Yuk Simak 5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Menggunakan Electric Chain Hoist



Hoist merupakan alat untuk mengangkat dan menurunkan beban berat, yang dimana ia memiliki tipe elektrik. Nah Electric Chain Hoist tentunya sangat cocok pada lifting yang areanya memiliki tegangan listrik standar (220V / 380V). Dengan posisi pengangkatan yang tidak berpindah-pindah alias fixed location, maka Electric Chain Hoist tidak bisa berpindah alias hanya mobile.


Namun dengan menambahkan konstruksi rel & electric trolley, hoist tersebut tentunya dapat bergerak mengikuti rel yang tersedia. Tentunya penggunaan Electric Chain Hoist perlu dilakukan secara benar, tetapi yang paling penting juga adalah beberapa hal yang harus atau wajib dilakukan saat hendak menggunakan Electric Chain Hoist, dimana kelima hal tersebut bisa anda ketahui di artikel ini. Maka dari itu, silahkan simak artikel ini selengkapnya!


Inilah 5 Hal yang Wajib Untuk Dilakukan Saat Hendak Menggunakan Electric Chain Hoist

Electric Chain Hoist adalah hoist yang menggunakan sistem pengereman mekanik yang memiliki kanvas rem fisik yang dapat mengunci material yang tersuspensi. Selain itu, Electric Chain Hoist juga tidak memiliki mekanisme freespool, dimana itu bisa membuat Electric Chain Hoist dapat memiliki opsi yang lebih aman untuk mengangkat material, dikarenakan memang ada juga mekanisme pencegah beban tergelincir.


Ditambah lagi, kebanyakan Electric Chain Hoist juga dilengkapi dengan saklar pembatas beban atau limit switch, yang dimana itu bertujuan untuk mencegah pengangkatan melebihi dari kapasitas maksimalnya. Nah meski sudah banyak sistem yang bisa membuatnya aman untuk digunakan, tetapi tentu ada beberapa hal yang wajib dilakukan saat hendak menggunakan Electric Chain Hoist. Beberapa hal tersebut adalah:


1. Selalu Periksa Sebelum Menggunakan Hoist

Anda tentunya perlu memeriksa apakah ada bagian yang rusak meskipun itu hanya sedikit. Nah cara untuk melakukan pemeriksaannya, yaitu anda cek secara menyeluruh yang dimulai dari stabilitas listrik, kabel yang terkelupas, rantai yang terbelit, hingga segala macam perbedaan bentuk pada struktur rantai pada hoist tersebut.


2. Periksa Total Berat Beban yang Akan Diangkat

Tentunya total berat beban pada hoist tidak boleh melebihi kapasitas beban maksimal yang bisa diangkat oleh Electric Chain Hoist (SWL) itu sendiri. Jadi kesimpulannya, anda jangan pernah asal menebak berat benda , itu karena jika demikian maka akan berdampak fatal pada hoist dan juga pengguna hoist itu sendiri.


3. Stabilkan Beban Pada Setiap Angkatan Pertama

Pastikan anda tidak langsung mengangkat beban terlalu tinggi pada hoist tersebut, dimana anda seharusnya memastikan bahwa beban yang diangkat sudah seimbang sebelum anda melakukan pengangkatan yang lebih jauh. Tidak hanya itu, anda harus hindari kondisi beban yang mengayun dan pastikan area di sekitar lokasi pengangkatan steril atau tidak ada orang lalu lalang yang dapat membahayakan serta mengganggu proses lifting pada hoist.


4. Pastikan Hook Hoist Tidak Mengganggu Aktivitas Pada Saat Hoist Mati

Selanjutnya yang tidak kalah penting, anda harus memposisikan hook atau kait melebihi tinggi kepala orang dewasa ketika hoist sedang tidak digunakan. Perlu anda tahu, saran terbaik adalah 2 sampai 3 meter atau setinggi ruangan agar hoist tersebut tidak mengenai kepala orang sekitar.


5. Posisi Angkatan Harus Tegak Lurus Vertikal (90 Derajat)

Berikutnya, pada posisi angkatan sangat berpengaruh pada keawetan rantai dan juga mesin hoist. Lalu angkatan miring juga dapat membuat hoist bekerja lebih keras dari seharusnya. Nah hal itu karena diakibatkan oleh sudut yang terbentuk pada saat proses pengangkatan, sehingga itu membuat beban menjadi lebih berat dari seharusnya. Pada rantai hoist dan Sprocketnya juga akan menjadi aus karena gesekan, lalu apabila hal tersebut dibiarkan terus menerus maka akan berakibat sangat fatal.


Jadi itulah 5 hal yang wajib anda lakukan sebelum atau saat menggunakan Electric Chain Hoist. Kiranya jadi manfaat untuk anda, dan juga kepada yang lainnya. Bilamana anda tertarik ingin memiliki hoist and crane, maka Elephant Hoist and Crane bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk anda, yang dimana itu bisa anda kunjungi di IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.