Hindari Kerusakan Dengan Mengetahui 4 Penyebab Selang Hidrolik Getas Ini


Hindari Kerusakan Dengan Mengetahui 4 Penyebab Selang Hidrolik Getas Ini

Dalam pekerjaan berat, ada berbagai macam peralatan yang orang gunakan untuk kemudahan sendiri. Dari banyaknya hal yang diperlukan, orang tentunya memanfaatkan sparepart yang tepat. Salah satu sparepart penting dalam pemakaian adalah selang. Sayangnya, ada beberapa selang yang sering mengalami masalah sehingga Anda harus tahu penyebab selang hidrolik getas.


Mengapa harus selang hidrolik? Hal ini dikarenakan jenis selang yang satu ini merupakan yang paling cepat getas dan mengalami masalah. Anda tidak perlu merasa khawatir karena hal ini memang wajar terjadi. Bahkan, sudah menjadi rahasia umum kalau selang hidrolik lebih cepat rusak daripada jenis lainnya. Ada berbagai macam penyebab pada kondisi ini yang dapat Anda simak di sini!


4 Penyebab Selang Hidrolik Getas


Getas merupakan kondisi yang cukup wajar terjadi dimana piranti menjadi mudah rapuh. Selain itu, cepat pecah atau retak dalam penggunaan. Banyak yang mengabaikan hal ini karena kerusakan yang ditimbulkan biasanya kecil. Namun, dapat menyebabkan masalah yang cukup besar jika dibiarkan secara terus menerus. Apalagi jika digunakan tanpa henti. Berikut ini daftar penyebabnya:


1. Cuaca atau Paparan Sinar Matahari

Secara umum, alat berat lebih banyak digunakan dalam kawasan outdoor. Dengan begitu, sudah pasti akan terpapar sinar matahari secara terus menerus. Apalagi jika mengingat suhu di Indonesia mencapai 40 derajat Celcius. Paparan sinar ini dapat merusak selang karena terbuat dari karet. Jadi, tidak heran lagi kalau resiko kerusakan karena cuaca ini sangat besar.


2. Material Tidak Berkualitas

Penyebab lain yang menyebabkan kondisi getas pada selang adalah material yang digunakan tidak berkualitas. Masalah internal ini merupakan bentuk masalah yang memang sering terjadi. Tentunya, hal ini dikarenakan Anda asal melakukan pembelian pada tempat yang tidak tepat. Ada banyak produsen yang biasanya bertingkah curang untuk mendapatkan keuntungan sendiri.


Jadi, pihak produksi akan menggunakan bahan baku yang kualitasnya lebih rendah sehingga modal jauh lebih kecil. Bahkan, dapat memberikan harga jual yang rendah kepada para konsumen juga. Dengan begitu, berbagai macam produk selang yang ditawarkan akan mendapatkan banyak pembeli karena harga jauh lebih murah juga. Jadi, Anda harus gunakan selang berbahan terbaik.


3. Suhu Tinggi

Penyebab selang hidrolik getas lainnya adalah suhu yang tinggi. Hal ini merupakan salah satu penyebab kerusakan yang cukup besar. Tentunya, keadaan mesin yang terganggu juga dapat menyebabkan masalah suhu tekanan tinggi ini. Bisa jadi juga ada oli yang tidak berkualitas dalam pemakaian. Jangan menggunakan oli bermasalah karena menyebabkan kerusakan yang besar.


4. Perawatan Asal

Tentunya, kerusakan pada bagian selang ini juga dapat disebabkan oleh perawatan yang asal. Ada banyak orang yang malas membersihkan selang dengan baik. Anda dapat menggunakan langkah yang sesuai untuk melakukan perawatan. Anda dapat memastikan tidak ada debu atau kerak oli pada ruang mesin. Jadi, tidak akan menyebabkan kerusakan pada performa mesin juga.


Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui berkaitan dengan penyebab selang hidrolik getas. Anda dapat melakukan beberapa langkah yang tepat sebagai bentuk perawatan selang. Jika tidak, pastikan sudah membeli jenis selang yang dapat dimanfaatkan dengan baik. Cari saja dalam INDAHJAYA.com untuk pembelian berkualitas.