Harga Genset Diesel Silent Ternyata Berdasarkan Faktor Ini


Harga genset diesel silent Anda berbeda dengan yang milik tetangga? Jangan salah sangka dulu, coba cari tahu apa saja penyebab harga yang bisa berbeda ini. Setidaknya terdapat 4 faktor yang menjadi penentu harga suatu genset, mulai dari mesin hingga panel lainnya.


Genset yang tidak terlalu membuat bising atau yang disebut dengan Silent Generator adalah impian banyak orang untuk memilikinya dan kini banyak dibutuhkan. Saat keadaan darurat, tinggal mengambil perlengkapan dan kemudian hidupkan genset agar listrik kembali.


Tetapi ada juga yang sengaja membeli yang paling murah untuk membuat kegunaan dari genset diesel silent hanya sebatas penggunaan ringan. Tetapi ada juga yang membeli dengan harga yang lebih mahal agar mendapatkan nilai unggul dari suatu genset yang sangat kecil suaranya.


Namun, sebelum kita mulai membahas terlalu jauh lagi, Anda tentu saja pernah bingung saat bertanya ke orang lain mengenai apa merk genset yang orang itu beli dan harganya berbeda jauh. Ada yang lebih mahal atau bahkan ada yang merasa beruntung karena lebih murah.


Yang Menentukan Harga dari Genset Diesel Silent


Sebelum Anda salah sangka terhadap penjual yang menjual barang dengan harga yang tidak sesuai, maka akan lebih baik jika sudah tahu apa saja penentu harga tersebut. Seperti hal rasional lain, yang semakin mahal akan lebih bagus dalam segi kualitas dan lainnya.


Genset diesel silent memiliki banyak perlengkapan dan yang Anda dapatkan biasanya sudah dalam satu set full dan tidak perlu lagi ribet mencari part yang lain. Dengan harga ini juga menjadi penentu kualitas partnya beserta beberapa faktor penentu seperti ini:


1. Keseluruhan Struktur dan Desainnya


Struktur body dan desain dari genset tersebut juga berpengaruh. Jika memilih genset dengan body metal, tentu saja akan lebih murah dari yang sekedar aluminium. Kini juga telah muncul lebih banyak pilihan untuk struktur dari genset pilihan.


Ada yang sama sekali tidak menghantarkan panas hingga yang tahan air. Bahkan agar genset diesel silent semakin senyap, ada yang sudah menambah peredam. Coba lihat dulu apa apakah struktur genset dan desain cocok untuk harga yang dibeli.


2. Mesin dan Alternator


Apa lagi yang menghidupkan genset jika itu bukan mesinnya sendiri. Dalam genset ada dua bagian mesin yang paling utama, yaitu mesin diesel dan alternator. Dan harga dari genset yang dibeli akan tergantung lagi soal kapasitas mesin dan alternator.


Secara matematika, mesin genset menjadi yang paling mahal, sebesar 70% dari harga genset diesel silent adalah bayaran untuk mesinnya. Karena mesin adalah penentu mesin bisa berfungsi dengan baik atau kapasitas yang dimilikinya tidak cukup.


3. Control Panel


Control panel adalah bagian dalam genset juga yang terdiri dari tombol fungsional. Ini biasanya terletak di sisi depan genset sekaligus menjadi tempat penyimpanan baterai. Ada banyak model control panel di pasaran, dan yang bagus juga lebih mahal.


4. Perusahaan Genset Diesel itu Sendiri


Merk dari genset tersebut juga memiliki peran dalam penentuan harga. Semakin ada target pasarnya sendiri dan dikenal secara luas, maka semakin mahal juga harga yang ditawarkan. Ini karena sudah ada rasa percaya terhadap brand genset pilihan.


Tidak ada yang lebih bahaya dari genset yang kualitasnya buruk. Ini karena ada listrik, diesel, dan banyak alat berbahaya lainnya di dalam genset ini. Maka dari itu, cari dulu genset diesel silent yang memiliki kualitas yang paling baik agar tidak perlu ragu lagi di kemudian hari.