghindari menyentuh langsung atau memindahkan pompa air dalam kondisi kering saja.

  • Hindari menggunakan pompa untuk memompa lumpur, cairan yang bersifat mudah terbakar, mudah meledak, dan yang berbahaya lainnya

  • Yang terpenting, jangan sampai pompa dioperasikan oleh seseorang yang tidak mengerti sama sekali.

Jadi itulah beberapa hal yang perlu anda hindari dan juga ketahui dalam memasang pompa sumur bor. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan juga yang lainnya, dengan cara anda mau share artikel ini menggunakan media yang ada dan tersedia. Anda yang tertarik untuk memiliki pompa, maka kami sarankan gunakan pompa celup saja karena itu lebih banyak fungsi dan kegunaan dibanding pompa lain. Dan untuk pompa celup terbaik, maka kami sarankan miliki pompa celup merk Tsurumi, yang mana anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com