5 Hal yang Dilarang Saat Menggunakan Electric Chain Hoist



Alat, mesin, dan benda apapun yang bisa digunakan atau digerakan, tentunya anda bisa menggunakannya dengan benar dan pastinya harus sesuai dengan kegunaan alat tersebut. Karena jika tidak begitu, maka pastinya akan menimbulkan masalah-masalah yang serius, baik itu bisa merugikan orang lain dan juga diri sendiri. Nah statement tersebut sebenarnya secara tidak langsung menjelaskan, bahwa menggunakan sebuah alat juga memiliki aturan.


Menggunakan alat harus sesuai dengan aturan, dimana itu juga berlaku bagi electric chain hoist. Perlu anda ketahui, bahwa ada hal yang dilarang ketika electric chain hoist digunakan, dimana larangan tersebut bisa anda ketahui di artikel kami ini. Maka dari itu bagi anda yang tidak tahu dan segera ingin tahu, maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Inilah 5 Hal yang Dilarang Saat Menggunakan Electric Chain Hoist

Tidak Boleh Untuk Memperbaiki Rantai yang Rusak

Apalagi jika itu hanya sekedar mencoba-coba, karena mencoba sedikit hal berbahaya saja, maka itu akan berdampak pada seluruh yang ada. Anda jangan pernah untuk mencoba-coba memperbaiki rantai yang rusak, itu karena hal tersebut dapat mengurangi daya angkat hoist. Bukan hanya itu saja, jika terjadi kerusakan pada rantai, maka saran kami anda lebih baik melakukan penggantian rantai dengan yang baru, dimana itu untuk menjaga daya angkat dari hoist tetap sama.


Tidak Disarankan Menyetel atau Memperbaiki Hoist Tanpa Keahlian

Tentunya anda sering lihat di acara-acara berbahaya, yang dimana acara berbahaya hanya dilakukan oleh orang yang ahli, sementara itu tidak direkomendasikan untuk dilakukan oleh orang yang tidak ahli. Nah hal tersebut juga berlaku pada menyetel dan memperbaiki hoist, dimana yang berhak melakukan itu adalah seseorang yang ahli dan sudah terkualifikasi serta berwenang untuk melakukan service dan pemeliharaan.


Tidak Mengoperasikan Hoist yang Sedang Mengalami Kerusakan atau Kendala

Nah jika anda sudah periksa dan mengetahui bahwa hoist sedang dalam kerusakan atau adanya kendala, maka jangan pernah anda coba-coba untuk lanjut menggunakannya, itu karena akan berdampak pada beberapa masalah. Masalah tersebut seperti ada petaka besar, yang mana bisa merugikan diri sendiri dan juga bahkan orang lain.


Tidak Disarankan Berjalan Dibawah Hoist yang Sedang Mengangkat Beban

Banyak proyek atau industri yang menyesuaikan para pekerja untuk mengenakan pakaian yang tepat saat bekerja, seperti baju pelengkap ataupun helm. Hal itu karena memang bertujuan agar para pekerja tidak tertimpa kesalahan dari alat atau mesin di pekerjaan tersebut. Nah itu juga berlaku pada operasional hoist, dimana anda tidak boleh berjalan di bawah hoist. Itu karena bisa berbahaya, tidak peduli hoist tidak rusak atau tidak ada masalah, karena yang terpenting adalah menghindar daripada mengobati.


Tidak Boleh menghilangkan Informasi dan Label Peringatan yang Menempel pada Hoist

Itu karena segala informasi bisa berguna bagi banyak orang, dimana itu bisa dijadikan sebagai himbauan yang dapat membuat anda untuk terus mengingat standar dari sebuah hoist. Jika ada hoist yang tidak dilengkapi dengan informasi atau label peringatan, maka anda bisa lakukan pelaporan kepada tim yang berwenang. Hal ini berguna untuk menghindari kesalahan pengangkatan, ataupun dapat menghindari masalah-masalah yang ada.


Jadi itulah yang tidak boleh anda lakukan dalam penggunaan electric chain hoist, pastikan anda terapkan dan ikuti agar anda tidak terkena masalah-masalah yang ada. Sekian dari kami, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan juga yang lainnya, dimana itu bisa dilakukan dengan share artikel ini. Bilamana anda tertarik dengan hoist dan crane terbaik, maka Elephant Hoist and Crane adalah rekomendasi kami kepada anda, yang mana itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com